MDC-JK3 Fasilitas Kolokasi Jaringan Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Indonesia tengah mengalami lompatan besar dalam perkembangan ekonomi digitalnya. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut, Matrix Data Center atau MDC-JK3 resmi mengoperasikan fasilitas kolokasi jaringan ramah lingkungan pertama di Indonesia.

Berlokasi di Plaza Kuningan, Jakarta, Phase kedua dari Matix Data Center ini telah melayani pasar dengan jumlah rak server sebanyak 60 rak. Fasilitas ini mengadopsi teknologi dari Huawei hadir sebagai data center yang ramah lingkungan dan minim emisi karbon.

“Melalui MDC-JK3, Matrix NAP Info akan mampu memfasilitasi lebih dari 780 anggota Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [APJII] dalam menyediakan layanan yang lebih stabil, lebih kuat dan lebih dapat diandalkan,” kata Managing Director Matrix NAP Info Thomas Dragono, dalam keterangan resminya, Minggu (28/8/2022).

Menurut pihak Matrix NAP, proyek ini dilaksanakan dengan mengadopsi solusi terbaru dari Huawei, yakni Smart Modular Data Center Solution guna mewujudkan pusat data yang Lebih Berkelanjutan, Andal, Cerdas, dan Lebih Sederhana. Memiliki desain lorong terkurung (confined) dengan catu daya dan sistem pendingin yang efisien, mengurangi konsumsi energi lebih dari 25% dibandingkan dengan solusi tradisional.

Termasuk dengan adanya desain Uptime Tier III, UPS redundant 2N, sistem pendingin redundant N+1, baterai litium sel pengaman LFP. Sistem pemadam kebakaran baterai tingkat kabinet, tanpa risiko kebakaran baterai, dengan tingkat keandalan sampai dengan 99,999%.

Jaringan Ramah Lingkungan MDC-JK3

Sederhananya, data center ini memiliki teknologi UPS Modular dan DC Modular, yang dapat diinstal dengan cepat dalam waktu 3 bulan. Serta dengan pemeliharaan dan penggantian bagian rusak yang hanya memakan waktu 10 menit di tempat.

Bahkan fasilitas ini bisa medeteksi real-time suhu dan kelembaban, kebocoran air, UPS, baterai, dan parameter operasional sistem pengatur suhu udara (air-conditioning). Pengunggahan alarm secara real-time, serta pelaporan dan penanganan kesalahan urutan kerja secara real-time juga ada guna memastikan keamanan peralatan penyewa.

Baca Juga :  Beli Material Bangunan Melalui Marketplace Ukur

“Kami bangga dapat jadi bagian dari pembangunan pusat data ini bersama dengan Matrix NAP Info, dengan menggabungkan teknologi kami untuk membantu Indonesia membangun pusat data yang lebih hijau, cepat, dan cerdas sebagai landasan guna mendukung Green Digital Indonesia,” tambah CEO Digital Power Huawei Indonesia Andy Liu.

Mengutip hasil survei APJII tahun 2022, tingkat literasi digital Indonesia meningkat signifikan dengan melonjaknya angka penetrasi internet ke 77 persen dari 270 juta populasi nasional pada 2021. Matrix NAP Info sendiri berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas internet di Indonesia dengan memenuhi kebutuhan infrastruktur TI sebagai bagian dari Peta Jalan Digital Indonesia untuk tahun 2021-2024.