Respon Menkominfo Soal Jabatannya Bakal Dicopot Presiden Gegara Kasus Bjorka

Jakarta, Gizmologi – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate buka suara terkait pesan provokatif dari hacker Bjorka. Kali ini dia mengatakan bahwa jabatan Menkominfo akan dicopot oleh Presiden Jokowi.

Akun anonim itu mengklaim sudah mengantongi informasi dari orang dalam di Istana Kepresidenan. Entah ini sebuah tuduhan tanpa tedeng aling-aling, atau mungkin ini hanyalah gertakan sambal dari Bjorka.

“Itu enggak perlu saya komentari,” respon Johnny kepada awak media di rumah dinasnya di Jalan Widya Candra V, Jakarta Selatan, Jumat (16/9/2022). .

Menurut dia, soal reshuffle adalah kewenangan Presiden Jokowi, bukan dirinya, bukan pula rakyat. Dia membenarkan atau menyalahkan informasi yang disebutkan Bjorka. “Kalau soal kewenangan resuffle kabinet itu kewenangan presiden,” lanjutnya.

Saat ditanya lebih lanjut, apakah informasi yang dihembuskan Bjorka tersebut benar atau salah, Johnny menyebutkan bahwa itu tidak ada hubungannya. Dirinya, juga menegaskan pergantian menteri itu merupakan hak prerogatif presiden.

“Kalau semuanya minta presiden ambil keputusan, ya semuanya minta macam-macam. Tapi kewenangan itu ada di presiden dan pekerjaan menteri adalah melaksanakan visi dan misi itu dari awal bapak presiden sudah sampaikan,” tutur dia.

Baca Juga: Respon Aksi Hacker Bjorka, Jokowi Bentuk Tim Khusus

Kasus Bjorka Bakal Mengancam Jabatan Menkominfo

Aksi Hacker Bjorka

Politikus Partai NasDem itu juga berpesan agar tidak memutar-mutar informasi yang tidak berkualitas. Indonesia memiliki sekitar 275 juta orang warga, sehingga ruang digital harus diisi dengan hal-hal yang lebih strategis, apalagi di saat negara sedang mengalami tantangan yang besar.

“Akibat dari tantangan global yang begitu besar. Agar kita lebih efisien dan efektif mengelola pemerintahan dan negara,” tutur Johnny.

Diberitakan sebelumnya, Bjorka melempar bola panas dalam sebuah postingannya di breach forums. Ia menyebut “bahwa Pak Presiden (Jokowi) bakal segera mengganti Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate,” kata Bjorka di forum online tersebut.

Baca Juga :  Tecno Spark 9T, Smartphone Sejutaan Andalkan Selfie Low Light 32MP

Jika itu terjadi, Bjorka akan memuji langkah presiden. Di mana ia berharap agar pengganti Menkominfo nantinya bisa diisi oleh seseorang yang sangat ahli dalam bidang teknologi, bukan orang partai, politisi, atau tentara.

“Excellent, Mr President. Pastikan penggantinya orang yang paham teknologi, bukan idiot dari partai, politisi atau angkatan bersenjata. Karena semua itu akan sia-sia,” pungkasnya.