Menjajal Kamera OPPO Reno8 5G, Gunakan Sensor Flagship

Jakarta, Gizmologi – Setelah resmi diperkenalkan oleh OPPO Indonesia, OPPO Reno8 Series akhirnya hadir dalam empat varian berbeda. Tiga di antaranya sudah mendukung jaringan 5G, dan memiliki peningkatan pada aspek kamera baik secara hardware dan software. Bagaimana dengan kamera OPPO Reno8 5G yang hadir dalam desain baru?

Dari namanya saja, bisa ditebak kalau OPPO Reno8 5G hadir sebagai suksesor dari OPPO Reno7 5G. Namun tak seperti yang sebelumnya, desain OPPO Reno8 Series 5G dibuat sepenuhnya berbeda. Memiliki profil lebih tipis dengan tonjolan kamera lebih besar—seolah benar-benar mengunggulkan kemampuan fotografi maupun videografi, terutama hasil portrait.

Baca juga: Perbedaan OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G, Punya Sensor Kamera Depan Flagship

Kalau varian 4G diluncurkan dengan harga sama, varian 5G justru dibanderol lebih mahal dibandingkan yang lama. Namun wajar, karena ada sejumlah peningkatan pada spesifikasinya. Dan kamera OPPO Reno 8 5G pun dibuat lebih baik, membawa sensor kamera flagship. Seperti apa hasil tangkapan fotonya?

­Spesifikasi Kamera OPPO Reno8 5G

kamera OPPO Reno8 5G

Sebelum mengintip hasil kamera OPPO Reno8 5G, ada baiknya Gizmo friends mengetahui peningkatan yang dimiliki secara hardware. Dimulai dari kamera depannya, yang kini membawa sensor IMX709 32MP hasil kerja sama Sony dan OPPO secara eksklusif. Gunakan jenis RGBW, sensor tersebut bisa tangkap 60% cahaya lebih banyak, dengan tingkat noise 35% lebih rendah dibandingkan sensor konvensional pada smartphone OPPO Reno sebelumnya.

Tak hanya itu, sensor tersebut juga mendukung DOL-HDR yang bisa aplikasikan efek HDR secara real-time, membantu proses pengambilan foto instan maupun dukungan HDR video. Di belakang, kamera OPPO Reno8 5G diperkuat dengan penggunaan sensor IMX766 yang punya resolusi 50MP—yes, lebih rendah secara besaran megapiksel, namun jauh lebih baik.

Baca Juga :  Beli Material Bangunan Melalui Marketplace Ukur

Sensor yang tergolong baru ini memiliki dimensi fisik 1/1,56 inci, alias 28% lebih besar dan bisa tangkap cahaya 64% lebih banyak. OPPO juga melengkapinya dengan teknologi All-Pixel Omni-Directional PDAF, tingkatkan baik akurasi maupun kecepatan pengambilan fokus, baik siang maupun malam hari.

Adanya dua sensor kamera flagship tersebut menjadikan kamera OPPO Reno8 5G lebih pas untuk mengabadikan momen dalam segala kondisi, termasuk malam hari. Sensor yang lebih besar memungkinkan pengambilan foto portrait malam berkualitas tinggi, didukung oleh kecerdasan buatan milik OPPO yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun.

Efek Blur Natural, Video Berkualitas

TISw L9GQbMuCeX9zHrt7tucX4pFH6n8I2okCC3SQSS9rBpx3x4cewDeGY ClCQJTVMSUDLh8VVIRm y43kkmaFXMhp5Fy8R3 v60sYKk33szRhcsBYCzS7nKunFiK5nFgsQu4RsEk=w2400

Tim Gizmologi telah menjajal kebolehan kamera OPPO Reno8 5G dalam berbagai kondisi pencahayaan. Dalam percobaan singkat, terlihat adanya peningkatan kualitas bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tak melulu pada kondisi low-light, namun juga ketika kondisi pencahayaan berlimpah sekalipun.

Penggunaan sensor besar membuat OPPO Reno8 5G bisa hasilkan efek blur pada latar secara natural, selama obyek yang ditangkap berjarak dekat dari sensor. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengaktifkan mode portrait dalam semua situasi. Bahkan gambar di atas merupakan sebuah tangkapan layar dari hasil perekaman video kamera OPPO Reno8 5G.

eYG9yqrphErXSg Gqk6okwpxCCYHZ5PN1 D09R6Z7wqpYkn8cFMIDh0Z5

Bagaimana dengan kamera depannya? Algoritma yang ditingkatkan membuat separasi antara background dengan subyek di depan lebih presisi. Pengambilannya tergolong instan, dan meski menggunakan masker hitam, ada dua poin yang dapat diapresiasi; masih bisa deteksi wajah, plus tidak mencoba untuk cerahkan warna masker yang umumnya terjadi di smartphone lainnya.

7cVQ85qvxlVL S3Z fRd0aIHp4cPCcJJ wG2cqIQgqh39n3ON9l0YDo 3yvHirLV7 mgnEtS2EJw3lv6tKTPcAuEjj

Shutter speed yang cepat juga membuat tiga foto di atas terlihat tajam, meski pergerakan anak kucing cukup cepat pada setiap frame-nya. Bagaimana menurut Gizmo friends dengan sejumlah hasil kamera OPPO Reno8 5G di atas?