Dari E-Bike Sampai Air Hujan, Ini Komitmen Blibli Capai Sustainable Business

Jakarta, Gizmologi – Selain metode penjualan semakin canggih dengan memanfaatkan teknologi modern, tren perusahaan untuk semakin “hijau” dengan memikirkan keberlangsungan lingkungan juga berangsur naik. Salah satu perusahaan platform omni-commerce terbesar di Indonesia misalnya, Blibli telah menerapkan sejumlah metode khusus, demi capai sustainable business.

Ya, Blibli kini tak lagi hadir sebagai perusahaan e-commerce saja. Berkat kolaborasinya dengan sejumlah pihak seperti Tiket dan Ranch Market, kini perusahaan yang berdiri sejak 2011 tersebut bisa penuhi lebih banyak keinginan para konsumennya. Mulai dari kebutuhan pokok harian sampai lifestyle, Blibli juga perkuat sistem logistik—selain pengiriman yang efisien, juga lebih hemat sumber daya.

Lebih lanjut, Blibli juga berkomitmen dalam mendukung upaya pemerintah untuk ciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan, dengan menerapkan prinsip ESG yang terdiri dari environment (lingkungan), social (social), dan governance (pemerintahan). Salah satu usaha terbarunya adalah menggandeng perusahaan motor listrik untuk hadirkan armada baru yang lebih eco-friendly.

Baca juga: Perkuat Bisnis, Blibli Ungkap Fokus di 3 Strategi

Smoot Tempur Punya Jarak Tempuh Cukup Jauh

BlibliBlibli Smoot Motor Indonesia Smoot Motor Indonesia

Langsung dari salah satu Blibli Warehouse yang berada di kawasan Bekasi, diluncurkan sejumlah armada kurir baru berupa motor listrik. Demi tegaskan komitmennya dengan prinsip ESG, Blibli perkenalkan e-bike ramah lingkungan, bekerja sama dengan Smoot Motor Indonesia sebagai pionir motor listrik tanpa cas di Tanah Air.

Nantinya sejumlah kendaraan tersebut bakal mendukung kegiatan operasional perusahaan, termasuk kirim barang ke konsumen. Menggunakan baterai, e-bike tersebut bisa menempuh hingga jarak yang cukup untuk kota besar. Dengan beberapa titik penggantian baterai, kurir bisa dengan cepat melakukan pergantian baterai dan melanjutkan perjalanannya, sehingga lebih efisien dan tentu saja ramah lingkungan.

Baca Juga :  Duolingo English Test Mudahkan Belajar di Luar Negeri

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat bersama-sama memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan,” jelas Lisa Widodo, COO dan co-founder Blibli dalam sebuah kesempatan luring, Kamis (21/7). E-bike atau motor listrik ini sementara baru hanya akan beroperasi untuk wilayah Jakarta saja. Dan bila dilihat dari situs resminya sendiri, Smoot memang baru beroperasi untuk wilayah Jabodetabek serta Bali.

Untuk spesifikasi kendaraannya sendiri, Smoot Tempur memiliki jarak tempuh sekitar 60 kilometer dalam sekali penggunaan baterai. Baterai tersebut bisa diganti secara gratis seumur hidup lewat sejumlah titik yang sudah disebar di sejumlah wilayah operasional. Kecepatan maksimumnya sendiri hingga 60km/h, berbobot 68 kilogram dan mampu menahan beban sampai 150 kilogram.

Manfaatkan Air Hujan & E-Forklift Untuk Gudang

Blibli Warehouse

Penggunaan e-bike untuk armada kurir tentunya hanya merupakan salah satu dari sekian banyak usaha Blibli untuk menerapkan efisiensi sumber daya dalam mendukung sustainability business. Dalam kesempatan yang sama, Lisa juga menjelaskan sejumlah usaha yang telah diaplikasikan, salah satunya dalam pengelolaan pada gudang alias warehouse. Seperti penerapan AI & ML untuk jalankan operasional yang tepat daya

Tak hanya itu, warehouse Blibli juga didesain ramah lingkungan, sepenuhnya memanfaatkan cahaya matahari untuk menerangi bagian dalam saat siang hari. Forklift yang digunakan pun gunakan sumber daya listrik. Sementara untuk pengelolaan air, sudah memanfaatkan rain water tank yang digunakan untuk toilet hingga kebutuhan lainnya, lewat pengolahan air hujan.

Blibli Kardus Ramah Lingkungan

Kardus yang digunakan untuk kirim barang juga tidak menggunakan material standar. Blibli gunakan kardus bersertifikasi PEFC (Programme for the Endorsement of Forest Certification) serta Forest Stewardship Council (FSC), di mana kardus tersebut diproduksi dari industri pengelolaan hutan berkelanjutan. Konsumen juga bisa turut berkontribusi secara mudah.

Baca Juga :  Platform Edutech Cakap Sukses Tingkatkan 78% Kualitas SDM Berbasis Teknologi

Caranya? Dengan mengembalikan kardus dari pengiriman paket-paket sebelumnya. Memanfaatkan sistem logistik yang serba terintegrasi, konsumen bisa memberikan tumpukan dus dari paket lama ke kurir yang mengirim paket baru. Selain mudah, juga mendapatkan poin khusus yang bisa dimanfaatkan untuk belanja berikutnya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News