Moto X30 Pro Jadi Smartphone Android Pertama dengan Kamera 200MP!

China, Gizmologi – Kalau Samsung bikin heboh dengan peluncuran smartphone layar lipatnya secara global, berbeda dengan Moto di negara asalnya, China. Selain hadirkan smartphone Moto RAZR terbaru, juga hadir Moto X30 Pro dengan sensor resolusi terbesar dalam sebuah smartphone saat ini, bikinan Samsung.

Ya, walaupun kehadiran smartphone Motorola sudah tidak seluas beberapa tahun lalu di mana Indonesia juga termasuk, tak membuat vendor tersebut jadi kurang daya saing dibandingkan vendor lain seperti Samsung dan Apple. Smartphone layar lipatnya langsung diperbarui dengan cip paling bertenaga dari Samsung, sementara yang satu ini punya sensor kamera superior.

Baca juga: Moto Razr 2022 Hadir Membawa Chipset Flagship & Layar P-OLED 144Hz

Desain Moto X30 Pro sendiri sudah bocor sejak beberapa pekan terakhir, memperlihatkan modul kameranya yang benar-benar terlihat besar. Secara tampilan luar, memang terlihat premium dengan layar lengkung, seolah menggantikan seri Moto Edge sebelumnya. Lantas apa saja yang menarik dari smartphone ini selain kameranya?

Kamera Depan & Belakang Moto X30 Pro Beresolusi Tinggi

Moto X30 Pro

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Moto X30 Pro memang punya tampilan premium termasuk pada bagian depannya. Berdimensi 6,67 inci, sisi kiri dan kanannya gunakan lengkungan 3D sehingga terlihat lebih ramping. Resolusi full HD+ dipadukan dengan refresh rat 144Hz, bisa menyala sampai 1,200 nits, dan sudah mendukung HDR10+.

Keempat bezelnya dibuat sangat tipi, dan sudah menggunakan sensor sidik jari in-display tentunya. Ukuran kamera punch-hole di tengah atas layar terlihat cukup kecil, padahal punya resolusi tinggi yakni mencapai 60MP. Tapi tetap saja, yang lebih superior ada pada sisi belakangnya. Di mana kamera Moto X30 Pro gunakan sensor utama ISOCELL HP1 beresolusi 200MP.

Baca Juga :  Intel Pensiunkan Lini Brand Prosesor Pentium dan Celeron Mulai 2023
Moto X30 Pro

Sensor tersebut baru saja diperkenalkan oleh Samsung pada September 2021 lalu. Memanfaatkan teknologi ChameleonCell, pengguna Moto X30 Pro bisa ambil foto dalam tiga resolusi berbeda; 200MP, 50MP dengan quad-pixel binning, atau 12,5MP yang gabungkan Sembilan piksel individu untuk penyerapan cahaya paling maksimal. Sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi pencahayaan, maupun ukuran cetak foto.

Baca juga: Samsung ISOCELL HP1, Sensor 200MP dengan Piksel Terkecil di Dunia

Sensor terebut juga mendukung teknologi Double Super Phase-detection (PD). Kalau smartphone kebanyakan hanya bisa rekam video 8K dalam 24fps, Moto X30 Pro lebih baik karena sudah bisa mencapai 30fps. Selain itu, ada dua sensor lainnya yakni 50MP ultra wide-angle, serta 12MP Sony IMX663 untuk sensor telephoto 2x optical zoom.

Punya Chipset & Fast Charging Prima

Moto X30 Pro

Sebagai flagship rilisan pertengahan tahun 2022, Moto X30 Pro tentu saja sudah jalankan cip Snapdragon 8 Plus Gen 1—membawa peningkatan terutama pada sector efisiensi daya dibandingkan versi non-Plus. Ada kapasitas RAM 12GB plus penyimpanan internal 512GB. Dari sektor software, jalankan Android 12 dengan tampilan antarmuka MyUI 4.0.

Untuk daya tahannya sendiri, baterai Moto X30 Pro berkapasitas 4,610 mAh, dan sudah mendukung fast charging 125W. Dengan input yang cukup tinggi, mengisi daya 7 menit sudah bisa mencapai 50%, sementara untuk menempuh 100% hanya memerlukan waktu 19 menit saja.

Hadir dalam dua opsi warna saja (hitam & putih), harga Moto X30 Pro dibanderol CNY3699 untuk varian memori 8+128GB, alias Rp8 jutaan saja. Penjualannya sendiri sudah dimulai pekan ini, namun baru untuk negara asalnya saja, tanpa informasi terkait penjualan di luar China.