Review MSI Modern 14 C12M: Laptop Terjangkau yang Pas Untuk Bekerja & Belajar

Selain hadirkan perangkat yang pas untuk konten kreator dan gamer profesional, MSI juga turut ramaikan segmen pasar laptop terjangkau yang tidak kalah ramai diminati. Lewat seri Modern, MSI Modern 14 C12M hadir sebagai opsi terbaru. Sudah menggunakan prosesor Intel Core 12th Gen yang lebih kencang dan efisien daya.

Dirancang untuk para pekerja maupun pelajar, MSI Modern 14 C12M dilengkapi sejumlah fitur utama yang bisa maksimalkan kebutuhan para penggunanya. Mulai dari desainnya yang portabel, konektivitas lengkap dan prima, serta baterainya yang bisa diisi daya hanya dengan charger smartphone hingga power bank. Sehingga lebih praktis dalam penggunaan sehari-hari.

Setelah menjajal laptop ini dalam waktu kurang lebih dua pekan, saya bisa bilang kalau MSI Modern 14 C12M mampu memberikan fitur-fitur esensial yang berkualitas. Meski begitu, masih ada beberapa bagian yang bisa ditingkatkan ke depannya. Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Desain MSI Modern 14 C12M

Stylish, portabel dan understated. Begitulah impresi awal saya terkait desain MSI Modern 14 C12M, yang tampil dalam warna sepenuhnya hitam luar dalam. Mudah dibawa maupun dimasukkan ke dalam ransel, ketebalannya ada di kisaran 19mm, dengan bobot kurang lebih 1,4 kilogram.

Bagian luar dan dudukan sekitar keyboard dan touchpad menggunakan material aluminum. Finishingnya dibuat sedikit mengkilap, dan tidak mudah membekas sidik jari. Ketika membekas pun, cukup mudah dibersihkan. Sementara pada bagian bawah eksteriornya, diberikan dudukan khusus dengan material karet. Tujuannya? Sebagai tumpuan saat laptop dibuka, supaya tidak licin dan membuat warna bodi mengelupas.

Ya, ketika dibuka, bagian keyboard MSI Modern 14 C12M akan menjadi sedikit naik. Hal ini memberikan dua nilai plus; kemiringan yang pas untuk mengetik; serta ruang yang cukup untuk sirkulasi kipas pada bagian bawah bodi. Kabar baik lainnya, layar laptop bisa dibuka hanya dengan satu tangan, hingga 180 derajat alias super fleksibel.

Baik bagian layar serta area keyboard masih bisa sedikit ditekan alias flexing. Namun jangan khawatir—MSI Modern 14 C12M sudah berhasil membawa sertifikasi militer MIL-STD-810G. Artinya, laptop ini telah berhasil lolos standar uji tinggi seperti penggunaan di suhu ekstrim maupun drop test. Memberikan rasa aman kepada para pemiliknya.

Layar

Layar MSI Modern 14 C12M

Ketika dibuka, saya disambut oleh sebuah layar dengan dimensi 14 inci, menggunakan rasio 16:9 yang cocok untuk konsumsi multimedia. Layar MSI Modern 14 C12M beresolusi full HD, gunakan panel IPS-level yang punya sudut pandang cukup lebar. Reproduksi warnanya juga cukup baik meski bukan yang paling akurat. Dan yang tak kalah impresif, bezel kiri dan kanannya dibuat sangat tipis, selayaknya laptop yang jauh lebih premium.

Baca Juga :  Google hingga Twitter Berisiko Jadi Platform Ilegal Jika Tidak Segera Daftar PSE

Dengan kecerahan maksimum mencapai 300 nits, MSI Modern 14 C12M bakal cukup nyaman untuk digunakan ketika harus bekerja maupun belajar di sudut kafe luar ruangan. Dengan engsel yang bisa terbuka sampai 180 derajat, MSI sematkan fitur khusus yang disebut Flip-n-Share. Bisa diaktifkan hanya dengan menekan tombol F12.

MSI Modern 14 C12M

Fungsinya? Anggap Gizmo friends sedang berada dalam skenario bekerja berhadapan bersama teman atau rekan kerja, dan ingin menunjukkan slide presentasi yang ada di layar. Alih-alih mengangkat laptop dan memutarnya ke arah mereka, kamu cukup merebahkan layar dan menekan tombol F12. Konten di layar akan berputar 180 derajat—menjadi pintasan yang sebenarnya sangat simpel, namun juga sangat berguna.

