Microsoft Rilis Aplikasi Outlook Lite Khusus Android, Hanya Butuh Kuota 5MB

Jakarta, Gizmologi – Meski semakin banyak Android kencang dengan harga semakin terjangkau, masih banyak masyarakat terutama di negara berkembang yang gunakan smartphone lawas. Selain Google sebagai pemilik OS, sejumlah vendor aplikasi juga berusaha untuk membuat ringan aplikasinya. Salah satunya Outlook Lite yang baru saja digulirkan oleh Microsoft.

Meski tak banyak produk hardware yang diluncurkan, Microsoft bisa dibilang sukses dalam hal berikan aplikasi kantoran yang benar-benar digunakan oleh konsumen baik individu maupun bisnis. Outlook menjadi salah satunya, sebagai layanan email yang reliabel, dan juga menyimpan kontak serta terintegrasi dengan kalender.

Baca juga: Antivirus Microsoft Defender Diperbarui, Hadir Untuk iOS & Android

Walaupun jauh lebih ringan, Outlook Lite tetap membawa fitur-fitur esensial dari aplikasi versi standar. Pradeep Elavarasan, Senior Product Manager, Microsoft mengatakan bila saat ini sudah ada jutaan pengguna yang gunakan layanan Outlook tiap harinya. Sehingga penting bagi mereka agar semua orang bisa mengaksesnya dari segala jenis perangkat, termasuk beragam spesifikasi smartphone.

Outlook Lite Bisa Jalan di Jaringan 2G

Outlook Lite

Lebih lanjut Pradeep menambahkan, “dengan senang hati kami umumkan ketersediaan Outlook Lite di wilayah tertentu untuk memberdayakan lebih banyak individu, sekolah, universitas, dan bisnis kecil dengan solusi untuk smartphone ringan mereka.” Ya, untuk tahap awal, Outlook Lite baru akan diluncurkan di sejumlah negara tertentu.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan ke depannya bakal hadir secara global, termasuk pengguna di Indonesia. Secara keseluruhan, Outlook Lite hadir untuk berikan pengalaman inti yang sama lewat kapasitas yang jauh lebih kecil, dan bisa digunakan pada jaringan yang kurang baik sekaligus. Ukuran unduhnya sendiri hanya 5MB saja, dan diklaim hanya menggunakan sedikit sekali memori internal smartphone.

Baca Juga :  Jadi Top Technology Pioneer 2022, Shinta VR Siap Hadirkan Real-World Utilities Metaverse

Selain hemat memori, aplikasi Microsoft terbaru satu ini juga diklaim bakal tetap kencang untuk dijalankan di smartphone dengan RAM 1GB sekalipun. Outlook Lite juga bisa digunakan untuk akses akun Outlook.com, Hotmail, Live, MSN, Microsoft 365 hingga Microsoft Exchange Online. Selain email, juga termasuk kalender dan kontak, alias serupa Outlook standar.

Pada tangkapan layar yang ada di atas, memang terlihat bila secara tampilan, dibuat sama persis. Pengguna Outlook Lite juga bisa memanfaatkan salah satu fitur unggulan Outlook untuk memisahkan email penting dan lainnya secara otomatis. Aplikasi ini juga diklaim bisa digunakan bahkan pada jaringan 2G sekalipun.

Bakal Tersedia Untuk Lebih Banyak Pengguna

Microsoft Outlook

Untuk saat ini, Outlook Lite baru tersedia di sejumlah negara seperti Argentina, Brazil, Chile, Kolombia, Ekuador, India, Meksiko, Peru, Arab Saudi, Afrika Selatan, Taiwan, Thailand, Turki, dan Venezuela. Pradeep menambahkan, Microsoft bakal mengulas lebih lanjut untuk menambahkan daftar negara untuk ketersediaan yang lebih luas.

“Dengan Outlook Lite, tujuan kami adalah membuat Outlook lebih mudah diakses oleh pengguna yang menggunakan smartphone ringan di seluruh dunia, yang memberdayakan mereka untuk mencapai lebih baik,” tutup Pradeep.

Outlook Lite sendiri bukanlah aplikasi versi ringan pertama—jauh sebelum itu, Facebook sudah memperkenalkan Facebook Lite sejak 2015 untuk alternatif Facebook for Android yang lebih ringan. Kemudian diikuti oleh Google yang hadirkan Android Go untuk sistem serta aplikasi bawaan yang secara keseluruhan dibuat lebih ringan, dengan pilihan smartphone yang hadir resmi di Indonesia.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News