Tahun Depan Microsoft Setop Dukungan Buat Windows 8.1

Jakarta, Gizmologi – Microsoft mengumumkan bakal menghentikan dukungan mereka untuk Windows 8.1. Rencananya sistem operasi (OS) Windows 8.1 akan dihentikan pada 10 Januari 2023.

Dikutip dari The Verge, agar pengguna tidak lupa, Microsoft akan memberikan notifikasi kepada perangkat yang masih menjalankan Windows 8.1. Notifikasi pertama akan diberikan pada Juli 2022 dan terus berlanjut sampai dukungan Windows 8.1 diakhiri pada Januari 2023.

Notifikasi yang dikirimkan Microsoft akan mirip seperti yang mereka gunakan sbelumnya untuk mengingatkan pengguna Windows 7 terkait jadwal end-of-support. Melalui laman support-nya, Microsoft pun meminta pengguna untuk upgrade ke sistem operasi terbaru.

“Sebagai alternatif, PC Windows 8 dan 8.1 yang kompatibel dapat ditingkatkan ke Windows 10 dengan membeli dan menginstal versi lengkap perangkat lunak,” tulis Microsoft.

Microsoft sendiri tidak akan menawarkan program Extended Security Update untuk Windows 8.1. Artinya pengguna Windows 8.1 untuk bisnis, mau tidak mau hanya bisa menjalankan perangkat lunak mereka tanpa adanya pembaruan patch keamanan.

Perjalanan OS Windows 8.1

Akhir Windows 8.1

Microsoft pertama kali merilis Windows 8.1 pada tahun 2013 sebagai penerus Windows 8. Sayangnya sistem operasi yang dibuat Microsoft untuk memperbaiki Windows 8 ini mendapatkan sambutan dingin dari pengguna.

Bahkan, perusahaan besutan Bill Gates ini sebelumnya sudah menghentikan ‘Mainstream Support’ untuk Windows 8.1 pada Januari 2018. Tapi sistem operasi ini masih mendapatkan ‘Extended Support’ selama lima tahun untuk memberikan update software, update keamanan reguler, dan bantuan teknis.

“Sebagian besar perangkat Windows 8.1 atau Windows 8 tidak akan memenuhi syarat hardware untuk upgrade ke Windows 11, sebagai alternatif, PC Windows 8 dan Windows 8.1 bisa diperbarui ke Windows 10 dengan membeli dan menginstal versi penuh software tersebut,” kata Microsoft di laman dukungannya.

Baca Juga :  ZTE Axon 40 Ultra Bawa Tiga Sensor 64MP & Kamera Depan Under Display

Selain itu, perusahaan juga mengingatkan bahwa Windows 10 akan mencapai tanggal akhir dukungannya pada 14 Oktober 2025. Namun, tanpa adanya pembaruan perangkat lunak dan perbaikan keamanan, akan ada risiko besar menjalankan sistem operasi ini setelah mereka berhenti mendapatkan dukungan tahun depan.