NTT Hadirkan Layanan IoT untuk Bantu Korporasi dan Bisnis

Jakarta, Gizmologi – Penyedia layanan teknologi global NTT Ltd meluncurkan empat layanan IoT (Internet of Things​​​​​​​) yang dapat membantu bisnis dan korporasi. Layanan tersebut berguna untuk mempercepat inisiatif keberlanjutan global dan mengambil keputusan berdasarkan data untuk mengurangi jejak karbon.

Di mana Head of Urban Transformation World Economic Forum (WEF) Jeff Merritt mengatakan bahwa teknologi IoT merupakan alat krusial dalam perjuangan global melawan perubahan iklim. Adapun rangkaian solusi IoT dari NTT akan membantu perusahaan mencapai tujuan keberlanjutan sekaligus meningkatkan operasional di seluruh bisnis mereka, mulai dari mengurangi limbah dari cacat manufaktur hingga memahami jejak karbon rantai pasokan mereka.

“Penggunaan IoT akan memberdayakan bisnis untuk membuat keputusan secara real-time, merampingkan proses, dan mentransformasi aspek keberlanjutan bisnis perusahaan secara menyeluruh,” ujar SVP of Group Enterprise IoT Products and Services NTT Devin Yaung, dalam keterangannya, Rabu (18/05/2022).

Ada berbagai solusi IoT berkelanjutan yang ditawarkan, yakni OCR Meter Reading, Water Leak Management, Predictive Maintenance, dan Environmental Monitoring.  Solusi layanan teknologi IoT NTT untuk keberlanjutan menggabungkan integrasi TI/OT yang aman dan secara menyeluruh (end-to-end).

Layanan IoT

Layanan IoT

Selain pengurangan emisi yang lebih cepat, berbagai manfaat layanan IoT NTT mencakup penghematan biaya energi, keunggulan operasional yang canggih, dan pemberdayaan sistem kerja yang lebih baik di seluruh organisasi. Solusi IoT NTT juga didukung oleh jaringan terbaru LoRaWAN, termasuk katalog sensor yang mampu mengukur, memantau, dan mengumpulkan data guna mendorong tujuan keberlanjutan.

OCR Meter Reading merupakan teknologi berbasis optik yang menyediakan data mendekati real-time dari seluruh perangkat energi, termasuk air, listrik, dan gas. Sementara Water Leak Management akan memberikan perlindungan real-time, yakni solusi IoT yang mencegah kerusakan air untuk proyek ruang pintar (smart spaces project).

Baca Juga :  Hadir 5 September, Inilah Bocoran Spesifikasi POCO C40 Harga Sejutaan

Selain itu, solusi Predictive Maintenance dapat mengumpulkan data dari sensor untuk menciptakan model yang bisa memprediksi kapan peristiwa menarik mungkin terjadi, termasuk potensi waktu henti, kecelakaan, atau kapan suatu perangkat perlu diganti.

Terakhir, Environmental Monitoring merupakan teknologi ini menggunakan sensor yang mampu mengidentifikasi kehadiran polutan di udara dan air, serta melacak suhu dan kelembaban.