4 Manfaat Game Kata Online untuk Tingkatkan Kosakata

Tentunya sudah lama kita mengenal dan mendengar atau bahkan memainkan game kata (word games) yang cukup menghibur dan menyenangkan itu. Tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun masih tertarik memainkan tipe game yang dapat memberikan nilai-nilai edukatif secara efektif dan efisien ini. 

Berkat kemajuan dunia teknologi internet, saat ini kita sudah dapat memainkan game-game kata itu secara online seperti Scrabble Word Finder. Ternyata permainan ini tidak hanya dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris Anda dan anak-anak Anda, tapi juga dapat memupuk jiwa sosial mereka saat harus berinteraksi dengan para pemain lainnya. 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Mengoptimalkan PC Gaming

Manfaat Game Kata Online

Untuk itu di sini kami berusaha menjawab seputar pertanyaan seberapa bergunanya game kata untuk memperbaiki kosa kata bahasa Inggris sebagai berikut:

  1. Menaikkan jumlah kosakata yang dikuasai

Salah satu kegunaan bermain jenis game ini adalah dapat meningkatkan dan menaikkan jumlah kosakata bahasa Inggris yang sudah Anda miliki. Para pemain akan menemukan kosakata yang baru yang mungkin saja tidak mereka ketahui sebelumnya. Pembelajaran ini sangatlah berguna untuk meningkatkan performa permainan seseorang dengan berjalannya waktu. Dan semakin kaya kosakata seseorang, maka akan semakin mudah dia akan dapat mengatur dan mengungkapkan ide-ide dan opininya pada permainan kata.

Tidak hanya itu, game kata juga dapat memperbaiki pengetahuan  seputar tenses bagi para pemainnya, yang dihasilkan melalui susunan huruf-huruf yang terkadang sulit untuk diprediksikan. Contoh kecilnya saja adalah verb eat, yang ternyata dapat diubah menjadi ‘ate’ atau ‘eaten’ hanya dengan sedikit penambahan huruf-huruf yang tersedia.  

Selain itu para pemain juga akan mudah untuk memahami dan menafsirkan apa yang dikatakan oleh para pemain lawan apabila mereka memiliki kosakata bahasa Inggris yang sangat banyak. 

Baca Juga :  Intel Berkomitmen untuk Mencapai Emisi Gas Rumah Kaca Net-Zero?
Ilustrasi anak-anak mengakses aplikasi TikTok
Ilustrasi anak-anak menggunakan smartphone (Foto: freepik/pvproductions)
  1. Proses pembelajaran yang cocok untuk setiap orang

 Permainan atau game kata-kata ternyata dapat membantu memperbaiki kosakata seorang pemain melalui proses pembelajaran yang berbeda-beda. Utamanya, pembelajaran ini dapat diperoleh secara aktif maupun pasif. 

Contoh permainan kata seperti Word Unscrambler adalah permainan merangkai kata-kata bahasa Inggris yang mengharuskan setiap pemain yang ikut untuk selalu aktif. Oleh karena itu, para pemain perlu memperkaya diri mereka dengan segudang kosakata sebelum bermain untuk bisa menang pada permainan tersebut. Dengan permainan kata seperti ini, para pemain dapat memasukkan sejumlah kombinasi huruf ke kotak papan yang tersedia sehingga menjadi sebuah kata yang memiliki arti dalam bahasa Inggris. 

Sementara itu ada juga permainan kata yang tidak mengharuskan para pemainnya untuk berlaku aktif, yang disebut dengan proses pembelajaran pasif. Pada tipe permainan ini, para pemain tidak berusaha secara aktif mempelajari sebuah kata yang baru, tapi malah secara perlahan merangkai huruf-huruf yang ada untuk diletakkan ke kotak yang Anda, baik melalui petunjuk-petunjuk yang ada seperti teka teki silang, atau pun melalui pengelompakan semantik seperti permainan Cari Kata

  1. Dapat memperbaiki ejaan pada kata-kata bahasa Inggris

Dalam permainan merangkai kata, tidak mengetahui cara mengeja suatu kata secara benar itu sama saja dengan tidak mengetahui kata-kata tersebut dengan baik. Oleh karena itu, para pemain mau tidak mau mengetahui dengan benar bagaimana cara mengeja kata-kata bahasa Inggris tersebut supaya dapat diletakkan pada kotak permainan dengan sempurna. 

Oleh karena itu tak berlebihan jika kita katakan bahwa permainan-permainan kata ini ternyata dapat membantu memperbaiki kemampuan bahasa tidak hanya dengan mengajarkan kosakata  yang baru tapi juga dengan memperbaiki kemampuan ejaan para pemain secara keseluruhan. 

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif
Baca Juga :  Kecepatan Internet di IKN Lebih Ngebut Dibanding Daerah Lain di Pulau Jawa

Permainan-permainan kata seperti Scrabble dan Words with Friends adalah tipe permainan yang mengutamakan berbagai strategi yang brilian. Sebagai permainan kata, jenis permainan ini akan dapat mengajarkan kata-kata yang baru, dan juga sebagai permainan papan, para pemain akan dituntut untuk mengisi kotak-kotak kecil yang terbatas dengan kumpulan huruf abjad yang dimilikinya. 

Karena itu tipe permainan ini sebenarnya lebih mengutamakan kerja otak kita, dimana setiap pemain harus mempertimbangkan secara matang nilai dari setiap huruf yang diberikan untuk diletakkan pada papan permainan. Mereka harus merencanakan setiap gerakan dengan matang untuk memperoleh poin sebanyak mungkin dengan menganalisis kata-kata yang diletakkan oleh para pemain lawan.