Kominfo Bakal Blokir Steam hingga Epic Games Bila Tak Daftar PSE Sampai Tengah Malam

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan akan memblokir sederet platform digital “besar” yang belum daftar PSE (penyelenggara sistem elektronik) lingkup privat. Beberapa di antaranya merupakan platform game daring seperti Steam, CS:Go, Dota hingga Epic Games.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyebut, tenggat waktu bagi sederet penyelenggara PSE yang belum mendaftar, yaitu pukul 23.59 WIB. Jika tidak jua mendaftar sanksi pemblokiran siap diberlakukan.

“Kalau mereka belum mendaftar sampai dengan pukul 23.59 (WIB), saya sekali lagi minta maaf kepada masyarakat untuk layanan ini sementara waktu, sambil menunggu mereka melengkapi pendaftaran, tidak bisa diakses dari Indonesia,” kata Semuel kepada awak media, Jumat (29/7/2022).

Namun, Semuel memastikan bahwa pemblokiran tersebut belum bersifat permanen. Apabila PSE yang belum terdaftar mengajukan normalisasi atau melengkapi data-data pendaftaran yang dibutuhkan, maka pemblokiran akan dicabut sehingga mereka bisa kembali beroperasi dengan normal.

“Untuk normalisasi itu tergantung mereka. Mereka begitu mendaftar dan mengajukan bahwa saya sudah mendaftar, kita akan buka pemblokirannya,” kata dia.

Baca Juga: Ancam Blokir Jika Tidak Daftar, Kok Situs PSE Kominfo Justru Sulit Diakses?

Ancaman Blokir Jika Lewati Tenggat Waktu Daftar PSE

Lebih lanjut Semuel mengatakan bahwa Google telah mendaftar secara manual dan melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan. Begitu pula dengan Alibaba. “Alibaba waktu itu komunikasi dan dia juga sudah mendaftar jadi tidak perlu lagi dan dia tidak ada kemungkinan untuk diblokir.”

Dalam kesempatan itu, Semuel menjabarkan bahwa hingga saat ini sebanyak 5.394 entitas atau perusahaan telah mendaftarkan 8.962 SE. Sementara sebanyak 55 PSE/SE tengah diselidiki lantaran diduga tidak memberikan informasi yang benar saat mendaftar.

Baca Juga :  PUBG Mobile Gandeng UMKM Lokal, Winner-Winner Sei'Tan Dinner

Semuel mengatakan pendaftaran PSE sektor privat sangat penting untuk menata ruang digital agar kondusif nyaman dan aman bagi semua pelaku, baik penyedia layanan maupun pengguna. “Ini yang kita harapkan agar kita bisa merasakan asas manfaat dari transformasi digital yang sedang kita bangun,” ucap Semuel.

Ada pun 10 layanan terancam diblokir karena belum mendaftar PSE Kominfo meliputi: Amazon.com (e-commerce), PayPal, Yahoo (search engine), Bing (search engine), Steam Valve (platform game) termasuk game-game di dalamnya seperti Dota dan Counterstrike: Go. Platform game lainnya seperti Epic Games, Battle net milik Blizzard Entertainment dan Origin (Electronic Arts) juga terancam diblokir.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News