Rekomendasi Mesin Kasir Online untuk Bisnis Tahun 2022

Ketika kita mulai melakukan bisnis, tentunya membutuhkan peralatan pendukung, salah satunya adalah mesin kasir online untuk memberikan kemudahan dalam mengelola transaksi bisnis. Karena sekarang semuanya serba digital. Meski demikian di pasaran sangat beragam merk dan fasilitasnya, yang membuat kamu bingung untuk membelinya.

Terkait dengan harga mesin kasir majoo juga sangat bervariasi di pasaran yang tentu disesuaikan dengan jenis dan peralatan yang ada dalam mesin tersebut. Artinya mesin kasir Android pasti dijual dengan harga yang berbeda dengan mesin kasir portable.

Di antara berbagai produk tersebut, ada beberapa merek bagus seperti Casio, Samsung dan Sharp yang banyak digunakan. Namun jika kamu bingung untuk memilih mesin kasir online sesuai kebutuhan, maka ada beberapa tips memilih dan rekomendasi mesin kasir online untuk kamu.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Trading Kripto dan Cara Transaksinya

Apa itu mesin kasir online?

Ilustrasi - Moneygram
Ilustrasi pembayaran tanpa kontak (freepik/fanjianhua)

Mesin kasir telah ada sejak pertengahan abad ke-20. Tentu saja, itu berbeda dari apa yang kamu lihat sekarang ini. Di masa lalu, mesin kasir bekerja secara mekanis. Seiring dengan kemajuan teknologi, terutama konektivitas internet, mesin kasir juga berkembang hingga memiliki mesin kasir online elektronik seperti saat ini.

Fungsi dari mesin kasir online adalah untuk menghitung total transaksi dan mendokumentasikan transaksi penjualan. Sebagian besar mesin kasir dapat mencetak transaksi dalam bentuk catatan atau catatan untuk pembeli dan tempat penjualan.

Bagaimana memilih mesin kasir?

Ada beberapa jenis produk mesin kasir di pasaran yang bisa kamu pilih. Sebelum menentukan pilihan, pertimbangkan tips berikut ini:

  1. Temukan sistem operasi sesuai kebutuhan
    Mesin kasir biasanya dilengkapi dengan sistem operasi klasik atau sistem POS populer saat ini. Sebaiknya mengidentifikasi fitur dari masing-masing sistem ini dan menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan.
    Sistem konvensional, pengoperasian mudah untuk perhitungan sederhana. Mesin kasir konvensional sering digunakan dalam bisnis, terutama bisnis kecil. Sistem operasinya terbilang sederhana, dengan rincian nominal dan jenis barang yang dijual atau diimpor setiap hari.
    Ada juga laporan biaya atau pengeluaran yang mungkin timbul di kas perusahaan. Namun dari segi bisnis, sistem mesin sederhana ini memiliki banyak keterbatasan. Misalnya, kamu tidak dapat mengetahui jumlah total stok barang tertentu tanpa perhitungan manual.
  2. Sistem POS yang menawarkan manajemen data yang komprehensif
    Menyadari kebutuhan dan pertumbuhan bisnis, banyak startup teknologi yang menerapkan sistem POS. Sistem POS dapat didefinisikan sebagai seperangkat sistem yang dirancang untuk menyederhanakan dan memfasilitasi proses transaksi.
    Sistem mesin kasir online ini terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi secara online atau cloud. Dengan demikian kamu dapat dengan mudah memantau semua aktivitas bisnis karena semua data tersedia dari mana saja.
    Data yang diolah tidak terbatas pada data kasir atau transaksi penjualan. Sistem ini memproses berbagai data yang membentuk operasi bisnis, mulai dari inventaris, laporan keuangan hingga program promosi. Dengan kata lain, data dan laporan terdokumentasi yang disajikan dalam sistem POS lebih komprehensif.
  3. Pilih mesin kasir portable atau mini jika mesin kasirnya kecil
    Jika kamu mencari mesin kasir, kamu mungkin akan menemukan banyak mesin yang berukuran sangat besar. Sayangnya, tidak semua perusahaan memiliki cukup ruang untuk menyimpan mesin ini. Jika tempat usaha tidak besar maka pilihlah mesin portable atau mini.
    Mesin kasir portabel biasanya sangat tipis, seukuran perangkat EDC (electronic data capture). Jenis mesin ini juga termasuk printer, sehingga kamu tidak perlu membeli mesin cetak nota. Pilihan mesin kasir lain yang relatif kecil adalah tablet mini. Pertimbangkan satu dengan laci uang
  4. Pertimbangkan satu dengan laci uang
    Ada meja kas dengan laci kas. Selain lebih bersih karena uang bisa diatur ke dalam desimal, laci uang juga lebih aman. Laci kas biasanya otomatis terkunci saat ditutup, sehingga mengurangi risiko kehilangan uang karena karyawan lupa menutup laci.
    Selain itu, laci kas ini juga dapat dihubungkan dengan mesin kasir atau mesin kasir klasik. Oleh karena itu, laci terbuka secara otomatis sebelum kasir mencetak uang kertas. Pelayanan kasir lebih efisien dan cepat yang tentunya mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Baca Juga :  Huawei Authorized Experience Store Dibuka di Cibubur, Bakal Ekspansi ke Jawa Timur

