Nokia 5.4 Resmi Mendapat Android 12, Digulirkan Secara Bertahap

Jakarta, Gizmologi – Salah satu nilai jual utama yang ditawarkan oleh HMD Global pada smartphone Android bermerek Nokia rilisan mereka, adalah pembaruan perangkat lunak yang rutin dan bebas bloatware. Kini, salah satu seri lawas yakni Nokia 5.4 baru saja mendapat giliran untuk naik ke Android 12.

Ya, perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah smartphone kelas menengah yang hadir resmi di Indonesia satu ini. Diperkenalkan secara global Januari tahun lalu, Nokia 5.4 meluncur dengan Android 10. Baru pada kisaran September 2021, Android 11 hadir terlambat dari jadwal yang seharusnya. Selang lima bulan kemudian, baru muncul rumor uji coba Android 12 secara internal.

Kini ketika Google tengah lakukan finalisasi Android 13, HMD justru diketahui baru saja gulirkan Android 12 untuk Nokia 5.4. Informasi ini didapat dari situs komunitas resmi milik Nokia, di mana sejumlah pengguna mengunggah beberapa bukti bila Android versi baru tersebut sudah mendarat ke smartphone yang awalnya diluncurkan seharga Rp3 jutaan.

Baca juga: Review Nokia 5.4: Unggulkan Fitur Keamanan dan Kamera Video Sinematik

Pengguna Nokia 5.4 di Sri Lanka Dapat Android 12

Kamera Nokia 5.4

Informasi terkait tersedianya Android 12 untuk Nokia 5.4 pertama kali diinformasikan oleh seorang anggota di forum Nokia Phones Community. Dalam sebuah utas, terdapat dua tangkapan gambar di mana perwakilan dari Nokia Mobile Care konfirmasi versi Android paling baru tersebut. Namun dengan catatan khusus.

Disebutkan kalau pembaruan Android 12 ke Nokia 5.4 digulirkan secara bertahap. Juga dituliskan informasi negara mana saja yang termasuk ke dalam daftar proses pertama, yakni termasuk Austria, Jerman, Hong Kong, Hungaria, Irak, Jordan, sampai Latvia. Diunggah pada 27 Juli, kemudian ada seorang pengguna dengan username shakirmohamed yang menanyakan ketersediaannya di Sri Lanka.

Baca Juga :  5 Fitur Smartphone Modern - electronicsnow.org

Tidak mendapatkan jawaban, ia justru mengunggah sebuah gambar selang dua hari kemudian. Bersama dengan gambar tersebut, ia mengatakan kalau pada 2 Agustus kemarin akhirnya mendapatkan Android 12 untuk Nokia 5.4. Nampaknya HMD membutuhkan waktu yang sangat lama agar versi Android baru ini bisa berjalan optimal di perangkatnya.

Dalam unggahan tangkapan layar, terlihat bila ukuran pembaruan Android 12 cukup besar di 1,83GB. Wajar saja, mengingat ini merupakan pembaruan masif dengan sejumlah fitur baru. Tim Gizmologi sendiri mencoba lakukan pengecekan di Nokia 5.4 versi Indonesia, dan pembaruan terakhir masih sebatas keamanan bulan Mei 2022, dan dengan Android 11.

Harga Nokia 5.4 Sudah Turun

Desain Nokia 5.4

Walaupun sudah rilis cukup lama, sampai saat ini Nokia Mobile Indonesia masih menjual unit baru dari Nokia 5.4. Hal ini rasanya wajar karena setelah dirilis, tak banyak seri smartphone Android baru setelahnya. Tidak termasuk yang dirilis global namun tak kunjung hadir resmi di Tanah Air, ya. Sebut saja Nokia XR20.

Harga Nokia 5.4 sendiri sudah turun banyak, dari awal diluncurkan Rp3 jutaan, kini menjadi Rp2,399 juta saja. Dengan harga tersebut, Gizmo friends mendapatkan sebuah smartphone yang membawa desain cukup modern, Android murni minim bloatware, serta fitur ekstra seperti sensor NFC yang belum banyak di rentang harga Rp2 jutaan. Chipset-nya sendiri gunakan Qualcomm Snapdragon 662 octa-core 11nm.

Ada empat kamera di bodi belakangnya, dengan sensor utama beresolusi 48MP. Sementara di depan, kamera selfie 16MP sudah berbentuk punch-hole, di mana smartphone Rp2 jutaan di tahun 2022 justru mulai banyak kembali gunakan waterdrop notch. Sayangnya, belum mendukung fast charging hingga 18W, sehingga harus sabar ketika harus isi daya baterai Nokia 5.4 yang berukuran 4,000 mAh.