Kominfo Buka Seleksi Penggunaan Pita Frekuensi 2,1 GHz

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) kembali membuka seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,1 GHz untuk penyelenggaraan jaringan bergerak seluler. Pendaftaran peserta lelang dibuka untuk operator seluler existing di Indonesia mulai 30 Agustus mendatang.

“Tim Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022 dengan ini mengumumkan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022 dinyatakan dibuka,” kata Ketua Tim Seleksi Denny Setiawan, dalam siaran pers, Senin (29/8/2022).

Seleksi pengguna ini diadakan berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 343 Tahun 2022 tentang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022. Seleksi ini bertujuan untuk optimalisasi spektrum frekuensi radio untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan jaringan bergerak seluler.

Berdasarkan ketentuan pasal 12 ayat 1 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 7 Tahun 2021 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio, pemilihan pengguna pita frekuensi radio berlangsung melalui mekanisme seleksi dalam hal jumlah ketersediaan pita frekuensi radio kurang dari jumlah permintaan dan atau kebutuhan.

Baca Juga: Kominfo Manfaatkan Sisa Pita Frekuensi TV Analog untuk Jaringan Internet Cepat

Lelang Pita Frekuensi 2,1 Ghz

Penataan Ulang Pita Frekuensi
Penataan Ulang Pita Frekuensi

Denny menyatakan seleksi ini juga untuk mendorong percepatan penggelaran infrastruktur jaringan bergerak seluler sebagai bagian dari upaya pencapaian program prioritas transformasi digital serta optimalisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Seleksi ini dinyatakan terbuka untuk seluruh penyelenggara jaringan bergerak seluler sepanjang memenuhi ketentuan sebagaimana dipersyaratkan di dalam dokumen seleksi,” kata Denny.

Objek seleksi pada pita frekuensi radio 2,1GHZ terdiri dari satu blok pita frekuensi sebesar 5 MHz FDD (10 MHz) pada rentang 1975 – 1980 MHz berpasangan dengan 2165 – 2170 MHz, dengan cakupan wilayah layanan nasional. Dokumen seleksi bisa diambil calon peserta di Sekretariat Tim Seleksi, berlokasi di Wisma Antara lantai dasar, pada Selasa 30 Agustus mulai pukul 10.00 sampai 14.00.

Baca Juga :  Cegah TPPU, PPATK Awasi Bitcoin dan Produk Keuangan Berbasis Digital

Untuk mengambil dokumen, peserta antara lain wajib menyerahkan surat kuasa. Denny juga mengingatkan keputusan tim seleksi bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun pita tersebut sebelumnya digunakan oleh operator seluler Indosat Ooredoo. Namun, pasca-Indosaat Ooredoo resmi merger dengan Tri Hutchison menjadi satu payung “Indosat Ooredoo Hutchison” pada awal 2022, pita frekuensi tersebut wajib dikembalikan ke negara.