Menjajal Xiaomi TV P1E 65”, Smart TV Layar Besar Harga Terjangkau

Jakarta, Gizmologi – Beberapa waktu lalu, Xiaomi Indonesia kembali merilis sejumlah perangkat aksesori untuk lengkapi kebutuhan konsumen, sekaligus ekosistem penawaran produk Xiaomi yang juga semakin lengkap. Secara total, ada tiga smart TV baru untuk konsumen Indonesia. Dan Xiaomi TV P1E 65″ jadi yang paling besar.

Xiaomi TV P1E 65″ jadi penawaran yang paling mahal, dibandingkan dua seri Xiaomi TV A2 (43” dan 55”) yang punya kualitas panel superior. Meski begitu, smart TV baru Xiaomi tersebut tergolong murah. Pasalnya, harga smart TV 65” di pasaran saat ini memang cukup mahal, umumnya melebihi Rp10 juta.

Menurut Stephanie Sicilia, Associate Marketing Director Xiaomi Indonesia, hadirnya tiga varian smart TV tersebut merupakan wujud komitmen perusahaan untuk semakin serius menggarap pasar produk ekosistem. Demi mendukung program pemerintah untuk beralih ke siaran TV digital, ketiganya pun juga sudah mendukung siaran digital DVB-T2.

Baca juga: Xiaomi TV Q1E 55” Rilis di Indonesia, Mendukung DVB T-2 Untuk Siaran TV Digital

Ketika Xiaomi bisa hadirkan sebuah smart TV 65” dengan harga Rp9,499 juta, saya jadi sedikit skeptis terkait kualitasnya. Untuk menjawab keskeptisan tersebut, Xiaomi telah mengundang sejumlah media dan tech reviewer untuk menjajalnya secara langsung.

Layar Xiaomi TV P1E 65″ Mendukung Dolby Vision

Xiaomi TV P1E 65

Sebelum membahas lebih lanjut terkait kualitas dari Xiaomi TV P1E 65”, Gizmo friends perlu tahu terkait klasifikasi seri smart TV Xiaomi terbaru saat ini. Secara umum, ada tiga kelas utama yang dihadirkan. Seri Q termasuk yang paling tinggi, karena sudah gunakan panel QLED. Kemudian ada seri A yang juga punya desain bezel-less, sementara seri P jadi yang paling ekonomis—membawa jargon “your first big TV”. Apakah kemudian jadi kurang berkualitas?

Baca Juga :  Rayakan Ultah ke-13, Tokopedia Gelar ‘Semua Serba Murah’

Secara desain, Xiaomi TV P1E 65” tampil cukup modern dengan keempat bezel hitam yang relatif tipis. Saking besarnya dimensi layar, bezel tersebut seolah makin samar terlihat, ketika sudah fokus menatap visual yang ditampilkan. Kaki untuk dudukan TV dirancang ada di masing-masing sisi pinggir bodi bawahnya, sehingga harus diletakkan di meja yang lebar (bila tidak diletakkan di dinding).

Walaupun tergolong sebagai smart TV 65 inci paling terjangkau, Xiaomi tidak mengorbankan bagian yang cukup krusial dalam sebuah TV, yakni panel layarnya. Layar Xiaomi TV P1E 65” punya resolusi 4K, bisa tampilkan 1 milyar warna serta mendukung standar warna DCI-P3 78%. Disertai dukungan HDR10, HLG dan Dolby Vision.

Saturasi warnanya tergolong baik, dengan tingkat warna hitam cukup pekat. Adanya teknologi MEMC 60Hz membuat tayangan TV bisa punya gerakan yang lebih halus, berjalan secara real-time. Ditambah dengan dua speaker 10W, Xiaomi TV P1E bisa penuhi ruangan besar tanpa perlu aksesori tambahan seperti soundbar. Ditambah efek Dolby Audio & DTS HD.

Didukung Oleh 360 Remote Multifungsi

Xiaomi TV P1E 65

Bagaimana dengan fitur pelengkap lainnya? Xiaomi TV P1E 65” jalankan sistem operasi Android TV dengan tampilan antarmuka yang sama seperti seri lainnya, lengkap dengan aplikasi Patchwall. Seperti yang telah disebutkan, perangkat ini sudah mendukung siaran TV digital secara langsung.

Tayangan TV digital bisa langsung muncul di halaman depan, dan berpindah dari satu channel ke lainnya cukup mudah. Untuk remote-nya sendiri, Xiaomi TV P1E 65” membawa tombol angka, alias bukan remote kompak biasa. Kabarnya sih karena dari hasil riset, lebih banyak konsumen yang membutuhkan tombol-tombol tersebut.

Dan menurut saya pun wajar, mengingat mereka yang beralih dari TV tabung atau analog ke smart TV seperti Xiaomi TV P1E 65” bakal menggunakannya dengan cara yang sama, seperti memilih tayangan televisi dengan menekan nomor channel atau tayangannya.

Baca Juga :  Huawei Kebut Jaringan 5.5G, Hadirkan Pengalaman Internet hingga 10 Gbps
Xiaomi TV P1E 65

Overall, Xiaomi TV P1E 65” berikan kualitas yang cukup baik untuk sebuah smart TV, meski harganya tergolong murah di kelas ukuran layar sangat besar. Perangkat ini akan lebih cocok untuk mengisi ruangan keluarga atau jenis ruangan lain yang sangat besar.

Bila Gizmo friends berminat untuk membeli, Xiaomi TV 1E 65” dibanderol seharga Rp9,499 juta. Bakal tersedia di seluruh platform toko resmi Xiaomi Indonesia baik secara daring maupun luring mulai 14 Juli 2022.