Beli Material Bangunan Melalui Marketplace Ukur

Jakarta, Gizmologi – Saat membangun rumah baru atau pun renovasi, memilih material bangunan yang berkualitas dengan harga sesuai bujet adalah tantangan tersendiri. Biasanya dilakukan dengan melakukan survei ke beberapa toko bangunan sekaligus di sekitar lokasi. Tentu ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Sekarang ada langkah yang lebih mudah, di mana kita bisa membeli material bangunan melalui smartphone. Adalah Ukur.com, sebuah marketplace yang fokus menjual bahan bahan konstruksi secara online.

Didirikan tahun 2020, Ukur.com diklaim berhasil mendobrak dunia konstruksi dengan menjual bahan kontruksi secara online. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi pembeli yang tak punya cukup waktu untuk membeli bahan bangunan sendiri.

Tak hanya itu, dari sisi penjual pun diharapkan terbantu dengan membuka toko di ukur.com untuk mendukung penjualan material bangunan.

10 Tips Memilih Material Bangunan dari Marketplace Ukur.com

ilustrasi smartphone aplikasi perpanjang SIM
Foto: Unsplash/Paul-hanaoka

Ukur.com memberikan tips memilih baterial bangunan yang tepat. Karena pengguna harus memperhatikan material bangunan yang digunakan untuk membangun rumah, baik itu rumah baru ataupun yang hendak direnovasi. Pastikan semuanya berkualitas supaya rumah bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Setidaknya ketahuilah 10 Material Bangunan Penting berikut ini

  1. Batu Bata

Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah-merahan. Harganya cukup mahal dibandingkan dengan bahan penggantinya seperti batako, namun untuk kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Ukurannya ada yang besar dan sedang supaya bisa disesuaikan dengan model rumah yang akan dibangun.

  1. Semen

Semen merupakan material yang berbentuk serbuk yang biasanya terbuat dari campuran kapur dan material yang lainnya. Semen juga bisa disebut sebagai bahan yang bersifat hidrolis, yaitu bahan yang dapat menjadi keras ketika dicampur air atau larutan asam. Bahan dasar semen terdiri atas 70%-95% terak semen dan 5% gipsum serta material tambahan lainnya.

Baca Juga :  Android 13 Beta 1 Punya Animasi Baru dan Kontrol Media

Material bangunan semen berfungsi untuk merekatkan batu-bata sehingga bisa menjadi dinding yang kokoh. Semen juga digunakan untuk merekatkan lantai keramik. Untuk pencampuran semen, kamu perlu perbandingan antara air dan semen yang tepat supaya bisa merekat dengan baik.

  1. Pasir

Material bangunan pasir berfungsi untuk campuran semen. Pasir yang baik biasanya memiliki bentuk butiran yang tajam karena lebih kuat untuk campuran perekat bata atau pun pondasi. Selagi memilih pasir, cobalah mengepalnya. Jika menggumpal, maka pasir tersebut kurang berkualitas. Hindari juga memilih pasir dengan kandungan lumpur lebih dari 5%

  1. Genteng

Bangunan rumah yang kokoh tidak akan lengkap jika tidak ada material bangunan genteng yang berfungsi untuk melindungi para penghuni rumah dari panas matahari dan siraman hujan. Ada beberapa jenis genteng diantaranya genteng metal, genteng tanah liat, genteng keramik, genteng beton, dan sebagainya. pilihlah genteng sesuai kebutuhanmu, apapun pilihannya tentu perlu diperiksa kondisinya secara berkala.

  1. Keramik

Keramik juga merupakan salah satu material yang sangat penting. Keramik biasa digunakan untuk melapisi permukaan lantai, terkadang juga digunakan sebagai pelapis backsplash di dapur.

  1. Besi Beton

salah satu faktor penentu sebuah bangunan bertahan lama terletak pada konstruksinya. Material bangunan berupa besi beton berfungsi sebagai rangka konstruksi rumah. Ukuran besi beton ini beragam mulai dari 10 mm hingga 12 m. Jenisnya ada yang permukaan polos, ulir, dan berbentuk kanal. Kerangka besi beton ini kemudian diisi dengan adonan semen dan pasir.

  1. Batu

Selain Besi Beton, Batu juga diperlukan untuk kekuatan konstruksi bangunan. Untuk membangun pondasi rumah dibutuhkan batu sebagai material yang kuat dan kokoh. Pada umumnya dipakai batu kali atau batu gunung. Di atasnya kemudian dibutuhkan batu Split untuk campuran pembuatan beton cor.

  1. Kayu
Baca Juga :  Fitbit Sense 2, Versa 4 & Inspire 3 Rilis Bersamaan, Fitur Lebih Lengkap dengan Integrasi Google

Material Kayu sering dipilih sebagai rangka atap maupun kusen dan daun pintu. Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk membangun rumah, namun yang terbaik biasanya berasal dari Kalimantan, seperti kayu kamper Rasamala dan kamper Samarinda.

Jika tidak menemukan kayu ini, pilihlah kayu lain yang kandungan airnya tidak lebih dari 20%. Bila perlu pastikan kayu tersebut sudah melewati proses pengovenan supaya kayu tidak mudah lapuk.

  1. Cat

Cat merupakan cairan yang digunakan untuk melapisi suatu bahan baik untuk tujuan keindahan, ketahanan, maupun menambah kekuatan. Cat dapat diaplikasikan pada bahan baik dengan menggunakan kuas, melumurinya dengan roller, maupun menyemprotkannya.

  1. Pipa

Material pipa diperlukan sebagai saluran air baik untuk kamar mandi, dapur, maupun di taman rumah. memilih material pipa yang baik sangat diperlukan untuk menghindari kerusakan seperti bocor. biasanya jenis pipa yang digunakan untuk kebutuhan rumah adalah pipa PVC.

10 material bangunan tersebut kini dapat dibeli secara online di Ukur.com. Ukur merupakan marketplace yang fokus menjual bahan bahan konstruksi secara online. Selain 10 bahan bangunan diatas, ada juga bahan bangunan dan pernak pernik rumah tangga yang dijual seperti gorden, pintu kaca, kitchen set dan masih banyak lain nya yang dapat direquest secara custom.

Dengan adanya ukur.com maka berbagai harapan terkait harga konstruksi akan menjadi transparan antara toko bahan bangunan dengan pembeli akan diuntungkan dengan menggunakan sistem ukur.com sebagai media penengah transaksi antara kedua belah pihak.