Neflix Hadirkan Fitur Spatial Audio, Bikin Suara Makin Nendang

California, Gizmologi – Ada kabar gembira untuk pengguna Netflix. Bagi pelanggan premium sudah bisa menikmati fitur spatial audio yang bikin pengalaman menonton semakin imersif.

Ya, fitur spatial audio memungkinkan pengguna bisa mendapatkan pengalaman menonton dengan kualitas audio surround sound tanpa menggunakan multichannel speakers. Keren banget kan?

Fitur ini bisa memanfaatkan trek audio stereo standar dan mengubahnya menjadi audio spasial 3D. Untuk melakukan hal ini, Netflix dikabarkan telah bekerja sama dengan Sennheiser untuk menggabungkan teknologi audio 3D yang ada pada soundbar Sennheiser Ambeo.

Asyiknya, spatial audio bisa berfungsi pada perangkat apa pun, seperti ponsel, tablet, dan TV. Hanya saja ini berlaku untuk perangkat Android saja. Pada perangkat Apple, Netflix hanya menggunakan fitur audio spatial bawaan yang ada pada perangkat iOS, iPadOS, macOS, dan tvOS.

Untuk menikmati konten yang sudah mengadopsi spatial audio, pengguna cukup ketik “spatial audio” pada fitur pencarian. Nantinya akan keluar beberapa judul yang telah memiliki fitur ini.

Konten Spatial Audio di Netflix

Berdasarkan pengalaman Gizmin, Sabtu (9/7/2022), hanya ada beberapa judul yang memiliki fitur audio ini, seperti Stranger Things, Fear Street, Red Notice, Adam Project, Kate, dan lainnya. Jika melihat dari judul-judul yang ada, sudah dipastikan fitur ini tersedia pada konten original Netflix.

Netflix spatial audio

Nah, untuk mengetahui apakah konten yang ditonton dalam fitur ini, kamu pengguna harus memastikan tidak ada logo 5.1 atau Dolby Atmos di layar judul. Jika ada logo ini, berarti perangkat yang digunakan hanya memutar trek audio suara surround dan spatial audio tidak akan diaktifkan.

Sementara untuk sebagian perangkat TV, secara otomatif akan memutar trek dengan surround sound tanpa opsi untuk beralih secara manual. Dengan begitu, pengguna tidak menikmati fitur ini dari Netflix, hanya audio bawaan dari perangkat TV tersebut.

Baca Juga :  Infinix Note 12 Siap Meluncur 30 Mei, Berikut Bocoran Spesifikasinya!

Baca juga: Squid Game Season 2 Siap Menghebohkan Netflix dengan Karakter Baru

Berbeda dengan perangkat Apple, semua konten bisa berjalan dengan spatial audio sekalipun konten dengan trek 5.1 atau Dolby Atmos. Namun yang dibutuhkan hanyalah perangkat terbaru dengan dukungan fitur ini dan headphone Apple yang kompatibel, seperti AirPods 3, AirPods Pro, AirPods Max, dan model Beats tertentu.