Microsoft Siapkan Update xCloud, Hadirkan Fitur Penggunaan Keyboard dan Mouse

Jakarta, Gizmologi – Layanan cloud gaming Xbox milik Microsoft, xCloud, akan segera memberikan update terbaru. Pada update mendatang, para developer didorong untuk memberikan fitur penggunaan mouse dan keyboard di dalam game mereka. Sehingga nantinya seluruh game yang kompatibel di layanan xCloud tidak lagi terpaku pada pengguna kontrol mirip konsol.

Apa yang dilakukan Microsoft kepada para developer game terungkap dalam sesi diskusi di Xbox Game Streaming xFest. Saat ini developer diharapkan dapat segera memasukan tambahan dukungan tersebut, sehingga pada saat datang versi update xCloud dapat segera dinikmati oleh para pengguna.

Penggunaan keyboard dan mouse seperti pada PC memang terasa lebih efisien untuk beberapa jenis game, salah satunya genre First Person Shooting.

Layanan cloud gaming Xbox sendiri merupakan bagian fitur dari berlangganan Xbox Game Pass Ultimate. Setiap orang yang telah berlangganan berkesempatan untuk menikmati deretan game Xbox langsung di smartphone, PC, maupun televisi pintar yang sudah terintegrasi.

Baca juga: Antivirus Microsoft Defender Diperbarui, Hadir Untuk iOS & Android

Latency Lebih Baik di Update xCloud

unnamed
Pengaturan keyboard dan mouse dapat segera ditemukan pada update terbaru mendatang.

Pada bagian grafis nantinya juga akan mengalami perbaikan lewat reduksi latency agar lebih rendah. Latency atau penundaan visual memang lazim ditemui pada konten streaming, termasuk dalam gaming. Setelah update terbaru hadir maka diharapkan angka latency maksimal 72ms saja. Saat ini latency dapat terjadi hingga 74ms.

Perbaikan pada latency tersebut, sayangnya, belum dapat mendukung kualitas grafis HDR. Dan pada tiap perangkat memiliki resolusi yang berbeda-beda, yakni 720p (smartphone) dan 1080p (PC dan browser).

Fitur baru dalam update mendatang diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan di layanan streaming game milik Xbox. Selain itu, Microsoft juga terus menambah daftar judul game yang dapat dimainkan di dalamnya.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Vivo Pad: dengan SD870