LINE SIAGA Pamit, Tak Lagi Berikan Info Terbaru COVID-19

Jakarta, Gizmologi – Ketika pertama kali pandemi COVID-19 berlangsung, baik platform media sosial maupun berkirim pesan (messenger) berlomba untuk berikan kemudian akses terkait info terbaru. Salah satu platform populer, LINE saat itu hadirkan LINE SIAGA sebagai kontribusi awal. Namun selang dua tahun kemudian, akhirnya pamit undur diri.

Ini bukanlah layanan atau fitur dari LINE yang pertama kali ditutup. Sebelum LINE SIAGA, ada LINE Today dan layanan OpenChat yang juga sama-sama pamit undur diri dari para penggunanya di Indonesia. Alasannya? Untuk lebih fokus ke layanan-layanan baru yang kini ditawarkan oleh beragam jenis konsumen. Salah satunya seperti layanan bank digital, LINE Bank.

Baca juga: Susul LINE Today, Layanan LINE OpenChat Indonesia Tutup 20 Juli

Yang pasti, bukan karena jumlah penggunanya yang kian sedikit. Dikutip dari BusinessofApps, Indonesia masih termasuk dalam salah satu dari empat negara dengan pengguna terbanyak, selain Jepang, Taiwan dan Thailand. Dengan setidaknya 178 juga pengguna aktif bulanan, terhitung di tahun 2021. 75% di antaranya adalah pengguna di empat negara tersebut.

Berhenti Akibat Perpindahan Fokus Perusahaan

LINE SIAGA - 002

Informasi terkait dihentikannya layanan informatif LINE SIAGA disampaikan langsung dari akun resminya, yang bisa Gizmo friends akses langsung lewat aplikasi LINE semudah menambahkan akun atau teman baru. Lewat unggahan yang baru muncul siang ini, diberitahukan alasan mengapa layanan tersebut tak lagi dilanjutkan oleh pihak resmi.

“Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, LINE terus berinovasi untuk mengembangkan diri ke arah teknologi baru seperti teknologi keuangan atau fintech, AI, blockchain dan NFT. Untuk lebih fokus ke bisnis baru ini, kami LINE Indonesia dengan berat hati memutuskan untuk menutup layanan LINE SIAGA mulai hari ini (8/8).”

Baca Juga :  Samsung Rilis Galaxy Buds 2 Onyx, Warna Baru dengan 360 Audio

Dalam satu jam postingan tersebut diunggah, sudah ada ratusan pengguna LINE yang berikan respon terhadap akun LINE SIAGA yang resmi undur diri. Dalam bulan lalu, akun tersebut masih tergolong sangat informatif. Tak hanya informasikan pembaruan terkait COVID-19, namun juga berita kesehatan lain seperti cacar monyet atau monkeypox yang sedang banyak diberitakan belakangan ini.

LINE SIAGA Pertama Hadir Maret 2020

LINE SIAGA - 002

Meski begitu, akun LINE SIAGA juga sempat vakum dalam waktu yang cukup lama. Bila melihat linimasa unggahan postingannya, terdapat jarak yang cukup lama dari akhir Januari 2021, hingga mulai aktif kembali Juli 2021, ketika ada informasi terkait PPKM Darurat. Saat itu, LINE SIAGA berikan panduan lengkap untuk isoman dan informasi terkait varian virus terbaru.

Layanan LINE SIAGA sendiri merupakan inisiatif dari LINE Indonesia yang diperkenalkan sejak 16 Maret 2020. Tujuan utamanya adalah membagikan informasi resmi terkait informasi COVID-19, yang diturunkan langsung dari Kemenkes RI. Setelah pertama kali diluncurkan, ada beberapa pembaruan tampilan dan informasi yang dihadirkan untuk kelengkapan informasi.

Mulai dari Hotline COVID-19, informasi terkait kapasitas rumah sakit, gempa bumi, sampai statistik pertumbuhan pasien virus Corona tersebut. Walau sudah dihentikan, saat ini pintasan seperti portal telemedisin untuk isoman, faskes vaksinasi dan statistik COVID-19 masih bisa diakses dari halaman depan LINE SIAGA yang sudah ditambahkan oleh setidaknya 400 ribu pengguna.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News