Logitech MX Mechanical, Keyboard Harga Rp2 Jutaan Khusus Produktivitas

California, Gizmologi – Didirikan sejak 1981, Logitech dikenal sebagai perusahaan yang bisa hadirkan aksesori berkualitas, khususnya untuk komputer. Dalam era di mana keyboard mekanik sedang banyak digaungi, dua seri Logitech MX Mechanical dihadirkan bersama dengan pembaruan dari tetikus (mouse) terbaiknya untuk para pekerja profesional.

Logitech MX Mechanical adalah keyboard dengan tuts mekanikal pertama yang dirilis oleh Logitech, sekaligus jadi yang paling premium. Kalau umumnya menyasar para pemain gim, seri terbaru ini hadir dengan fokus penggunaan untuk para kreator maupun mereka yang inginkan produktivitas tinggi, sembari ingin gunakan keyboard dengan tampilan yang lagi musim.

Sebelumnya, Logitech telah merilis MX Keys & MX Keys Mini yang dirancang dengan filosofi yang sama—namun berbeda dengan Logitech MX Mechanical & Mechanical Mini, tombol-tombolnya dibuat rendah dan tanpa rasa tactile yang memuaskan. Karena memang fokus pada desain, portabilitas dan kemudahan untuk mengetik secara cepat tanpa bunyi yang berisik.

Banyak Kustomisasi Lewat Logitech MX Mechanical

Logitech MX Mechanical

Secara kelas, Logitech MX Mechanical tidak hadir sebagai penerus, melainkan opsi alternatif walaupun harga lebih mahal. Masing-masing tombolnya menggunakan switch Kaihl Choc V2, dengan tiga jenis gaya tombol yang bisa dipilih sesuai selera; brown untuk kesenyapan tinggi, blue untuk rasa click maksimum, serta red yang lebih linear.

Keycap-nya sendiri memiliki dua warna, namun tetap netral karena dirancang agar tidak mencolok dalam penggunaan di dalam kantor. Dengan bahan 45% dari plastik daur ulang, travel distance pada Logitech MX Mechanical berukuran 19mm. Varian standar memiliki semua tombol yang diperlukan, sementara opsi varian mini hilangkan numpad untuk dimensi dan portabilitas lebih baik.

Logitech MX Mechanical

Keyboard Logitech terbaru ini tentu juga bisa dipasangkan dengan software Logi Options+, di mana pengguna bisa mengatur pintasan khusus, perangkat yang sudah dipasang (hingga tiga perangkat berbeda), serta efek lampu backlit. Logitech MX Mechanical punya sensor khusus agar lampu bisa menyala otomatis saat tangan mendekat ke keyboard.

Baca Juga :  Tablet Nokia T21 Hadir Kabulkan Tiga Permintaan Para Penggemarnya

Daya tahan baterai Logitech MX Mechanical sendiri bisa sampai 10 bulan (atau 15 hari dengan backlight otomatis menyala). Pengisiannya sendiri bisa dilakukan lewat USB-C, sementara penggunaannya sendiri bisa secara nirkabel lewat Bluetooth, maupun USB adapter yang tersedia dalam paket penjualan. Harga Logitech MX Mechanical dan versi Mini dibanderol USD169 & USD149, alias Rp2,4 jutaan & Rp2,1 jutaan.

Mouse Logitech MX Master 3S Cocok Untuk Monitor 8K

Logitech MX Master 3S

Selain keyboard mekanik pertamanya, Logitech juga rilis pembaruan untuk mouse yang punya kualitas tinggi untuk produktivitas. Yakni Logitech MX Master 3S, yang sesuai namanya, hadir untuk menggantikan versi MX Master 3 yang masih ada di pasaran saat ini. Apa saja perbedaannya?

Bukan pada desain, melainkan hardware di balik tombol serta sensor yang didukung. Punya kemampuan dua kali lebih baik, MX Master 3S mendukung sensor optik hingga 8,000 DPI, yang bisa digunakan di atas beragam permukaan seperti kaca. Plus, bisa digerakkan lebih responsif dengan monitor 4K hingga 8K.

Selain itu, tombol klik-nya juga dirancang 90% lebih senyap dibandingkan generasi sebelumnya, sembari punya tingkat presisi yang sama. Sisanya tetap sama, seperti teknologi scroll hingga 1,000 baris dalam waktu satu detik, plus side scroll wheel. Bakal dijual seharga Rp1,4 jutaan.