Nokia T10, Tablet Layar 8 Inci Terjangkau yang Pas Untuk Nonton Netflix

Eropa, Gizmologi – Selain meluncurkan sejumlah feature phone baru termasuk satu yang unik, HMD Global selaku pemegang lisensi tunggal produk bermerek Nokia juga baru saja hadirkan tablet keduanya. Bukan sebagai suksesor dari yang lalu, Nokia T10 justru hadir dengan dimensi lebih keci. Dengan banderol harga yang lebih murah juga tentunya.

Tren untuk rilis tablet dengan layar lebih mungil nampaknya diikuti oleh HMD setelah beberapa kompetitornya juga melakukan hal yang sama. Sebut saja realme yang sudah luncurkan realme Pad Mini di India. Sementara untuk Samsung dan Apple, memang sudah lama rilis tablet lebih kompak.

Desain Nokia T10 sendiri masih dibuat mirip seperti Nokia T20. Hadir dalam warna Ocean Blue, material bodinya dibuat lebih sederhana. Tidak menggunakan permukaan metal, HMD memilih plastik polikarbonat dengan sertifikasi IPX2. Meski begitu, halaman produk resminya tetap mengatakan kalau perangkat ini masih punya daya tahan tinggi untuk penggunaan harian.

Baca juga: Review Nokia T20: Unggulkan Desain & Daya Tahan Baterai

Penggunaan material yang lebih sederhana juga bisa jadi agar bobot lebih ringan. Berat Nokia T10 hanya 375 gram saja, memiliki ketebalan 9mm. Sehingga bakal nyaman untuk dipegang satu tangan sekalipun, ketika sedang bepergian atau berada di transportasi umum.

Baterai Besar, Bisa Streaming Netflix HD

Nokia T10

Secara keseluruhan, tablet Nokia T10 memang punya spesifikasi sangat sederhana. Layar 8 inci di bagian depan masih memiliki bezel cukup tebal di sisi atas dan bawahnya. Dengan rasio 16:10, setidaknya layar tersebut sudah terlaminasi, sehingga tidak ada gap dari panel sentuh dan kaca depan yang sudah diperkuat. Kamera depan 2MP diletakkan di bagian atas bezel saat dalam mode portrait.

Baca Juga :  Acer Predator Helios 300 SpatialLabs Punya Layar 3D Canggih & GPU NVIDIA RTX
Nokia T10

Kabar baiknya, Nokia T10 bakal cocok untuk konsumsi media seperti dari platform streaming video Netflix. Karena sudah didukung sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya bisa streaming hingga resolusi HD. Plus, ditemani setup speaker stereo dengan dukungan OZO Playback. Ada slot kartu microSD tambahan bila dirasa penyimpanan hingga 64GB masih kurang.

Baterai Nokia T10 diklaim sanggup digunakan hingga seharian penuh. Kapasitasnya 5,250 mAh, alias sedikit lebih besar dari baterai smartphone kelas menengah masa kini. Meski sudah gunakan port USB-C, sayangnya belum mendukung fast charging. Alias masih sebatas hanya 10W saja.

Nokia T10 Bisa Jadi Monitor Sekunder

Nokia T10

Untuk urusan performa, Nokia T10 jalankan chipset Unisoc Tiger seri T606 octa-core. Tersedia pilihan RAM 3/4GB, dan menjalankan sistem operasi Android 12. HMD janjikan setidaknya dua versi OS di masa mendatang, dengan tiga tahun pembaruan keamanan bulanan. Tak banyak fitur ekstra yang diberikan, kecuali dua fitur khusus yang cukup esensial untuk penggunaan sebuah tablet.

Yang pertama adalah integrasi penuh dengan Google Kid Space, membuat Nokia T10 tablet yang cocok untuk orang tua dan anak. Sementara yang kedua yakni fitur layar sekunder, memungkinkan layar Nokia T10 dijadikan monitor tambahan ketika terhubung dengan Windows PC secara nirkabel. Agar dapat membantu maksimalkan produktivitas.

Berapa harga tablet dengan kamera belakang 8MP satu ini? Harga Nokia T10 dibanderol mulai USD159 atau Rp2,3 jutaan, untuk versi Wi-Fi only dengan memori 3/32GB. Ke depannya bakal ada versi 4G, sementara penjualan perdananya dimulai Agustus mendatang.