Sony QX10, Sensor Kamera Portabel 10x Zoom Untuk Smartphone Andalan Nonton Konser

Jakarta, Gizmologi – Dengan kondisi pandemi yang sudah semakin terkendali di berbagai negara, acara hiburan seperti konser musik sudah mulai banyak kembali digelar. Untuk mengabadikan artis favorit mereka, banyak yang gunakan kamera smartphone, maupun aksesori seperti Sony QX10 untuk membantu membidik dari jauh.

Ya, situasi yang sangat normal ketika kamu berada cukup jauh dari panggung konser, kemudian ingin mengabadikan euforia konser tersebut lewat kamera smartphone. Meski smartphone seperti Galaxy S22 Ultra bisa hadirkan pembesaran gambar maupun video sangat jauh, harganya masih selangit. Sementara pengguna iPhone terbaru hanya bisa “mendapatkan” 3x optical zoom lewat iPhone 13 Pro.

Baca juga: Sony Xperia 1 IV Bawa Sensor Zoom Canggih, Harga Rp20 Jutaan

Baru-baru ini, platform video pendek seperti TikTok diramaikan oleh konten seperti konser musik lebih banyak. Dan beberapa penggunanya memanfaatkan aksesori seperti Sony QX10 agar bisa menunjukkan masing-masing personil boyband atau girlband favoritnya secara lebih jelas. Sejatinya, aksesori tersebut bisa dibilang cukup jadul. Seperti apa?

Sensor Tambahan dengan Sambungan Nirkabel

Sony QX10

Sony QX10 merupakan salah satu dari lini kamera Sony Cyber-shot QX, diluncurkan bersamaan dengan seri QX100 dan smartphone Xperia Z1. Ya, aksesori ini pertama kali diluncurkan secara global sejak akhir 2013 lalu, alias sudah berumur hampir 10 tahun. Terlihat seperti kamera, apa dan bagaimana sejatinya aksesori kamera satu ini?

Mudahnya, lewat Sony QX10, Sony ingin berikan kemampuan pengguna smartphone untuk bisa hasilkan foto lebih berkualitas. Mengingat jaman dahulu dimensi smartphone tergolong kecil, sehingga tak mungkin vendor menyematkan sebuah sensor besar berukuran 1 inci. Kecuali Xiaomi 12S Ultra yang bisa bawa sensor berukuran sama, namun hadir dalam dimensi sangat bongsor.

Baca Juga :  Siap Jadi Pesaing Nvidia RTX 3060, Intel Arc A770 Dibanderol Rp 5 Jutaan
Sony QX10

Sony QX10 gunakan dimensi sensor yang sama besarnya seperti Xperia Z1, yakni 1/2,3 inci. Tidak terlalu besar, namun mendukung optical zoom sampai 10x, alias masih lebih baik dari sensor periskop smartphone masa kini yang rata-rata maksimum 5x. Sensor kamera ini bisa dipasangkan ke smartphone dengan clamp terintegrasi, dan disambungkan secara wireless.

Sony QX10 bakal gunakan kombinasi dari jaringan Wi-Fi dan NFC—yang kedua dimanfaatkan untuk proses pairing lebih instan ke perangkat yang mendukung seperti smartphone Android. Resolusi video maksimum yang bisa ditangkap adalah 1080p 30fps, dan dalam satu kali pakai, bisa sampai kisaran 55 menit perekaman video.

Harga Sony QX10 Sudah Sangat Terjangkau

Sony QX10

Lalu kenapa aksesori seperti Sony QX10 kembali populer di kalangan penonton konser atau pengguna TikTok? Karena jenisnya yang memang hanya aksesori saja. Seperti yang kita tahu, sejumlah konser melarang para pengunjungnya untuk membawa kamera profesional, dan umumnya kamera saku tidak memiliki kemampuan zoom tinggi.

Daripada harus mengganti ke smartphone terbaru, pengguna iPhone tanpa sensor zoom bisa dengan mudah membeli Sony QX10, memasangkannya ke smartphone dan mengabadikan momen lebih baik dengan kemampuan zoom jauh. Bila tak perlu zoom jauh, Sony QX100 membawa sensor yang sama seperti lini kamera saku premium Sony RX100, untuk kualitas yang jauh lebih baik lagi.

Ingin membeli Sony QX10? Masih cukup banyak yang menjualnya di situs e-commerce seperti Tokopedia. Harga Sony QX10 dibanderol di kisaran Rp1,5 jutaan, dengan kondisi baru atau unit baru stok lama.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News