Review Logitech Zone True Wireless: TWS Khusus Bisnis Harga Fantastis

Earphone TWS murah? Sudah banyak. Dirilis khusus audiophile atau mereka yang gemar olahraga? Sudah ada beberapa. Nah, bagaimana kalau ada vendor aksesori yang rilis TWS khusus bisnis? Nah, kenalin, Logitech Zone True Wireless. Earphone nirkabel pertama Logitech di tahun 2022.

Dari sekian banyak aksesori sejenis yang sudah dirilis setidaknya selama dua tahun terakhir, Logitech mencoba untuk hadirkan sebuah perangkat yang berbeda. Jenis konsumennya cukup spesifik, walaupun secara spesifikasi, bisa berikan kualitas audio prima. Sekaligus punya sertifikasi cukup banyak, yang juga hadir dalam banderol harga sangat premium.

Seberapa premium? Setara earphone flagship andalan Sony, bahkan jauh lebih mahal dari AirPods Pro. Memang, Logitech sendiri telah rilis cukup banyak aksesori mulai kelas entri sampai premium, dan semuanya memiliki peminat yang cukup banyak. Lantas apakah harga Logitech Zone True Wireless sesuai dengan apa yang ditawarkan? Berikut ulasannya.

Desain

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Tidak mencoba terlihat seperti AirPods, Logitech Zone True Wireless tampil dengan desain case maupun earbud yang cukup berbeda. Untuk earbud, tidak memiliki bagian stem atau tangkai, namun sedikit bulky alias cukup timbul ke luar telinga saat dikenakan—impresi serupa earphone Sony WF-1000XM3.

Warnanya hitam, sih, jadi tidak terlalu mencolok walau terlihat besar. Dan ketika sudah digunakan, terasa cukup nyaman untuk dipakai seharian, meski opsi ukuran karet eartip hanya ada tiga pasang. Bobot masing-masing earbud 6,5 gram, bukan yang paling ringan, tapi masih nyaman. Nah, terkait ketahanan, ada yang unik.

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Padahal tidak dirancang untuk pendamping olahraga, tapi Logitech Zone True Wireless merupakan salah satu dari sedikit earphone TWS yang punya sertifikasi IP68. Yup, bukan sekadar IPX4, alias tahan dari debu, pasir dan air. Meski pada halaman produk resminya, tak disarankan untuk membenamkan ke air dangkal sekalipun. Setidaknya berikan rasa aman ekstra.

Jadi walaupun dijual sebagai aksesoris pendukung bisnis, Logitech Zone True Wireless juga pas digunakan saat sedang bepergian maupun berolahraga di gym. Sedikit catatan, walaupun material case terasa nyaman di tangan dan tidak tebal, mekanisme buka tutupnya terasa kurang oke. Cenderung flimsy, tak bisa benar-benar terbuka 90 derajat, hanya mendekati.

Baca Juga :  Rayakan 11 Tahun, Blibli Fokus Perkuat Ekosistem Omnichannel

Baca juga: Review Logitech Brio 4K: Webcam Kelas Bisnis dengan Banyak Potensi

Fitur

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Salah satu fitur yang diunggulkan lewat Logitech Zone True Wireless adalah kemampuan mikrofon noise cancellation-nya. Masing-masing earbud dilengkapi dengan dual MEMS dan mikrofon ekstra, semuanya berfungsi untuk mengambil suara pengguna semaksimal mungkin, dan mereduksi suara keramaian di sekitar.

Dan setelah mengujinya selama beberapa hari, mikrofon pada earphone TWS Logitech satu ini memang berkualitas, bisa dibilang setara dengan TWS lain yang memang jago untuk panggilan suara. Untuk kondisi yang benar-benar ramai seperti di luar ruangan atau suara hewan, memang masih terdengar, tapi suara pengguna bakal tetap dominan. Suara hembusan angin pun berhasil diredam secara efektif.

Fitur ANC-nya sendiri tergolong biasa saja, tidak ada yang spesial, setara dengan kelas sejutaan. Sementara mode transparan tentu hadir dan bisa diaktifkan agar bisa mendengar suara luar atau ngobrol tanpa harus lepas earphone. Walaupun, lagi-lagi, dengan banderol harga fantastis, tidak ada fitur ekstra seperti mode transparansi yang aktif otomatis saat penggunanya berbicara.

Logitech Zone True Wireless Earbuds

“Lalu apa spesialnya?” Logitech Zone True Wireless gunakan standar Bluetooth 5.0 dengan jarak pakai sampai 30 meter—bukan 5.2, memang, tapi ketika saya gunakan di wilayah dengan banyak gedung tinggi, sambungannya tergolong lancar minim interferensi. Perangkat ini juga mendukung multipoint connection, alias bisa tersambung ke dua perangkat secara bersamaan.

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Di dalam paket penjualan, Logitech memberikan receiver khusus untuk sambungan lebih praktis ke komputer, baik lewat port USB-A maupun USB-C. Yup, proses sambungnya semudah aksesori Logitech lainnya seperti keyboard dan mouse, cukup pasangkan receiver ke komputer dan otomatis tersambung. Inilah keunggulan yang tidak dimiliki oleh earphone TWS non-bisnis lainnya, benar-benar praktis.

Pengoperasian

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Lewat aplikasi Logi Tune, Logitech Zone True Wireless punya tiga pintasan pada masing-masing earbud yang dapat dikustomisasi; sentuh sebentar, sentuh dan tahan, serta double-tap. Menurut saya, sensor pada permukaan earbud masih kurang sensitif, sehingga terkadang harus mengulang atau menekan sedikit ekstra—yang terkadang jadi harus atur ulang posisi earbud di telinga.