Rekomendasi Mesin Kasir Online

mesin kasir majoo
Mesin kasir majoo

Jika kamu telah mengetahui tipsnya dalam memilih mesin kasir, maka ada beberapa rekomendasi mesin kasir yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu, diantaranya:

  1. Mesin Kasir majoo Mulai dari Rp 129,000
    Aplikasi kasir majoo adalah aplikasi one stop solution yang cocok untuk bisnis. Satu aplikasi bisa menghandle semua kebutuhan usaha mulai dari, aplikasi inventory, aplikasi karyawan, aplikasi kasir / POS dan ter integerasi ke beberapa marketplace dan food order.
  2. MGO 889 Mulai dari Rp 1.650.000
    Apakah kamu sering merasa proses entri transaksi penjualan lama dan tidak efisien? Jika jawabannya ya, produk ini adalah solusi yang dibutuhkan. Keyboard kasir ini dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan.
    Dengan cara ini, kamu dapat merampingkan proses pengetikan karena tombol keyboard dimodifikasi. Selain itu, engine ini juga menyediakan banyak fitur pelaporan dan kontrol akses. Jadi tidak hanya dapat menerima laporan yang berbeda, tetapi dapat mengontrol siapa yang berhak mengaksesnya.
  3. Sunmi T2 Mini 1 Mulai dari Rp 5.600.000
    Kompatibel dengan banyak sistem POS, sehinngga kamu akan menemukan banyak perusahaan di pasar yang menyediakan sistem atau aplikasi POS. Jika menginginkan opsi yang fleksibel, pilih mesin kasir yang kompatibel dengan beberapa sistem seperti produk ini.
    Jadi kamu bebas memilih sistem POS dan memilih untuk menggantinya jika tidak sesuai. Selain kompatibilitas yang luas, produk ini juga memiliki printer built-in.
  4. QMP 18 Mulai dari Rp3.000.000
    Dengan menggunakan mesin kasir jenis ini maka kamu tidak hanya akan menghemat ruang, tetapi juga biaya listrik. Pemilik bisnis pasti harus mempertimbangkan setiap detail pengeluaran. Jika memungkinkan, ini harus secara optimal mengurangi biaya operasi.
    Oleh karena itu, merekomendasikan produk ini kepada mereka yang ingin menghemat biaya menjalankan bisnis. Pasalnya, mesin kasir ini hanya membutuhkan daya kecil sebesar 22W. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat biaya listrik. Dimensi produk ini juga tidak besar, sehingga bisa digunakan di toko-toko kecil.
  5. Kassen All-in One POS CV-890 Mulai dari Rp 8.800.000
    Dengan menggunakan mesin kasir jenis ini maka kamu akan memproses transaksi barang dagangan lebih mudah dengan pemindai barcode genggam. Jika bisnis kamu menawarkan berbagai macam produk, sistem barcode sangat penting untuk manajemen inventaris. Dengan menggunakan barcode, kasir cukup memindai produk saat memasukkan transaksi penjualan.
    Sementara itu jika kamu mencari mesin kasir dengan barcode scanner yang lengkap, produk ini mungkin layak untuk dipertimbangkan. Produk ini dilengkapi dengan pemindai barcode genggam, sehingga kamu tidak lagi memikirkan untuk membelinya secara terpisah.
  6. Tissor T5000 Mulai dari Rp2.000.000
    Fitur yang diberikan untuk mesin kasir jenis ini memiliki keunggulan untuk mendeteksi apakah uang yang dibayarkan palsi atau tidak, sehingga kamu akan terhindar menerima uang palsu dengan cepat tanpa harus mengecek secara manual.
    Selain memiliki fitur standar kasir, produk ini juga dibekali dengan alat deteksi uang . palsuTerdapat beberapa mode yang dapat dipilih, seperti mode ultraviolet, magnetik, watermark, dan kaca pembesar.
Baca Juga :  Binance Gelar Program Pelatihan Deteksi Kejahatan Siber Terkait Kripto

Itulah 6 rekomendasi mesin kasir yang dapat kamu pilih yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi diĀ Google News