LG Sukses Uji Coba Jaringan 6G THz, Siap Dikomeraslisasikan

Jakarta, Gizmologi – LG Electronics (LG) berhasil melakukan uji coba atau demonstrasi data jaringan 6G terahertz (THz) pada Rabu (7/9) lalu di Fraunhofer Heinrich Hertz Institute (HHI), Berlin, Jerman. Dalam demonstrasi tersebut LG berhasil mencatatkan perpindahan data wireless pada jarak 320 meter dengan rentang frekuensi 155 hingga 175 GHz.

Uji coba dilakukan di ruang terbuka dan tertutup, sekaligus menjadi simulasi bagi ruang publik yang memiliki rentang coverage sekitar 250 meter. Keberhasilan uji coba jaringan 6G tersebut menjadikan progres signifikan setelah sebelumnya tim riset mereka ‘hanya’ berhasil mencatatkan perpindahan data pada jarak 100 meter di ruang terbuka.

“Dengan kesuksesan demonstrasi terakhir ini, kami makin dekat untuk merealisasikan jaringan 6G pada kecepatan 1 terabit (TB) per detik di ruang tertutup dan terbuka pada area publik,” ujar Dr. Kim Byoung-hoon, CTO dan executive president LG Electronics, dikutip dari lgnewsroom.com. “LG akan melanjutkan kerjasama dengan institusi riset dan inovator industri untuk memastikan keunggulan teknologi 6G lebih jauh,” lanjut Dr. Kim.

LG berencana untuk mengumumkan hasil demonstrasi jaringan 6G lebih lengkap pada ajang 6G Grand Summit pada 23 September mendatang, bertempat di LG Science Park, Seoul, Korea Selatan. Perusahaan akan menyelenggarakan acara berkolaborasi dengan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Korea Research Institute of Standards and Science (KRISS).

Baca juga: Ikuti Samsung, LG Bakal Rilis NFT di Smart TV

Jaringan 6G Akan Segera Dikomersialisasikan

jaringan 6G

Sebagai perusahaan yang juga bergerak di bidang jaringan komunikasi mobile, LG memang terus berupaya untuk mengembangkan kemampuan jaringan 6G milik mereka. Meskipun saat ini, publik baru mulai menikmati kemampuan jaringan 5G, tapi tidak lama lagi 6G akan mengisi bagian dari fitur jaringan secara global melalui forum diskusi yang akan dilakukan pada 2025 mendatang.

Baca Juga :  Bantu Komunikasi Bisnis UKM, Indosat Ooredoo Hutchison-VOXOX Hadirkan Cloud Voice

Diskusi mengenai standarisasi jaringan 6G akan menjadi bagian dari langkah perusahaan sebelum nantinya jaringan ini akan disahkan penggunaannya secara komersial mulai tahun 2029. Apalagi dibandingkan dengan 5G, kemampuan 6G jelas lebih baik berkat kecepatan tinggi namun dengan latensi rendah dan reliabilitas tinggi.

Perusahaan teknologi jaringan lain pun terus berlomba menguji kemampuan 6G mereka untuk menjadi yang terbaik. Pengujian dilakukan, terutama untuk penggunaan di area yang lebih luas dan dapat dimanfaatkan banyak pengguna secara bersamaan.