Lenovo Legion Y70 Jadi Smartphone Gaming Tipis Harga Rp6 Jutaan

China, Gizmologi – Setelah dulunya pernah akuisisi Motorola, Lenovo tetap hadirkan opsi smartphone terbaru dengan merek sendiri. Salah satu yang diunggulkan adalah lini perangkat gamingnya, Legion. Dan kali ini Lenovo Legion Y70 hadir bawa tampilan yang kurang lumrah, sekaligus membawa spesifikasi terbaik untuk smartphone gaming 2022.

Mengapa kurang lumrah? Bila Gizmo friends perhatikan, smartphone gaming umumnya tampil dalam karakteristik desain cukup kuat atau nyentrik. Sebut saja ROG Phone 6, sampai yang lebih terjangkau seperti POCO F4 GT. Sementara desain Lenovo Legion Y70 jauh dari nyentrik, justru cenderung terlihat seperti smartphone kelas menengah lainnya.

Baca juga: Review POCO F4 GT: Flagship Premium dengan Tombol Khusus Gaming

Bila smartphone ini tersedia global, mungkin bisa jadi pilihan pas bagi para gamer yang inginkan perangkat dengan desain lebih generik. Lenovo Legion Y70 tampil membawa profil yang sangat tipis, hanya 7,99mm. Tampil dalam tiga warna berbeda, dengan opsi warna merah yang punya dua aksen berbeda.

Selain tipis, bodi Lenovo Legion Y70 terbuat dari material premium. Kombinasi dari aluminum sekelas pesawat terbang, plus bagian frame yang terbuat dari metal ukiran CNC. Membuatnya tetap kokoh walau berdimensi sangat tipis.

Kamera Lenovo Legion Y70 Cukup Superior

Lenovo Legion Y70

Tampil sederhana, layar Lenovo Legion Y70 bawa spesifikasi cukup garang dengan keempat bezel yang terlihat simetris—setidaknya dalam sejumlah foto render resmi. Dimensinya 6,67 inci dengan panel OLED full HD+. Yang tergolong hebat, sudah mendukung refresh rate hingga 144Hz plus touch sampling rate sampai 1500Hz. Berikan responsivitas sentuhan terbaik.

Lenovo tak sebutkan peletakan sensor sidik jarinya, sehingga diperkirakan bakal disematkan di samping seperti flagship POCO. Kamera depan smartphone ini gunakan jenis punch-hole, beresolusi 16MP. Sementara di belakang, setup yang digunakan cukup bisa dibanggakan.

Baca Juga :  Kartu Lexar CFexpress Type-A Seri GOLD, Tercepat di Dunia!

Lewat kombinasi tiga sensor berbeda, kamera Lenovo Legion Y70 beresolusi 50MP dengan sensor besar 1/1,55 inci dan stabilisasi OIS + EIS. Sementara dua lainnya tergolong umum di kelasnya, yakni masing-masing 13MP ultra wide-angle serta 2MP depth sensor.

Punya Sistem Pendingin & Baterai Besar

Lenovo Legion Y70

Beralih ke bagian yang membuat Lenovo Legion Y70 menarik. Meski tipis, Lenovo menyebutkan telah berhasil sematkan solusi pendingin berbasis hardware sampai 10 lapis, dalam ketebalan 0,55mm saja. Vapor chamber-nya diklaim paling luas di kelasnya, sehingga bisa sebar dan redam panas lebih optimal dari semua komponen di dalamnya.

Lenovo juga sudah gunakan cip Snapdragon 8 Plus Gen 1 untuk Lenovo Legion Y70, dipadukan dengan RAM LPDDR5 hingga 16GB dan penyimpanan UFS 3.1 hingga 512GB. Sementara untuk baterai, kombinasi yang digunakan cukup menarik. Secara pengisian daya, mungkin memang bukan yang terkencang dengan 68W fast charging. Namun baterai Lenovo Legion Y70 tergolong besar, yakni 5,100 mAh, apalagi pada bodi yang sangat tipis.

Lenovo Legion Y70

Smartphone ini jalankan ZUI 14 berbasis Android 12. Harga Lenovo Legion Y70 sendiri cukup terjangkau, yakni mulai dari CNY2970 (Rp6,4 jutaan) untuk varian 8+128GB, sampai CNY4270 (Rp9,3 jutaan) untuk versi tertinggi 16+512GB. Dan seperti ROG, Lenovo sediakan sejumlah aksesori tambahan seperti trigger ekstra, case pelindung yang juga berfungsi sebagai pendingin dan lainnya.