One UI 4.1.1 Berbasis Android 12L Hadir Untuk Galaxy Z Fold & Z Flip Lawas

Jakarta, Gizmologi – Samsung memang baru saja meluncurkan duo smartphone lipat terbarunya, saat ini bisa dibeli secara resmi tanpa perlu melakukan pre-order. Bagaimana untuk pengguna generasi sebelumnya? Bersiap, karena One UI 4.1.1 berbasis Android 12L juga bakal hadir ke Galaxy Z Fold3 serta seri lainnya.

Sejak 2-3 tahun terakhir, Samsung memang sudah berbenah dengan menghadirkan pembaruan perangkat lunak lebih rutin, plus janji yang cukup lama. Sebut saja Galaxy A Series yang dijanjikan mendapat setidaknya empat pembaruan OS. Janji yang bahkan melampaui seri Google Pixel sendiri, dan banyak vendor lainnya.

Ketika Samsung menghadirkan smartphone layar lipat terbarunya, basis yang digunakan terutama pada seri Z Fold4 adalah Android 12L—versi Android baru yang dirancang agar bisa optimalkan ruang pada layar lebar. Dihadirkan taskbar yang memudahkan akses aplikasi maupun multitasking, maupun notification bar yang juga dibuat lebih pas. Kabar baiknya, ini semua bakal “turun” ke semua seri lawas.

Baca juga: Samsung Gelar Consumer Launch Galaxy Z Flip4 & Fold4 5G Series

Pengguna Galaxy Z Flip Lawas Kebagian Mode Kamera Baru

Android 12L

Dalam rilis resminya, Samsung sebutkan kalau kehadiran Android 12L lewat pembaruan One UI 4.1.1 ini merupakan bagian dari strategi perusahaan. Selain ingin hadirkan inovasi terbaik, juga ingin berikan inovasi tersebut ke seluruh pengguna sebanyak-banyaknya. Selain smartphone, pengguna Galaxy Watch terdahulu juga bakal mendapat pembaruan ke One UI Watch 4.5.

Nah, kabar baiknya lagi, tidak hanya pengguna Galaxy Z Fold3 saja yang bakal bisa menikmati kemudahan multitasking lewat Android 12L dari One UI terbaru. Bahkan pengguna Galaxy Z Fold2 sampai Z Fold versi pertama juga akan mendapatkan pengalaman yang sama. Hanya saja, pengguna generasi ketiga bakal lebih dulu—digulirkan mulai 5 September secara global.

Baca Juga :  Bocoran Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra Terbaru, Pakai Chipset Snapdragon 8+ Gen 1

Pengguna semua Galaxy Z Flip series juga bakal dapat update One UI 4.1.1, dan akan merasakan benefit mode kamera terbaru. Salah satunya adalah mode Quick Shot yang ditingkatkan. Ketika ambil gambar dari Cover Screen alias layar luar, kini foto tersebut bisa diambil dengan rasio sesuai keinginan, alias tak lagi kotak (1:1).

Mode portrait juga bisa diakses langsung dari layar luar. Bahkan ketika sedang rekam video dari layar luar, pengguna bisa membuka lipatan layar dan berganti sudut pandang, dengan perekaman video yang terus berjalan.

Serta opsi lainnya seperti melakukan panggilan langsung dengan menentukan kontak favorit, atau dari panggilan tak terjawab. Opsi untuk akses Wi-Fi, Bluetooth, mode pesawat dan lampu senter juga bisa langsung diakses, tanpa harus akses layar dalam.

Android 12L Mudahkan Multitasking

Android 12L

Kalau sebelumnya untuk seri Z Flip, Android 12L di Galaxy Z Fold series lebih mengutamakan produktivitas. Walaupun ada juga fitur kamera baru, seperti Dual Preview yang mungkinkan baik kamu dan obyek yang difoto melihat preview kamera dari dua sisi layar berbeda secara bersamaan.

Taskbar bisa diakses secara langsung dari bagian bawah layar, dan pengguna juga bisa hadirkan pintasan untuk akses tiga aplikasi sekaligus dalam satu sentuhan. Android 12L juga mungkinkan pengguna Z Fold untuk drag-and-drop file tertentu langsung ke taskbar. Akses aplikasi kedua dan ketiga semudah menarik aplikasi ke ujung layar (atau tengah layar untuk pop-up view).

Selain untuk Galaxy Z Fold dan Z Flip, One UI Watch 4.5 yang hadir ke Galaxy Watch4 series berikan keyboard QWERTY penuh yang bisa dimanfaatkan untuk berbalas pesan, menjadi alternatif selain dengan tulisan tangan atau perekaman suara. Pengguna Galaxy Watch3 dan Active2 bakal mendapat watch face baru, serta kemampuan mengukur tekanan darah dan ECG.

Baca Juga :  IOH Mundur, Telkomsel vs XL Berebut Lelang Frekuensi 2,1 GHz