Matrixport: Dual Currency Solana Lebih Baik Dibanding Ethereum

Jakarta, Gizmologi – Investasi Dual Currency yang sebelumnya dikenal sebagai kombinasi dari dua instrument keuangan FX Option (derivatif) dan Deposito (non-derivatif) pun merambah sektor kripto. Salah satunya dilakukan oleh Matrixport yang hari ini memperkenalkan Dual Currency Solana (SOL).

Matrixport adalah platform layanan keuangan aset digital kripto yang berkantor pusat di Singapura dan berupaya untuk ekspansi ke pasar internasional, termasuk Indonesioa. Salah satu fitur investasi yang ditawarkan adalah Dual Currency di mana sebelum Dual Currency Solana, mereka juga telah menghadirkan Dual Currency Bitcon (BTC), Bitcoin Cash (BCH), dan Ethereum (ETH).

Chief Operating Officer Matrixport Cynthia Wu mengatakan, sebagai permulaan, pengguna yang melakukan 5 transaksi pertama pada produk Dual Currency SOL akan mendapatkan USD10 dalam bentuk kupon cash. Selain itu, juga akan ada tambahan kupon imbal hasil sebesar 3 persen.

Baca juga: Luncurkan Aset Kripto, Ajaib Jadikan NFT Bored Ape sebagai Maskot Digital

Ia menambahkan, hadirnya dukungan produk Dual Currency Solana pada Matrixport menjadi penegasan komitmen perusahaan untuk tanggap terhadap kebutuhan pasar. “Saat lanskap crypto sedang mulai matang-matangnya, kami berharap bisa memasukkan lebih banyak token asli di seluruh produk investasi kripto kami untuk memberi pelanggan kami akses yang aman dan berkelanjutan untuk menghasilkan peluang yang lebih baik,” ucapnya.

Kelebihan Solana

Solana
Ilustrasi Solana

Solana merupakan platform komputasi berbasis blockchain terdesentralisasi yang menggunakan SOL sebagai token aslinya untuk membayar transaksi. Konsep tersebut mirip dengan Ethereum di mana Solana menggunakan bahasa pemrograman dasar teknis yang berbeda yang disebut Rust, di mana pemrograman tersebut dapat digunakan pengembang untuk membangun aplikasi.

Salah satu fitur yang menonjol dari Solana adalah skalabilitasnya dengan kemampuan untuk memproses lebih dari 50.000 transaksi per detik (TPS). Ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan 30 TPS di Ethereum. Solana dapat mencapai kecepatan seperti itu dengan kombinasi algoritma consensus, proof of stake, dan proof of history.

SOL sebagai token asli Solana, digunakan untuk membayar biaya transaksi dalam mendukung jaringan aslinya. Hal tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran mikro yang dikenal sebagai lamport.

Baca Juga :  Review Acer Spin 3 Active (SP313-51N): Laptop Konvertibel Intel Evo Terjangkau

Apa itu Dual Currency Solana?

Matrixport Dual Currency Solana

Apa yang dimaksud dengan produk Dual Currency? Dual Currency merupakan produk investasi tanpa prinsipal yang dilindungi dengan pengembalian mengambang.

Hasil produk Dual Currency akan mendapatkan jaminan pada saat proses pembelian, sedangkan mata uang yang digunakan di mana produk tersebut akan diselesaikan bisa berubah tergantung pada bagaimana ‘Harga Penyelesaian’ dibandingkan dengan ‘Harga Tertaut’.

“Produk investasi jangka pendek bernama Dual Currency ini berpotensi memberikan imbal hasil yang sangat tinggi. Kami juga telah merancangnya dengan pilihan tenor yang sesuai dengan risk profile Anda dalam melakukan investasi,” tambah Cynthia.

Dual Currency – SOL
Khusus untuk produk Dual Currency SOLANA, mata uang yang bisa digunakan untuk berinvestasi di dalamnya adalah dengan SOL sebagai token asli Solana ataupun USDC. Namun, tetap tergantung pada bagaimana ‘Harga Penyelesaian’.

Jika ‘Harga Penyelesaian’ lebih tinggi dari ‘Harga Tertaut’, pengguna akan menerima pengembalian dalam SOL. Sedangkan, jika ‘Harga Penyelesaian’ lebih rendah dari ‘Harga Tertaut’, pengguna akan menerima pengembalian dalam USDC.