Ikuti Tren Fintech, LINE Bank Rambah Layanan Pinjaman Online di Aplikasi

Jakarta, Gizmologi – Bank digital besutan Bank KEB Hana Indonesia, LINE Bank meluncurkan fitur semacam layanan pinjol (pinjaman online) yaitu Pinjaman Quick Credit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Nasabah LINE Bank bisa mendapatkan pinjaman hingga limit Rp 100 juta secara online.

Consumer Banking Director Bank KEB Hana Indonesia Anton Hermawan mengatakan, layanan ini menjawab kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas pinjaman cukup besar. Namun, masyarakat kerap mendapatkan kesulitan saat meminjam dari dari bank konvensional.

“Kehadiran fitur pinjaman ini diharapkan mampu memberikan akses yang lebih mudah dalam mengajukan kredit, melalui proses yang seluruhnya berbasis ekosistem digital,” ujar Anton dalam keterangannya, Rabu (13/7).

LINE Bank menawarkan layanan perbankan, yaitu simpanan, deposito, dan pembayaran sejak hadir tahun lalu. Bank digital ini juga mendukung pembayaran melalui kode quick response standar (QRIS).

Selain itu, LINE Bank memperluas mitra pembayaran di dalam aplikasi menjadi 40 mitra, mulai dari pengisian dompet digital, pembayaran utilitas, pembelian tiket, pembayaran asuransi, dan pembayaran kartu kredit.

Head of Loan Product PT Bank KEB Hana Indonesia Emmanuela Chrisanti, mengatakan untuk tahun pertama, peluncuran fitur ini akan fokus menyasar wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. “Ke depan akan ada lebih banyak kota-kota besar yang kami jangkau.”

“Program ini diharapkan bisa membantu lebih banyak orang, tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan finansial dan gaya hidup mereka, tapi juga bagaimana mengelola keuangan secara bertanggung jawab,” tambahnya.

Fitur Pinjol di LINE Bank

Sebelumnya, LINE memutuskan untuk mengubah haluan bisnisnya ke sektor teknologi keuangan alias fintech. LINE terlebih dulu mengakhiri operasi LINE Today di Indonesia pada 6 Juli 2022.

LINE Bank sendiri bukan nama baru di dalam deretan bank digital. Sejak diluncurkan tahun 2021 lalu di Indonesia, LINE Bank oleh Hana Bank telah mendukung pembayaran melalui QRIS.

Baca Juga :  Begini Cara Hadapi Volatilitas Market Crypto Versi Pintu

Selain itu, LINE Bank juga memperluas mitra pembayaran di dalam aplikasi LINE Bank, yang kini menjadi 40 mitra pembayaran mulai dari pengisian e-Wallet, pembayaran utilitas, pembelian tiket, pembayaran asuransi dan pembayaran kartu kredit.

Tentu kehadiran fitur pinjaman online menambah ragam opsi perbankan digital di Indonesia. Pada Juni 2021, MNC Bank melalui bank digital MotionBanking juga mengumumkan kerja samanya dengan Atome Financial untuk menyediakan layanan pinjaman tunai dan pay later.

Bank digital lainnya yakni Bank Jago dan Allo Bank juga berencana meluncurkan layanan pinjol secara langsung lewat platform. Hal yang sama juga dilakukan Bank Neo Commerce dengan meluncurkan tiga fitur pinjaman digital, yaitu kredit cicilan (cash installment), payday loan (instant cash), dan pay later, di aplikasi Neobank dan Akulaku.