Lepas dari Huawei, Leica Kini Pindah ke Pelukan Xiaomi

Beijing, Gizmologi – Ada pertemuan, ada perpisahan. Begitu pun dengan Huawei dan Leica yang menjalin hubungan sejak 2016 silam. Keduanya telah berkolaborasi menghadirkan kamera terbaik untuk ponsel flagship Huawei. Tak bisa dimungkiri, keberadaan Leica telah berhasil mengangkat merek Huawei di level premium.

Namun, derdasaran laporan yang dikutip dari Gizchina, kemitraan antara Huawei dan Leica telah berakhir dan tidak ada yang memperbarui kontrak tersebut. Tak butuh waktu lama, setelah putus dengan Huawei, Leica langsung menemukan tambatan hatinya.

Hari ini (23/05), Xiaomi mengumumkan kerja sama strategis dalam mobile imaging dengan Leica Camera. Xiaomi tertarik dengan perusahaan legendaris yang memiliki  tradisi panjang dalam hal kualitas, teknologi inovatif dan craftmanship khas Jerman.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Gizmologi, Xiaomi dan Leica disebut memiliki kesamaan ide terkait pencitraan fotografi mobile. Di mana kedua perusahaan antusias untuk terus mengeksplorasi kemampuan optik dan pengalaman fotografi di era pencitraan fotografi mobile lewat terobosan teknologi dan tuntutan estetik.

Segera rilis smartphone flagship Xiaomi Leica

Xiaomi LeicaLei Jun, Pendiri dan Chairman dan CEO Xiaomi Group mengatakan Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna yang terbaik dan terus berharap untuk dapat membawa kemampuan fotografi smartphone ke arah yang lebih ekstrim. Xiaomi dan Leica memiliki kesamaan ide dan pendekatan dalam hal ini sekaligus mengapresiasi keunggulan di bidangnya masing-masing.

Kerja sama ini akan menjadi dorongan hebat untuk strategi Xiaomi dalam hal pencitraan foto. Lewat kerja sama ini, berbagai hal seperti desain optik, orientasi estetik, teknologi inovatif, filosofi produk dan prerensi pencitraan foto dari kedua pihak akan menghadirkan kolaborasi dan perpaduan yang hebat,” kata Lei Jun.

Sementara CEO Leica Camera AG, Matthias Harsch, mengatakan pengumuman kerja sama strategis jangka panjang dengan Xiaomi hari ini merupakan sebuah kehormatan bagi perusahaan. Leica dan Xiaomi adalah brand premium global dan lewat proses kerja sama mendalam ini, kedua pihak telah berhasil menghadirkan sebuah era baru fotografi mobile.

Baca Juga :  Review realme GT NEO 3 150W: Flagship Kencang, Trendsetter Teknologi Fast Charging

“Kami yakin kehadiran produk smartphone flagship yang dikembangkan bersama ini akan menjadi wujud terobosan yang meningkatkan kedua perusahaan. Kami berkomitmen untuk menghadirkan kualitas gambar menakjubkan,estetika klasik Leica, kreativitas tak terbatas, dan membuka era baru bagi konsumen fotografi mobile,” kata Matthias.

Smartphone imaging flagship pertama yang dikembangkan kedua perusahaan rencananya akan diluncurkan pada Juli tahun ini. Meski demikian, masih belum diketahui secara pasti apa produk pertama yang akan diluncurkan tersebut. Sejumlah rumor yang beredar menyebutkan bahwa kemungkinan Xiaomi 12 Ultra akan memakai teknologi Leica.