Port & Konektivitas

MSI Modern 14 C12M

Walaupun sarana penyimpanan cloud sudah semakin marak, ada kalanya kita memerlukan port yang lengkap dalam sebuah laptop untuk akses atau pindah data secara luring. Dengan desain yang portable, MSI sertakan port yang cukup lengkap pada MSI Modern 14 C12M. Apa saja?

Secara berurutan, di sisi kiri kamu bisa menemukan port DC-in, HDMI full-size, USB-A 3.2, USB-C 3.2 serta jack audio 3,5mm. Di seberangnya, ada dua port USB-A 2.0, serta slot kartu microSD. Akan lebih baik bila slot kartu tersebut tersedia untuk SD card full-size. Namun jenis microSD memang juga tidak kalah populer, terutama untuk pengguna smartphone.

Di antara kedua sisi port, terdapat papan ketik alias keyboard berwarna hitam yang sudah dilengkapi dengan lampu backlit. Lampu tersebut otomatis mati saat keyboard tidak ditekan dalam waktu 10 detik, dan ada tiga tingkatan pencahayaan yang bisa dipilih. Padahal umumnya, laptop di kelasnya hanya punya 1-2 tingkatan saja.

Dengan key travel 1,5mm dan touchpad yang sangat lebar, mengetik dengan MSI Modern 14 C12M terasa sangat menyenangkan, bahkan termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya. Tombolnya nyaman, suaranya pun cenderung senyap. Ukuran dan peletakannya sudah pas, dan permukaan touchpad-nya juga nyaman untuk jalankan gestur hingga empat jari.

MSI Modern 14 C12M juga sudah didukung dengan WiFi 6 plus Bluetooth 5.2. Artinya, kompatibel dengan lebih banyak Wi-Fi yang tersedia di tempat umum, plus penangkapan sinyal lebih baik. Mendukung sistem Fast Pair untuk sambungan yang lebih instan dengan aksesori seperti earphone TWS.

Fitur Lain

Webcam MSI Modern 14 C12M

MSI Modern 14 C12M sudah menjalankan sistem operasi terbaru dari Microsoft yakni Windows 11. Dengan touchpad yang lebar, kamu bisa memanfaatkan semua opsi gestur baru untuk alur kerja lebih cepat. Bagaimana dengan kemampuannya saat digunakan untuk panggilan video? Kualitas webcam 720p yang ada di atas layar punya sudut pandang cukup lebar, serta detail yang oke meski digunakan dalam kondisi indoor.

Baca Juga :  Vending Machine Blibli, Menteri Teten: Bisa Dongkark Omzet UMKM

Webcam tersebut juga diapit dengan dua mikrofon yang berkualitas, mampu mereduksi noise di sekitar secara otomatis. Kualitas speaker bawaannya sendiri tergolong biasa saja—namun yang saya apresiasi, ada sertifikasi Hi-Res Audio yang membuatnya bisa berikan output maksimal, saat menggunakan earphone kabel misalnya.

MSI Center Pro MSI Modern 14 C12M

Saya juga mengapresiasi jumlah bloatware yang relatif sedikit dari pabrikan, dan MSI berikan sebuah aplikasi ringkas nan fungsional bernama MSI Center Pro. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan diagnose hardware, mengatur bagaimana performa laptop secara keseluruhan, serta memilih profil seperti performa maksimal atau dibuat lebih senyap.

Performa

MSI Modern 14 C12M

Menjadi salah satu laptop rilisan terbaru, MSI Modern 14 C12M sudah menggunakan prosesor Intel Core 12th Gen. Hadir dalam dua varian Intel Core i5/i7, unit yang saya coba menggunakan prosesor Intel Core i5-1235U. Dipasangkan bersama GPU Intel Iris Xe, kapasitas RAM 8GB DDR4 3200MHz on-board, serta penyimpanan yang cukup besar yakni 512GB berjenis NVMe PCIe Gen 3 SSD.

Gunakan arsitektur hibrid, prosesor Intel terbaru ini terdiri dari dua jenis inti CPU; P-Core alias performance core untuk jalankan aplikasi berat dan berikan performa responsif, serta E-Core alias efficient core untuk tugas-tugas ringan. Dengan begitu, performanya bisa lebih optimal, sekaligus lebih hemat daya—selain berkat proses fabrikasi terbaru Intel 7.

Kapasitas RAM 8GB sejatinya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan aplikasi kantoran, maupun pelajar dan mahasiswa yang menggunakan laptop untuk keperluan belajar atau riset. Umumnya mengakses sejumlah aplikasi plus peramban dengan banyak halaman atau tab. Suhu perangkat juga sangat terjaga, tak pernah sampai panas terutama pada area yang tersentuh oleh tangan selama penggunaan.

