Tips Mengurangi Ukuran Foto dan PDF Untuk Persyaratan Pendaftaran

Memasuki era serba digital, kini masyarakat tak lagi perlu untuk mengirim dokumen berupa kertas dengan biodata maupun foto dalam ukuran paspor untuk proses pendaftaran. Melalui file digital, prosesnya menjadi lebih mudah. Mulai dari data organisasi swasta sampai data pemerintah, kini dapat diproses secara digital, termasuk proses pendaftaran dan melalui aplikasi.

Selain kemudahan akses termasuk dari beberapa workstation, data yang disimpan secara digital juga dapat meminimalisir risiko hilang, karena tersimpan ke dalam server atau platform penyimpanan berbasis cloud. Namun begitu, ada tantangan tersendiri terkait data yang disimpan dalam file digital. Salah satunya adalah ukuran file PDF dan foto dalam portal pendaftaran.

Untuk mengatasi halangan tersebut, ukuran dokumen perlu dikurangi supaya lebih mudah diunggah ke portal tertentu. Nah, berikut adalah sejumlah tips praktis untuk membantu Gizmo friends mengurangi ukuran foto dan PDF secara efektif untuk persyaratan pendaftaran dan lainnya.

Cara Perkecil Ukuran PDF

ilustrasi memperkecil ukuran foto & pdf
ilustrasi memperkecil ukuran foto & pdf (Sumber: freepik/DCStudio)

Ada beberapa cara atau tips yang praktis dan mudah diterapkan untuk membantu Gizmo friends memperkecil ukuran PDF. Dengan begitu, file tersebut bisa lebih layak alias mudah untuk diunggah ke portal pendaftaran online.

Menggunakan Kompresor PDF Online yang Efisien

Cara yang satu ini tentunya perlu dicoba bagi Gizmo friends yang ingin mencoba cara terbaik dan termudah untuk perkecil ukuran PDF, yakni menggunakan kompresor PDF yang efisien. Selain ukuran dokumen yang lebih kecil dan tidak mempengaruhi kualitas, makna efisien di sini adalah alat yang bisa menjaga kerahasiaan data yang diunggah.

Lewat metode ini, kamu dapat memperkecil ukuran PDF hingga menjadi sekian ratus kilobytes (KB) saja. Caranya hanya dengan mengunggah file PDF ke kompresor PDF, kemudian lakukan proses kompresi untuk perkecil ukuran file. Setelah itu, kamu dapat mengimpor file PDF tersebut dari platform seperti Google Drive maupun Dropbox.

Baca Juga :  Cara Cek Spek Laptop atau PC Tanpa Aplikasi

Menghapus Spasi di Dokumen yang Tak Perlu

Mungkin kamu belum tahu kalau adanya banyak spasi di dalam sebuah dokumen PDF, juga mempengaruhi ukuran file yang lebih besar. Meski terkadang memang dibutuhkan untuk memenuhi format tertentu (seperti antar paragraph individu dan elemen lainnya), disarankan untuk tidak mengosongkan setengah halaman.

Spasi yang ada di dalam sebuah dokumen PDF dianggap sebagai karakter menurut standar sistem ASCII & Unicode. Sehingga perlu dipastikan untuk tidak ada spasi berlebihan dalam sebuah file. Jadi kamu bisa memastikan lebih dulu bila sebuah dokumen tidak perlu memiliki ruang spasi yang berlebihan.

Jika kamu menemukan beberapa halaman setengah kosong, ada baiknya untuk dihapus dari file PDF lebih dulu. Metode ini dapat mengurangi ukuran file PDF secara signifikan.

Cara Mengurangi Ukuran Foto

ilustrasi memperkecil ukuran foto & pdf

Selain file dalam format dokumen PDF, umumnya sebuah portal pendaftaran juga memerlukan kamu untuk mengunggah file dalam format foto. Ini juga menjadi tantangan tersendiri, karena foto yang diambil dari smartphone masa kini pun cenderung punya ukuran cukup besar. Berikut beberapa cara efektif untuk perkecil ukuran foto.

Menggunakan Kompresor Foto Praktis

Tentu saja, seperti mengecilkan file PDF, kamu juga bisa mengecilkan ukuran foto secara signifikan lewat bantuan kompresor foto, sebelum mengunggahnya ke portal pendaftaran. Dengan menggunakan metode seperti itu, kamu dapat kompres foto dengan ukuran yang sesuai kebutuhan.

Pastikan saja kompresor yang digunakan tidak terlalu mempengaruhi kualitas foto, setidaknya tidak sampai membuat wajah terlihat buram dan menjadi tidak diterima dalam proses pendaftaran. Cukup unggah atau impor foto dengan fokus wajah, dan kompres agar bisa mengurangi ukurannya. Bisa digunakan untuk lewat semua perangkat.

Baca Juga :  Timnas PUBG Mobile Indonesia Bungkus Medali Emas di SEA Games Vietnam

Ubah Resolusi Kamera

Cara lain yang juga tidak kalah efektif dalam mengecilkan ukuran gambar, adalah dengan mengubah resolusinya. Mengingat smartphone masa kini memiliki resolusi kamera yang tinggi, portal pendaftaran tak memerlukan foto beresolusi terlalu besar. Setidaknya tampilan wajah sudah cukup jelas.

Ada beberapa cara untuk mengubah resolusi foto atau gambar. Baik dengan menggunakan aplikasi seperti Paint di Windows, maupun secara daring. Di mana kamu perlu mengunggah file, kemudian mengatur preferensi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sehingga ukuran foto bisa berkurang secara signifikan.

Kesimpulan

Dengan portal pendaftaran yang semakin ke sini semakin banyak menggunakan protokol daring alias online, tak jadi masalah besar kalau kamu sudah mengetahui cara untuk mengurangi ukuran foto dan file PDF. Berbagai metode untuk mengurangi ukuran memang sejatinya tidak begitu rumit. Seperti yang bisa kamu terapkan melalui sejumlah tips di atas, yang memiliki proses cukup mudah.