Meta Ubah Tata Letak Feed Biar Mudah Dikelola Pengguna Facebook

Jakarta, Gizmologi – Meta secara resmi merubah tampilan pada aplikasi Facebook. Kini, Meta menambah tab baru yang diberi nama Feeds.

Kehadiran Feeds ini memungkinkan pengguna untuk menyusun unggahan pada laman depan Facebook. Artinya, tab ini hanya dapat menampilkan unggahan terbaru dari teman, Groups maupun pages yang dikuti oleh pengguna.

Dengan cara itu, Facebook membenahi tata letak dari laman umpan balik atau feeds, di aplikasinya sebagai taktik menarik lebih banyak pengguna berusia muda. Nantinya pengguna akan lebih mudah mengatur konten maupun unggahan yang tidak diprioritaskan dari akun yang tidak diikutinya.

Melansir The Verge, memang dalam beberapa waktu terakhir para Eksekutif Meta meminta agar produk “Reels” serta inovasinya bisa ditingkatkan karena terbukti menggaet lebih banyak pengguna usia muda.

Pada bagian “Home” di Facebook pengguna, nantinya akan banyak unggahan populer dari berbagai akun-akun di seluruh dunia yang disesuaikan dengan minat pengguna Facebook. Cara ini dibuat mirip seperti sistem “For Your Page” atau “FYP” dari pesaing Facebook yaitu TikTok.

Pengaturan Feeds di Facebook

Pengaturan Feeds

Selain pembaruan sistem “Home”, Facebook akan menghadirkan “Feed” sebuah tab baru dan terpisah agar pengguna bisa melihat unggahan-unggahan dari akun yang berteman atau diikuti secara aktif oleh pengguna.

Di dalam “Feed” pengguna akan melihat unggahan yang ditampilkan secara kronologis mengenai aktivitas teman ataupun orang yang diikutinya.

Perusahaan media sosial di dunia telah saling berkompetisi mengembangkan dan menciptakan rekomendasi berbasis algoritmik dalam beberapa bulan terakhir karena adanya TikTok yang terus naik daun.

TikTok mengubah strategi media sosial dan menunjukkan perubahan yang sangat berbeda dengan sistem sosial media di 2018 ketika unggahan di media sosial hanya berkutat pada unggahan dari lingkungan pengguna entah dari teman ataupun keluarga di bagian halaman utamanya.

Baca Juga :  Mengintip Kualitas Kamera realme GT NEO 3 150W, Kelas Flagship!

Untuk mewujudkan itu, bahkan Chief Product Officer Meta Chris Cox bahkan menyebutkan Meta menyiapkan lebih banyak unit pemrosesan grafis (GPU) hingga 5 kali lipat di pusat datanya agar bisa memberikan daya komputasi ekstra untuk kecerdasan buatannya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News