Meta Hadirkan Instalasi AR Lewat MenujuMetaverse Cafe, Turut Siapkan Kreator Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Dengan metaverse yang semakin populer termasuk di Indonesia, Meta ingin ikut berkontribusi mengenalkan dunia digital tersebut lebih dekat ke masyarakat. Maka diluncurkan MenujuMetaverse Cafe, mengajak kreator konten, kreator Spark AR, dan komunitas untuk berbagi kisah sekaligus berikan pengalaman AR yang menarik.

#MenujuMetaverse Cafe sendiri diadakan di Titik Temu M Bloc Space, kawasan Blok M, Jakarta hingga akhir pekan ini. Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia sebutkan bila pihaknya memiliki misi untuk mampukan kreator di Indonesia dalam membangun masa depannya, termasuk dengan teknologi terbaru seperti metaverse.

Baca juga: Telkom Bikin metaNesia, Dunia Metaverse Berisi Muatan Lokal Indonesia

Lebih lanjut, Meta meyakini bila metaverse saat ini sedang dalam tahap pembangunan, dan baru bisa diimplementasikan secara penuh sekitar 5-10 tahun lagi. Kehadiran instalasi dari Meta kali ini berikan kesempatan masyarakat untuk mengincip bagian dari metaverse yang sejatinya tidak hanya berupa virtual reality (VR), namun juga melalui augmented reality (AR).

Bisa Jajal AR dari Kreator Meta di MenujuMetaverse Cafe

MenujuMetaverse Cafe
(Dari kiri ke kanan) Presiden Hacktiv8 Juventia Vicky Riana, Country
Director untuk Meta di Indonesia Pieter Lydian, dan Manager Program AR/VR, APAC, Meta
Trimikha Valentius berbincang-bincang di sela-sela peluncuran #Menujumetaverse Cafe (5/8).

Apa saja yang dihadirkan lewat #MenujuMetaverse Cafe?  “Ada 10 cerita dari 10 kreator yang dihadirkan dalam bentuk instalasi seni, serta 20 efek AR yang bisa dicoba langsung,” tambah Pieter dalam sebuah kesempatan luring Jumat (5/8) kemarin. Cerita-cerita yang dihadirkan dihimpun dari sejumlah influencer ternama di media sosial Facebook maupun Instagram. Maupun organisasi seperti PSSI.

Kreator filter AR yang bisa dijajal langsung di lokasi juga dibuat dari para kreator lokal Tanah Air. Cara mencobanya pun mudah, hanya dengan melakukan scan kode QR yang ada pada masing-masing instalasi, langsung dari smartphone Android maupun iOS. Setelah itu, bakal bisa langsung dinikmati dari Instagram.

Baca Juga :  Google Hapus Lokasi Klinik Aborsi dari Riwayat Pencarian Pengguna

Pengalaman menjajal AR di masing-masing instalasi #MenujuMetaverse Cafe juga bisa dibagikan langsung ke Instagram Stories maupun Reels. Bisa dicoba hingga hari Minggu, 7 Agustus 2022. Selain itu, Meta juga melakukan pelatihan untuk para kreator dan pengembang (developer) Spark AR di Indonesia. Salah satunya bekerja sama dengan mitra dari Hacktiv8, lewat program seperti Metavolution.

Siapkan Kreator AR Untuk Metaverse

MenujuMetaverse Cafe

Dalam kesempatan yang sama, Juventia Vicky Riana selaku Presiden Hacktiv8 menjelaskan program Metavolution with Spark AR sebagai program yang dianggap penting untuk perkembangan para kreator Tanah Air. “Lebih dari 500 pelamar mengirimkan karya mereka di bidang AR effects. Kami memilih 50 karya terbaik untuk menjadi bagian dari program yang secara spesifik dibangun agar dapat membantu karir mereka sebagai profesional.”

Kreator yang mengikuti program Metavolution juga tidak hanya mendapatkan pengajaran hard skill saja, namun juga soft skill agar mereka bisa memamerkan karyanya secara tepat, sebagai kreator profesional. “Sebelum metaverse benar-benar ready, kreatornya disiapkan lebih dulu,” tambah Juventia. Langkah selanjutnya adalah creator hub untuk para kreator memamerkan karyanya.

Dengan begitu, lebih banyak yang dapat melihat karya AR serta menghubungi jasa kreator lokal tersebut. Program Metavolution sendiri sudah berjalan sejak kuartal kedua 2022, dan setidaknya ada lebih dari 45 hasil karya yang berhasil tercipta. Saat ini, pelatihan yang diberikan fokus kepada mode tracking seperti face tracking & head tracking—diharapkan bisa lebih progresif untuk pengajaran lebih advanced.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News