Layanan Google Kompak Tumbang Akibat Insiden di Pusat Data AS

Jakarta, Gizmologi – Layanan Google kompak mengalami masalah dan tidak bisa diakses. Hal itu diketahui dari sejumlah keluhan netizen dari berbagai negara lewat media sosial Twitter.

Melansir laman Downdetector, keluhan terhadap layanan Google mengalami peningkatan sejak pukul 8 pagi. Total ada 30.233 laporan pada pukul 8.30 pagi waktu setempat.

Mereka mengeluhkan tidak bisa melakukan pencarian di laman Google Search baik di desktop maupun ponsel. Keyword Google pun sempat menjadi Trending Topic di Twitter.

“The server encountered an error and could not complete your request,” demikian hasil yang muncul usai mengetikkan keyword di laman pencarian Google, Selasa (9/8/2022).

Selain tidak bisa mengakses laman penelusuran Google maupun YouTube, mereka juga mendapatkan kode 500. Tampilan kode tersebut biasanya menandakan ada masalah pada server dan bukan terjadi pada mesin browser, perangkat atau koneksi internet pengguna.

Hingga berita ini ditayangkan, Google belum mengungkap penyebab terjadinya masalah ini, termasuk dampak yang ditimbulkan dari masalah ini. Namun dari sejumlah laporan, ada beberapa pengguna yang mengaku sudah bisa mengakses Google Search kembali.

Dari pantauan, ada 80% penggguna melaporkan Google down dimana mereka tidak mengakses mesin pencarian. Lalu, ada 45% pengguna mengaku tidak bisa masuk ke layanan Gmail dan Google Maps.

Seperti dikeluhkan para netizen, mayoritas laporan yang masuk mempermasalahkan kendala dalam pencarian dan akses situs web. Laporan didominasi dari Jakarta, Surabaya, serta beberapa pengguna di Amerika, Australia dan juga Jepang.

Baca Juga: Wacana Menkominfo Buat Search Engine Sendiri, Ada yang Bikin Gatotkaca

Layanan Google Tumbang Dipicu Insiden di Pusat Data AS

Layanan Google Down

Melansir dari laporan media lokal di Iowa, Omaha World-Herald, sedikitnya tiga orang mengalami luka bakar serius setelah “insiden kelistrikan” di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa, AS.

Jim Wood, asisten kepala Departemen Pemadam Kebakaran Council Bluffs, mengatakan pihaknya telah mengirim tim ke pusat data pada pukul 11:59 waktu setempat untuk melaporkan “insiden listrik” di kompleks itu. Namun, Wood tidak mengonfirmasinya secara spesifik. “Itu pasti semacam masalah listrik,” ujarnya.

Adapun kompleks Google, terletak di dekat Taman Negara Bagian Danau Manawa, dan menjdai salah satu pusat data terbesar perusahaan. Kompleks ini adalah markas bagi ratusan superkomputer berteknologi tinggi yang digunakan untuk menyimpan dan memproses informasi dalam jumlah besar.

Seorang juru bicara Google Devon Smiley, kepada televisi lokal di Iowa KETV, dan situs berita SFGate, membenarkan insiden itu. Namun, ia belum menjelaskan kaitannya dengan isu Google down sedunia hari ini.

“Kami mengetahui insiden listrik yang terjadi hari ini di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa, melukai tiga orang di lokasi yang sekarang sedang dirawat,” sebut pernyataan itu.

“Kesehatan dan keselamatan semua pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan mitra dan otoritas lokal untuk menyelidiki situasi secara menyeluruh dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan,” lanjutnya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News


Baca Juga :  Tiga Komitmen Indonesia Sebagai Anggota Dewan ITU