Tips Maksimalkan Komputer Kelas Bawah untuk Gaming

Selama ini, bermain game PC selalu dikaitkan dengan komputer kelas atas yang memiliki spesifikasi mumpuni. Tentu buat kamu yang punya bujet berlebih itu bukan masalah, tapi bagaimana dengan yang punya komputer kelas bawah?

Hampir semua produsen komputer dengan berbagai brand paling populer di dunia bersaing ketat meluncurkan berbagai jenis laptop dan PC yang memiliki sejumlah spesifikasi yang cocok untuk para pecinta game. 

Baca juga: Plus-Minus Bikin Daftar Tugas Pakai Kertas atau Digital

Apakah komputer kelas bawah alias yang memiliki spesifikasi rendah kurang mumpuni untuk bermain game? Apakah game juga dapat dimainkan dengan lancar dengan menggunakan komputer kelas bawah? Jawabannya tentu saja iya bisa, asalkan kamu dapat menerapkan 5 tips penting berikut ini:

1. Perbarui Driver Kartu Grafis

nvidia agx orin jetson

Kartu grafis adalah salah satu kunci utama dalam bermain game di komputer yang biasanya diproduksi oleh perusahaan seperti NVIDIA dan AMD.  Nah, jika kebetulan kartu grafis yang Anda miliki adalah biasa-biasa saja, jangan berkecil hati dulu, sebab Anda ternyata dapat bermain game dengan lancar dan tidak hambatan.

Caranya adalah dengan terus memperbarui driver pada kartu grafis Anda. Driver terbaru yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan produsen ini juga biasanya mengandung perbaikan bug dari segala arah dan dihadirkan untuk bisa memainkan game-game keluaran terbaru. 

2. Mainkan Saja Game-Game Ringan

Tidak perlu memaksakan diri untuk memainkan game AAA yang pasti tidak kuat dengan spesifikasi komputer. Ada begitu banyak jenis game ringan yang tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni seperti Solitaire, Freecell, GTA: San Andreas atau game-game emulator.

Baca Juga :  Telkomsel & XL Axiata Tertarik Ikut Lelang Pita Frekuensi 2,1GHz

Game-game tersebut sangat simpel dan sederhana dengan kapasitas yang sangat kecil yang tidak perlu kualitas grafis tinggi, yang bahkan dapat dimainkan dengan sebuah perangkat komputer yang hanya memiliki RAM bahkan 1 GB dan prosesor 2.0 GHz serta VGA Intel HD Graphics 3000 saja. 

PC Case Gaming Corsair
PC Case Gaming Corsair

3. Gunakan Aplikasi Game Booster

Meskipun cara ini kurang populer di kalangan para gamer, namun terbukti cukup efektif. Game booster ini ternyata mampu mengoptimalkan penggunaan RAM saat bermain game-game yang berat, dan gratis untuk di download. 

Cara kerja aplikasi ini juga cukup sederhana, dimana aplikasi ini secara otomatis akan mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting di layar komputer Anda sehingga sistem operasi komputer Anda akan fokus hanya untuk gaming saja. 

4. Turunkan Resolusi dan Kualitas Grafis Layar

Mungkin cara ini terdengar lucu, tapi cukup efektif untuk mengoptimalkan performa Anda dalam bermain game-game berat. Pasalnya kamu cukup memilih opsi kualitas grafis paling rendah yang biasanya disediakan oleh para pengembang game di seluruh dunia.

Meskipun akan berpengaruh pada tampilan grafis pada game di layar komputer, namun tips ini sangat bermanfaat bagi kamu yang hanya mempunyai komputer dengan spesifikasi pas-pasan. Oh iya, ternyata ada juga game-game berat yang memiliki tampilan grafis cukup baik setelah Anda mengubah pengaturan grafis ke kualitas paling rendah. Coba saja sendiri, dan segera buktikan ya!

5. Hidupkan ‘Performa Tinggi’ Daya Komputer Kelas Bawah

Pada umumnya, sebuah laptop atau komputer akan menghidupkan ‘penyimpan energi’ untuk mengatur ketahanan daya baterai saat bermain game. Oleh karena itu, sebagian besar orang akan menyarankan untuk melakukan charging saat bermain game.

Padahal dengan tips keempat ini yaitu dengan menghidupan performa tinggi pada menu Rencana Daya di sistem operasi Windows Anda, Anda akan dapat menghemat energi baterai laptop Anda.