Kominfo Jamin Trafik Data Selama Lebaran 2022 Tidak Akan Lemot

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkoordinasi dengan para operator seluler untuk mengamankan kualitas layanan telekomunikasi, selama periode hari raya Lebaran 2022. Di momen tersebut, trafik data akan cenderung meningkat dan berpindah ke lokasi tujuan mudik dalam waktu bersamaan.

“Ada satu kebiasaan baru sekarang, dalam perjalanan yang macet ini pasti traffic data sangat besar, sambil tunggu (saat macet) data yang bergerak,” kata Menkominfo Johnny G Plate dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Dirinya menjelaskan, era digital seperti sekarang, layanan data akan lebih banyak diakses masyarakat ketimbang layanan suara atau SMS. Dengan demikian kemacetan yang terjadi saat arus mudik berpotensi menimbulkan “traffic data” tinggi dan dapat mengganggu layanan telekomunikasi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Johnny mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi untuk memastikan tersedianya bandwidth yang memadai. Salah satu opsi yang akan dilakukan dengan cara bandwidth management di lokasi-lokasi “Traffic data” tinggi.

“Karena data traffic akan sangat tinggi, dan dalam koordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi kita sudah mempersiapkan agar tersedianya bandwidth yang cukup sehingga nanti tidak sampai kekurangan, agar layanan itu bisa tetap baik,” kata Johnny.

Arus Trafik Data Internet Selama Lebaran 2022

Trafik Data

Johnny pun mengimbau agar masyarakat menggunakan data internet dengan produktif dan efisien selama perjalanan mudik. “kita gunakan secara produktif dan efisien, jangan sampai dipakai untuk hal-hal yang tidak perlu, misalnya digunakan untuk menyebarkan berita hoaks,” sambung dia.

Di tempat terpisah, Plt Dirjen PPI yang juga sekaligus Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail mengungkapkan bahwa pemerintah telah berkoordinasi dengan operator seluler, seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, dan Smartfren.

Pasalnya pelaksanaan lebaran 2022, berbeda dari tahun sebelumnya yang lebih banyak fokus pada area residensial alias rumah-rumah warga. Di mana Lebaran 2022, pemerintah telah mengizinkan bagi yang ingin mudik Lebaran ke kampung halaman.

Baca Juga :  Rilis di China Intel Arc A380, GPU untuk Gamer dan Konten Kreator

“Kami optimis antisipasi lonjakan ini sudah dilakukan dengan baik oleh para operator mengingat hal Ini sudah menjadi agenda rutin tahunan. Namun kominfo akan terus memantau di lapangan kondisinya,” pungkasnya