Baca Juga :  ChatFoto Besutan Fujifilm dan DMMX, Edit dan Cetak Foto Via WhatsApp

Logitech secara serius berikan sertifikasi bisnis yang lengkap mulai untuk Microsoft Teams, Google Meet, Zoom, Webex Teams sampai BlueJeans. Apa kelebihannya? Selain dipastikan kompatibel dan berjalan optimal secara fungsi, pengguna juga bisa mengangkat panggilan masuk dari masing-masing platform saat Logitech Zone True Wireless tersambung ke komputer, langsung dari earbud.

Karena ternyata tak semua earphone TWS bisa secara pintar melakukan hal tersebut, sehingga kamu tak perlu tergesa-gesa meraih laptop atau komputer, kemudian mencari tombol terima panggilan. Selain mendukung multipoint connectivity, Logitech Zone True Wireless juga bisa terdeteksi otomatis saat disambungkan dengan smartphone Android.

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Alias mendukung baik Google Fast Pair maupun Windows Swift Pair. Bila dipasangkan ke iPhone, bisa juga, hanya perlu menekan dan tahan tombol pairing yang ada di dalam case untuk mengubahnya ke dalam mode pairing.

Oh ya, untuk organisasi atau perusahaan, Logitech sediakan software khusus agar tim IT bisa mengendalikan semua perangkat Logitech Zone True Wireless milik kantor secara jarak jauh, seperti pengaktifan fitur tertentu maupun pembaruan perangkat lunak—sebuah fitur yang lagi-lagi tak dimiliki oleh earphone khusus konsumen pada umumnya.

Kualitas Audio

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Kalau umumnya sebuah earbud dengan eartip punya driver berdiameter rata-rata 10mm, tidak dengan Logitech Zone True Wireless. Dibuat lebih besar di 12mm, secara teknis seharusnya bisa berikan output yang lebih menggelegar. Belum lagi dukungan codec seperti Qualcomm aptX yang bisa berikan aliran bitrate lebih tinggi.

Kalau dibandingkan dengan earphone Rp1 jutaan, output suara Logitech Zone True Wireless saat digunakan untuk mendengarkan musik cukup flat. Separasi tergolong baik, dan setiap instrument tak ada yang mendominasi. Ada preset equalizer yang bisa dipilih melalui aplikasi Logi Tune, tinggal disesuaikan dengan jenis atau karakter lagu sesuai selera.

Hanya saja, bila dibandingkan dengan earphone flagship lebih murah lainnya seperti Huawei FreeBuds Pro 2 dan Galaxy Buds2 Pro, bakal terasa kurang powerful. Serasa kurang nendang aja gitu, walaupun sudah set volume ke lebih tinggi. Kalau dibandingkan dengan Nothing Ear 1, kalah dalam dentuman bass, tapi unggul pada beberapa instrumen seperti vokal dan treble.

Baca Juga :  Fintech hingga Platform Olahraga, jadi Aplikasi Populer Selama Ramadan

Sejujurnya, ekspektasi saya untuk kualitas audio Logitech Zone True Wireless cukup rendah di awal, mengingat ini adalah earphone TWS perdana. Meski melampaui ekspektasi, sulit untuk tidak membandingkan dengan sejumlah opsi di atas yang jauh lebih baik, dengan harga hampir setengahnya.

Baterai

Dengan dimensi earbud yang cukup besar dan menonjol, Logitech Zone True Wireless bisa berikan masa penggunaan yang cukup awet. Untuk panggilan suara, diklaim bisa sampai 6 jam (atau 5 jam dengan ANC aktif). Sementara ketika mendengarkan musik, bisa sampai 10 jam (atau 6 jam dengan ANC aktif).

Durasi yang cukup oke untuk sebuah earphone premium kaya fitur, dan dari pengalaman saya, bisa sangat mendekati klaim yang telah disebutkan. Wireless charging case-nya sendiri bisa mengisi hingga penuh sampai dua kali siklus—artinya bisa sampai 18 jam telepon secara total.

Ya, mendukung standar Qi, kamu dapat mengisi daya Logitech Zone True Wireless secara nirkabel lewat wireless charger umum maupun sejumlah smartphone flagship seperti Nothing Phone 1, misalnya. Tentu lebih lama durasinya, menggunakan kabel saja memerlukan 2,5 jam. Namun setidaknya ada fast charging 5 menit untuk mendengarkan sampai 1 jam.

Kesimpulan

Logitech Zone True Wireless Earbuds

Ini adalah ulasan earphone TWS terpanjang yang pernah saya tulis—yah gimana, saking banyaknya fiturnya, terutama fitur-fitur khusus bisnis. Simpelnya, tanpa semua fitur ekstra tersebut, Logitech Zone True Wireless terasa setara dengan earphone Rp2 jutaan lainnya… yang dijual seharga dua kali lipat bahkan lebih. Kecuali sertifikasi IP68, ya.

Menurut saya pribadi, terasa kemahalan. Bahkan harga jual di luar masih sedikit lebih murah di USD299 atau kurang dari Rp4,5 juta, tak seperti situs resminya yang memasang harga sedikit di atas Rp5 juta. Alasan yang tepat untuk membeli Logitech Zone True Wireless adalah daya tahan baterainya yang memang awet, multipoint connection, sekaligus ekstra seperti dongle untuk sambungan super praktis ke komputer.