SoC MediaTek Pentonic 700 Siap Tenagai Smart TV 4K Premium

Jakarta, Gizmologi – Persaingan smart TV antar vendor baik pemain lama hingga pemain baru semakin kuat. Masing-masing mencoba berikan nilai keunggulan, tak hanya dari segi desain dan kualitas layar, namun juga sejumlah fitur cerdas. Untuk itu, MediaTek luncurkan cip Pentonic 700, sebagai system-on-chip (SoC) terbaru untuk smart TV.

Ini bukanlah kali pertama MediaTek hadirkan sebuah SoC khusus smart TV—sebelumnya, dihadirkan seri Pentonic 2000 yang dibuat untuk smart TV kelas flagship, dengan dukungan panel beresolusi sangat tinggi mencapai 8K. kehadiran Pentonic 700 membawa sejumlah keunggulan berbasis AI untuk segmen harga yang lebih terjangkau. Tanpa mengesampingkan kualitas gambar.

Baca juga: MediaTek Pentonic 2000 Mampu Tenagai Smart TV dengan Panel 8K 120Hz

Menurut Alex Chen, General Manager, TV Business Unit, MediaTek, “para merek smart TV dapat mengandalkan Pentonic 700 untuk menghadirkan pengalaman mengesankan dan luar biasa bagi penonton video atau olahraga, bermain gim, atau memanfaatkan TV sebagai pusat kendali untuk perangkat pintar lainnya.” Lantas apa saja keunggulan yang ditawarkan?

Bisa Tingkatkan Kualitas Gambar Lewat Sejumlah AI

MediaTek Pentonic 700

Diluncurkan sebagai SoC 4K120 kelas premium, ada banyak fitur berbasis kecerdasan buatan yang disematkan ke MediaTek Pentonic 700. Untuk membawa banyak fitur tersebut, diberikan unit pemrosesan AI alias APU terintegrasi, membawa sejumlah teknologi menarik. Beberapa di antaranya seperti AI-Super Resolution, AI-Picture Quality (AI-PQ) Scene Recognition & AI-PQ Object Recognition.

Dua teknologi terakhir bisa berikan proses penghalusan sampai rekonstruksi detail yang tepat pada gambar. Selain itu, dukungan Dolby Vision IQ with Precision Detail juga bisa menaikkan kualitas gambar, dengan tingkatkan kontras di titik terang dan gelap dalam gambar tajam. Meski dirancang untuk panel layar 4K 120Hz, Pentonic 700 juga mendukung variable refresh rate (VRR) sampai 144Hz.

Baca Juga :  Pixel Watch Jadi Smartwatch Wear OS dengan RAM Terbesar?

Dengan begitu, vendor TV yang ingin berikan keunggulan pada sektor gaming bisa sesuaikan produk mereka untuk aplikasi atau gim yang mendukung. Selain refresh rate tinggi, juga ada optimalisasi lain seperti HDMI 2.1 dengan fitur auto low-latency mode (ALLM). Demi minimalisir jeda tampilan.

Pentonic 700 Juga Mendukung Cloud Gaming

MediaTek Pentonic 700

Sementara untuk fitur yang diturunkan dari cip flagship, Pentonic 700 memiliki hardware video decoding engine khusus dengan dukungan format HEVC, AV1, AVS3, sampai VVC H.266. Vendor smart TV juga bisa memasangkan SoC smart TV canggih satu ini dengan solusi konektivitas nirkabel milik MediaTek, seperti Filogic Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E, sampai Wi-Fi 7 untuk sambungan kencang dengan latensi rendah.

Pentonic 700 juga memungkinkan sebuah perangkat smart TV untuk tampilkan dua sumber tayangan dalam satu tampilan sekaligus, seperti fitur Picture-in-Picture pada smartphone masa kini. Dengan begitu, pengguna bisa streaming acara olahraga sembari melakukan obrolan video bersama orang lain. Atau opsi konferensi video untuk penggunaan ruang kantor.

Alex menambahkan, MediaTek Pentonic 700 membawa lebih banyak kecerdasan pada smart TV dengan sejumlah peningkatan kualitas gambar yang didukung AI. Cip ini juga dapat menghemat daya dan mengurangi biaya bill of material (BOM), berkat desain yang terintegrasi. Sehingga dapat percepat vendor atau produsen perangkat untuk produksi smart TV agar bisa segera tersedia untuk konsumen.

Lewat seri baru satu ini, MediaTek tawarkan opsi TV premium baru untuk kebutuhan pasar lebih banyak. Smart TV yang bakal gunakan cip Pentonic 700 bakal hadir setidaknya pada kuartal keempat 2022.