OCBC NISP Ajak Para Inovator Hadirkan Solusi Perbankan Baru di Hack@ON

Jakarta, Gizmologi – Bank OCBC NISP menggelar ajang kompetisi pemrogaman Hack@ON untuk menghasilkan inovasi dan pengalaman perbankan baru. Mengusung tema #GakPerluRibet Let’s Bank Differently, OCBC berambisi untuk dapat menyalakan ide orisinil dalam memajukan inklusi keuangan Indonesia yang lebih baik.

Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pandemi telah mendorong masyarakat Indonesia bermigrasi dari aktivitas di ruang fisik ke ruang digital. Terbukti dengan adanya kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi selama tahun 2021, yaitu 8,72%, 6,87%, dan 5,51% year-on-year.

“Di era open banking ini, kami melihat peluang untuk akselerasi layanan dan inovasi, sehingga kami mengajak para inovator dan talenta teknologi bangsa untuk bersama – sama mengambil peran untuk berinovasi,” ujar Komang Artha Yasa, IT Division Head, Bank OCBC NISP, Rabu (13/7/2022). di Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Sebagai informasi, Open Banking adalah mekanisme penyediaan akses data nasabah secara terbuka namun aman melalui penggunaan teknologi berupa open Application Programming Interface (API).

Dengan teknologi tersebut, pihak ketiga dapat mengakses data-data yang mereka butuhkan dari nasabah melalui sambungan yang tersedia, dengan persetujuan dari nasabah yang bersangkutan.

“Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan. Akses perbankan harus berada di mana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda Indonesia #GakPerluRibet untuk memiliki akses ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Dibuka di Surabaya, Financial Fitness Gym OCBC NISP Ajak Anak Muda Sehat Finansial

Bagi kamu yang punya inovasi dan ide perbankan bisa mendaftarkan program OCBC NISP Hack@ON yang telah dibuka sejak hari ini 12 Juli hingga 4 September 2022. Calon peserta dapat mendaftarkan diri ke Hackathon.onelabs.co//.

Baca Juga :  Sukses Gaet Jutaan Pemain, Apex Legends Mobile Tebar Banyak Rewards

Total 20 peserta akan diundang untuk mengikuti kompetisi Hack@ON secara langsung di Hack Day pada 24 & 25 September 2022 di ON Space, BSD City. Hackathon ini terbuka bagi setiap WNI, berusia 15 tahun atau lebih, diperbolehkan mendaftar sebagai peserta individu atau tim yang berjumlah maksimal 3 orang.

“Untuk mensosialisasikan program dan mengajak semakin banyak talenta teknologi bangsa untuk berpartisipasi di acara tersebut, Bank OCBC NISP akan melakukan Roadshow di empat kota di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya,” pungkas Julie Anwar, Head of Human Resources Bank OCBC NISP.

Nantinya, tiga pemenang dari OCBC NISP Hack@ON ini akan mendapatkan hadiah dengan total senilai lebih dari Rp200 juta.