Baterai

Menjadi sebuah laptop yang dirancang nyaman untuk bekerja dan belajar, MSI Modern 14 C12M dilengkapi dengan baterai tanam 3 cell berkapasitas 39Whr. Lewat prosesor terbaru dari Intel yang lebih efisien daya, daya tahannya cenderung lebih lama dibandingkan laptop lain yang punya kapasitas baterai sama.

Sehari-hari, saya gunakan MSI Modern 14 untuk akses dokumen di Microsoft Office, media komunikasi teks, mengakses belasan tab di Microsoft Edge dan sesekali melakukan sesi panggilan lewat Zoom. Dengan mengaktifkan mode battery saver, layar kecerahan 75% ke atas, lampu keyboard menyala dan Wi-Fi aktif, saya bisa mendapatkan durasi kisaran 5-6 jam.

Tentunya bila diperlukan, kamu bisa lebih menghemat dayanya dengan menonaktifkan sejumlah fitur tertentu, maupun aktifkan mode hemat daya bawaan dari MSI. Nah, mengisi daya baterai MSI Modern 14 C12M bisa dibilang cukup praktis, bisa menggunakan port USB-C yang juga mendukung USB Power Delivery.

Baca Juga :  5 Alasan OPPO A57 Cocok Buat Streaming Serial TV

Lewat adaptor bawaan dengan kecepatan 65W, MSI Modern 14 C12M mendukung fast charging yakni hingga 60% dalam waktu 53 menit. Jenis adaptornya sendiri juga gunakan ujung USB-C, sehingga bisa digunakan secara bergantian dengan smartphone. Alias hanya perlu membawa satu charger ketika bepergian.

Kesimpulan

Desain MSI Modern 14 C12M

MSI cukup berhasil untuk memberikan racikan yang pas pada seri laptop terjangkau satu ini. MSI Modern 14 C12M hadir sebagai laptop portable dengan performa yang memuaskan, keyboard dan touchpad sangat nyaman, serta fitur tambahan seperti Flip-n-Share yang bermanfaat dalam keseharian. Didukung oleh konektivitas yang prima untuk keleluasaan bekerja di mana saja.

Belum lagi sertifikasi standar militer yang seolah hadir sebagai jaminan bila laptop ini bakal tahan lama. Bagian yang mungkin bisa ditingkatkan ke depannya ada pada bagian panel layar, serta absennya sensor sidik jari sebagai opsi keamanan ekstra yang lebih praktis. Sisanya, MSI Modern 14 C12M bisa jadi alternatif pilihan utama laptop Rp10 jutaan.

MSI Modern 14 C12M-060ID bisa dibeli dengan harga Rp10,499,000, sudah termasuk sleeve case dan masa garansi sampai 2 tahun. Bila membutuhkan performa yang lebih tinggi, tersedia varian Modern 14 C12M-059ID dengan Intel Core i7-1255U dan RAM 16GB, dibanderol Rp12,999,000. Informasi selengkapnya bisa kamu cek pada halaman berikut ini, dan bisa didapatkan secara mudah lewat masing-masing link berikut: pembelian offline, pembelian online.

Spesifikasi MSI Modern 14 C12M

MSI Modern 14 C12M
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Laptop

Model / Series
MSI Modern 14 C12M

Released
26 Mei, 2022

Status
Available

Price
Rp10.499.000 (i5/8GB), Rp12.999.000 (i7/16GB)

Platform


Processor
Intel Alder lake i51235U/i7-1255U

VGA (Graphic Card)
Intel Iris Xe

RAM (Memory)
8GB/16GB x DDR4 3200MHz onboard

Storage
512GB NVMe PCIe Gen3x4 SSD

Operating System
Windows 11 Home

Body


Dimensions
319.9 x 223 x 19.35 mm, berat 1,4 kg

Display
14.0″ FHD (1920×1080), IPS-Level

Battery
3 cell 39WHr
65W fast charging

Connectivity


Webcam
HD type ([email protected])

Bluetooth
Bluetooth 5.2

Wi-fi
802.11 ax Wi-Fi 6

NFC

I/O Interface
1x Type-C USB3.2 Gen2 with PD charging
1x Type-A USB3.2 Gen2
2x Type-A USB2.0
1x Micro SD Card Reader
1x (4K @ 30Hz) HDMI
1x Mic-in/Headphone-out Combo Jack

Other


Audio
2x 2W Speaker

Features
Backlight Keyboard (Single-Color, White)