Nokia MWC Revisit 2022, Boyong Solusi Teknologi 5G ke Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Nokia memboyong sejumlah solusi teknologi jaringan 5G yang diperkenalkan dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) Barcelona ke Indonesia. Kini teknologi tersebut diperkenalkan dan akan diterapkan untuk pasar Indonesia.

President Director of Nokia Indonesia, KP Goh mengatakan, konvensi MWC 2022 Revisited Indonesia ini diselenggarakan agar Nokia bisa memperlihatkan berbagai inovasi, produk, dan teknologi terbarunya. Termasuk memungkinkan para penyedia layanan komunikasi atau operator seluler serta perusahaan lain mengadopsi teknologi Industri 4.0 dalam melakukan transformasi 5G.

“Dengan wilayah luas dan potensi yang belum maksimal di berbagai bidang sosial-ekonomi, Indonesia akan memainkan peran utama dalam transformasi digital Asia-Pasifik. Oleh karena itu, sudah sewajarnya Nokia menjadikan Indonesia sebagai tempat acara MWC Revisited 2022,” ujar KP Goh, President Director Nokia Indonesia di Jakarta, Kamis (2/6).

Pada gelaran acara di Jakarta ini, Venugopal S, Chief Technology Officer Nokia Indonesia, menjelaskan peran Nokia dalam mendorong digitalisasi di Indonesia. Termasuk menghadirkan solusi teknologi yang membantu pebisnis dapat meningkatkan produktivitas untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

Di kesempatan Venugopal juga memamerkan beberapa aplikasi dan solusi berkemampuan 5G yang menunjukkan bagaimana 5G dapat memberikan kinerja tanpa gangguan untuk jaringan perkotaan, pedesaan, dan sistem jaringan internal. Perusahaan juga memaparkan bagaimana operator telekomunikasi Indonesia dan pelanggan mereka dapat mengendalikan target keberlanjutan untuk mengurangi emisi CO2 dan biaya energi, bahkan lebih efisien dalam meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan bagi masyarakat Indonesia.

Solusi teknologi Nokia untuk mendukung jaringan 5G di Indonesia

Nokia Teknologi 5G

Liquid Cooled AirScale
Sebagai bagian dari portofolio AirScale Base Station, Nokia telah menanamkan teknologi Liquid Cooling agar jaringan radio lebih berkelanjutan dan hemat biaya. Ini bisa mengurangi energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan base station supaya emisi CO2 turun hingga 80 persen.

Baca Juga :  OPPO Watch 3 Series Punya Layar Lengkung, Baterai Sampai 5 Hari

FP5 Router
Sebagai bagian terpenting dari platform routing layanan IP Nokia, FP5 akan memungkinkan penyedia layanan untuk memenuhi banyaknya permintaan saat ini akan peningkatan kapasitas jaringan, memungkinkan layanan IP kecepatan baru yang lebih tinggi, dan memberikan perlindungan yang tak tertandingi terhadap meningkatnya ancaman keamanan jaringan.

5G Massive MIMO Antenna
Portofolio Nokia AirScale massive MIMO Adaptive Antennas termasuk 32TRX dan 64TRX untuk mid-band TDD 4G dan 5G serta dual-band 16TRX untuk band FDD. Teknologi ini memungkinkan teknik beamforming sebagai solusi transmisi yang optimal dan mencakup semua skenario transmisi, dari perkotaan yang padat hingga cakupan area yang luas.

mmWave 5G Antenna
Nokia milimeter Wave (mmWave) merupakan kunci untuk memberikan kinerja canggih terkait 5G. mmWave memiliki bandwidth tertinggi dari semua pita spektrum untuk 5G, memberikan kapasitas tertinggi dan pengalaman pengguna terbaik.

5G Fixed Wireless Access (FWA)
Nokia 5G Fixed Wireless Access (FWA) melengkapi layanan seluler terhadap pelanggan, menghasilkan pendapatan baru, dan membuka peluang layanan baru bernilai tambah bagi pelanggan rumah dan bisnis. Dengan FWA, pelanggan dapat menggunakan layanan internet nirkabel dengan kualitas setara layanan internet kabel optik, saat tersambung dengan spektrum seluler di manapun layanan tersebut tersedia.

Enterprise 5G Private Wireless
Nirkabel pribadi (private wireless) dengan standar industri Nokia mendukung digitalisasi Industri 4.0. Solusi end-to-end private wireless Nokia menawarkan fleksibilitas yang diperlukan perusahaan dan kemudahan penggunaan untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan segmen industri.