Mangkokku Kantongi Rp101 Miliar Pendanaan seri A dari Alpha JWC & Emtek

Jakarta, Gizmologi – Perusahaan rintisan (startup) Mangkokku mengumumkan pendanaan seri A sebesar US$7 juta atau setara Rp101 miliar. Dana tersebut berasal dari Alpha JWC Ventures & EMTEK, serta partisipasi dari Cakra Ventures.

Mangkoku merupakan startup kuliner yang didirikan oleh chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep. Pada 2020 lalu, Mangkokku mendapatkan pendanaan awal dari Alpha JWC Ventures, yang diikuti dengan penjualan yang tumbuh 6 kali lipat.

“Kami ingin melayani lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman kuliner yang terbaik,” kata Co-Founder dan CEO Mangkokku Randy Kartadinata dalam keterangan persnya, Senin (6/6).

Terlebih dalam beberapa bulan ke depan, kata Randy, perusahaan akan membuka lebih banyak restoran dine-in dan menambah gerai cloud kitchen di kota-kota baru. Mangkokku bahkan menargetkan akan membuka outlet ke 100 tahun ini serta 100 gerai lagi di tahun 2023.

“Mangkoku juga akan meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berbelanja, dengan meluncurkan aplikasinya pada akhir tahun ini,” kata Randy

Randy mengatakan, aplikasi itu nantinya akan menyediakan layanan pesan antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus. Saat ini, Mangkokku mengoperasikan 50 cabang di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang dan Solo, dan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahunnya.

Holding company Mangkokku

Mangkokku

Mangkokku takkan berhenti melakukan ekspansi berupa gerai, menurut Randy. Perseroan memiliki mimpi besar untuk menjadi perusahaan kuliner dengan produk dan ekosistem lengkap.

Karenanya, Mangkokku meluncurkan holding company Nusantara Culinary Group. Melalui perusahaan induk tersebut, katanya, perseroan akan menghadirkan lebih banyak lagi hidangan yang lezat dan menonjol.

“Kami mulai dengan minuman dan sambal kemasan dan akan meluncurkan jenis hidangan lainnya tahun ini dan seterusnya untuk menjadi solusi kuliner end-to-end bagi pelanggan kami,” tambah Randy.

Baca Juga :  ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Daily Driver 12 Jutaan

Sementara itu, Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Jefrey Joe, mengatakan Mangkokku telah berhasil meraih sejumlah capaian apik, dengan merilis flagship store, ekaspansi gerai, dan basis pelanggan yang kuat. Menurutnya, kesuksesan itu tak lepas dari penelitian dan pengembangan serta inovasi yang kuat.

“Hidangan Indonesia yang kontemporer dan unik dengan kualitas terbaik secara konsisten di setiap hidangannya. Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama dengan Randy dan tim, serta menantikan inovasi mereka selanjutnya,” ucap Jefry.