Susul LINE Today, Layanan LINE OpenChat Indonesia Tutup 20 Juli

Jakarta, Gizmologi – LINE kembali mengumumkan kabar kurang menyenangkan. Sebab layanan LINE OpenChat akan mulai berhenti beroperasi per 20 Juli 2022 mendatang.

Penutupan LINE OpenChat diumumkan secara langsung melalui situs resminya. “Per tanggal 20 Juli 2022, layanan OpenChat Indonesia akan dihentikan.”

“Pengguna yang selama ini menggunakan OpenChat untuk bertukar pesan dengan teman dan keluarga, tidak bisa lagi menggunakan layanan ini,” tulis LINE seperti dikutip Gizmologi, Selasa (28/6/2022).

Country Manager LINE Indonesia, Fanny Verona juga mengkonfirmasi hal tersebut. Dirinya, mengungkapkan alasan penutupan layanan LINE OpenChat, sejalan dengan keputusan strategis LINE yang akan berfokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia.

“Kami pun tetap berkomitmen untuk pasar Indonesia dan para pengguna LINE di Tanah Air akan tetap bisa menggunakan aplikasi LINE sama seperi sebelumnya,” lanjutnya.

Keputusan Menutup LINE OpenChat

Line Openchat
Line OpenChat

LINE OpenChat sejatinya merupkan ruang komunikasi berbasis komunitas yang diluncurkan pada 2017. Layanan ini menjadi wadah bagi pengguna Line yang punya kesamaan minat dan hobi agar bisa saling berinteraksi, meski tidak punya kontak pribadi.

OpenChat mampu menampung grup besar berisi 200.000 member. Di dalam grup besar tersebut terdapat grup chat atau disebut pula dengan subchat yang mampu menampung hingga 5.000 anggota.

Pengguna Line OpenChat di Indonesia tergolong cukup banyak, bahkan hingga Desember 2020 sudah memiliki 18 juta anggota di Tanah Air. Awal 2021, LINE OpenChat mengklaim telah berhasil menghimpun 850 ribu grup komunitas dengan 100 juta chat tiap bulannya.

Baca Juga: LINE Today Berhenti Beroperasi 6 Juli, Ubah Haluan ke Fintech

Sayangnya, layanan ini harus diberhentikan. Penutupan Line OpenChat ini berdekatan dengan pengumuman ditutupnya layanan Line Today yang akan dimatikan pada 6 Juli mendatang.

Baca Juga :  Waduh, Data BIN yang Berisi Surat Rahasia untuk Presiden Jokowi Ikutan Bocor!

“Beberapa layanan, termasuk aplikasi standalone kami akan tetap beroperasi sama seperti sebelumnya, seperti aplikasi Line dan layanan komunikasi lainnya (termasuk stickers), Line Bank, Line Webtoon, Line Game, Bisnis Fintech seperti Line Split Bill, dan Timeline (atau Line Voom),” jelas Fanny beberapa waktu lalu.