Logitech G x Tencent Garap Konsol Handheld Buat Cloud Gaming

Jakarta, Gizmologi – Jenama pembuat periferal Logitech baru-baru ini mengumumkan kerja samanya dengan Tencent untuk mengembangkan konsol handheld berbasis cloud gaming. Konsol yang akan mirip Nintendo Switch atau Steam Deck ini direncanakan akan hadir pada akhir tahun 2022.

Walau masih belum memiliki nama resmi, hardware kolaborasi Logitech dan Tencent ini akan disebut sebagai ‘Logitech G Gaming Handheld’. Mengutip keterangan resminya, konsol gaming ini bakal menggabungkan keahlian pengembangan hardware Logitech dan pengalaman software milik Tencent.

Untuk game-nya, nanti gamer dapat memainkan sejumlah judul game berbasis cloud. Karena itulah kedua perusahaan menyebut perangkat barunya ini sebagai handheld cloud gaming.

Konsol ini juga akan mendukung Xbox Cloud Gaming dan layanan GeForce Now Nvidia. Logitech dan Tencent juga bekerja sama dengan Microsoft dan Nvidia pada pengerjaan perangkat keras ini.

“Sebagai salah satu platform global terkemuka untuk pengembangan, penerbitan, dan operasi game, Tencent Games telah menjadi yang terdepan dalam inovasi dan itulah sebabnya kami bermitra dengan mereka,” ujar Salah satu Manager Umum Logitech G, Ujesh Desai, seperti dikutip GSM Arena, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Logitech MX Mechanical, Keyboard Mekanik Premium Untuk Setup Kantoran

Bocoran Desain Konsol Handheld Buatan Logitech G x Tencent

Tencent x Logitech G Cloud
Bocoran konsol Logitech x Tencent

Nantinya gamer hanya akan terhubung ke server untuk menjalankan game, lalu ditampilkan secara real time di layar perangkat. Menariknya, player tidak memerlukan konsol atau PC Windows mahal untuk dapat memainkan game berbasis cloud.

Di tahun 2020, Tencent juga sudah mendaftarkan paten atas rancangan handheld gaming buatannya. Tidak diketahui alasan mereka tidak melanjutkan proyek tersebut. Padahal Nintendo Switch saat ini masih jadi pemain tunggal di pasar handheld gaming.

Baca Juga :  Indosat Rilis Paket Umrah Haji Indosat untuk IM3 & Tri Kuota 20GB

Berbicara desain, konsol buatan Logitech dan Tencent akan lebih mirip Stream Deck dan PSP atau PS Vita. Jadi tidak ada bagian controler yang bisa dilepas dari layar seperti Joycon di Nintendo Switch.

“Sebagai seseorang yang tumbuh dewasa bermain video game, gagasan untuk dapat melakukan streaming dan memainkan game AAA hampir di mana saja sangat mengasyikkan, dan kami tidak sabar untuk menunjukkan kepada semua orang apa yang telah kami kerjakan.” Tutupnya Desai.

Apabila Logitech cukup serius untuk mewujudkan rencana ini, kemungkinan perangkat handheld gaming buatannya akan hadir pada akhir tahun 2022. Jadi Gizmo friends ada baiknya menabung untuk bisa membeli konsol satu ini.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News