Nokia 5710 XpressAudio, Feature Phone dengan TWS di Bodi Belakangnya

Inggris, Gizmologi – Tanpa acara peluncuran khusus, HMD Global baru saja merilis sejumlah perangkat terbaru. Hadir sebuah tablet Android dengan layar lebih kompak, smartphone kelas entri untuk pasar India, serta sejumlah ponsel alias feature phone terbaru. Nokia 5710 XpressAudio jadi yang paling unik, karena ada TWS-nya.

Ya, tidak menggunakan trademark XpressMusic, Nokia 5710 XpressAudio memang tak hanya sekadar bisa menjadi pemutar musik saja. Dapat dilihat pada materi foto resmi di atas, ponsel ini dilengkapi oleh aksesori audio yang sedang sangat populer belakangan ini, yakni earphone TWS. Bukan secara bundle, melainkan terintegrasi langsung.

Secara desain, ponsel Nokia terbaru satu ini memang tidak hadir untuk melahirkan kembali seri-seri jadul—kecuali aksen warna merah dan putihnya yang memang mengingatkan kita terhadap sejumlah ponsel jaman dahulu. Sebut saja Nokia 5300 & 5700 XpressMusic. Lalu apa saja fitur yang ditawarkan untuk perangkat yang bukan smartphone satu ini?

Baca juga: Nokia G11 Plus Hadir Bawa Kamera 50MP, Harga Rp2 Jutaan

Bodi Belakang Nokia 5710 XpressAudio Dirancang Cukup Spesial

Nokia 5710 XpressAudio

Bila dilihat lebih dekat, bagian sisi kiri dan kanan layar merupakan tombol-tombol pintasan yang bisa digunakan untuk mengendalikan musik. Layar Nokia 5710 XpressAudio sendiri berdimensi 2,4 inci, dan di bawahnya dilengkapi dengan papan ketik alfanumerik T9. Beralih ke bagian belakangnya, disematkan sebuah kamera dengan lampu kilat, plus lubang speaker stereo.

Nah, di bagian atas kamera, terdapat tutup cover tambahan berwarna merah yang bisa digeser ke bawah. Ini merupakan tempat menyimpan earphone TWS yang terintegrasi ke dalam bodi Nokia 5710 XpressAudio. Gunakan sambungan Bluetooth, masing-masing earbud bisa digunakan untuk memutar musik selama empat jam non-stop, atau 2,4 jam durasi telepon.

Baca Juga :  Kominfo Minta Operator Seluler Ikut Bertanggung Jawab dan Telusuri Kebocoran Data SIM Card

Meski begitu, pilihan pengguna untuk mendengarkan musik sangatlah terbatas. Pasalnya, Nokia 5710 XpressAudio tak mendukung aplikasi platform streaming musik masa kini seperti Spotify dan sejenisnya. Alhasil, pilihannya hanya file MP3 yang disimpan secara lokal, atau melalui radio FM yang tersedia secara built-in.

Gunakan Chipset Unisoc, Mendukung Jaringan 4G

Nokia 5710 XpressAudio

Bagaimana dengan spesifikasi lainnya? Mendukung jaringan 4G, Nokia 5710 XpressAudio dibekali dengan dukungan dua slot kartu SIM, serta chipset Unisoc T107 plus Mocor 4G RTOS. Ponsel ini memiliki memori penyimpanan internal sebesar 128GB, dengan RAM 48MB dan bisa mendukung kartu microSD hingga kapasitas 32GB saja.

Kapasitas baterai Nokia 5710 XpressAudio sendiri berukuran 1,450 mAh, sementara proses pengisian dayanya masih harus melalui port microUSB. Selain dalam warna putih merah, juga hadir dengan opsi warna hitam merah. Konsumen di sejumlah negara tertentu seperti Switzerland, Jerman maupun Austria bakal jadi yang pertama untuk bisa membeli ponsel unik satu ini berapa harganya.

Harga Nokia 5710 XpressAudio dibanderol CHF89, atau sekitar Rp1,3 jutaan. Ya, harus ada yang dibayar cukup mahal untuk sebuah ponsel dengan TWS yang terintegrasi. Sayangnya, belum jalankan sistem operasi Android, sehingga fungsinya bakal terbatas walaupun sudah mendukung jaringan 4G.