Kolaborasi Kredivo & Ramayana Perluas Layanan Paylater ke Sektor Ritel Fesyen

Jakarta, Gizmologi – Meski metode berbelanja daring melalui e-commerce sudah menjadi kebiasaan banyak masyarakat modern, tidak sedikit di antara mereka yang lebih memilih berbelanja luring atau tatap muka. Memilih untuk berbelanja fesyen ke toko ritel seperti Ramayana maupun lainnya yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan besar.

Demi perluas akses layanan keuangan berbasis digital, Kredivo kali ini resmi bekerja sama dengan Ramayana sebagai salah satu pemain ritel terkuat, terutama di kota tier 2 dan 3. Kerja sama tersebut bakal hadirkan opsi pembayaran digital termasuk Paylater di seluruh gerai Ramayana. Diharap dapat membantu akselerasi ekonomi daerah.

Dari data internal yang berhasil dihimpun oleh pihak Kredivo, pengguna layanan Paylater di area tier 2 & 3 naik 52% di semester pertama tahun ini, dibandingkan periode yang sama di 2021. Sementara laporan dari Alpha JWC juga menyebutkan bila dua tier kota tersebut diprediksi bakal menjadi penyumbang terbesar untuk pendapatan per kapita di 2030, dengan kontribusi 49-51%.

Baca juga: Transaksi Digital Makin Inklusif, Paylater Lebih Diminati Generasi X

Layanan Kredit Digital Kredivo Bakal Tersedia di 100+ Gerai Ramayana

Konferensi Pers Virtual Kredivo x Ramayana

Tidak heran bila akhirnya Kredivo menunjuk Ramayana sebagai rekan kerja sama terbarunya kali ini. Masih dari data pengguna Paylater, pembelanjaan produk kategori fesyen menduduki peringkat pertama dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 & 3. Disusul oleh produk makanan dan produk kesehatan.

Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo mengatakan lewat sebuah kesempatan daring (25/8), “Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kita ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana.”

Baca Juga :  Integrasikan 43 Ribu Sites Jaringan Indosat dan Tri, IOH Pakai Teknologi MOCN

Saat ini, tercatat setidaknya sudah ada 101 gerai Ramayana yang tersebar di seluruh Indonesia, di mana pengguna Kredivo bisa memanfaatkan pembayaran Paylater. Khusus pengguna baru, akan ada promo seperti potongan langsung Rp50 ribu tanpa minimal transaksi. Sementara pengguna lama bisa mendapat potongan yang sama dengan minimum transaksi Rp250 ribu di Ramayana, hingga akhir September 2022.

Integrasi Layanan Keuangan Digital Penting Untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Paylater Kredivo

Tentunya pihak Ramayana menyambut baik kolaborasi bersama Kredivo kali ini. Menurut Alexander A. Tumbel, Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division Ramayana, perlu dihadirkan pengalaman baru untuk konsumen, termasuk integrasi online dan offline yang bisa hadir sebagai kunci untuk terus penuhi kebutuhan konsumen terutama di bidang ritel.

Ramayana siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggannya dengan hadirkan lebih banyak pilihan pembayaran. Metode belanja ke toko ritel sendiri juga bakal terus memiliki peminat. Terutama dengan adanya rasa jenuh masyarakat yang selama ini berdiam di rumah selama pandemi melanda.

Setyadi Surya, Direktur Eksekutif APRINDO menjelaskan, pelaku ritel offline perlu berinovasi untuk permudah akses belanja, termasuk dengan layanan keuangan kredit digital yang mudah dan fleksibel sehingga bisa jangkau seluruh lapisan masyarakat. Adanya kemitraan antara kedua pihak kali ini bisa saling meningkatkan potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.