Kingston Ironkey, Flashdisk & SSD Eksternal yang Punya Fitur Enkripsi Malware

Jakarta, Gizmologi – Produsen perangkat penyimpanan data ternama Kingston mengumumkan produk terbaru yang dilengkapi fitur keamanan terenkripsi, yakni IronKey Vault Privacy 50 (VP50) dalam bentuk USB Flash Drive dan IronKey Vault Privacy 80 External SSD (VP80ES),

Keduanya menawarkan solusi penyimpanan data yang mendukung mobilitas sekaligus aman dengan standar bisnis. Terkhusus untuk bagi mereka kalangan bisnis maupun profesional.

Kingston merancang IronKey Vault Privacy 80 External SSD (VP80ES) dilengkapi dengan sebuah layar sentuh yang menyediakan kontrol ke fitur keamanan dan kemudahan memindahkan data seperti menggunakan sebuah smartphone.

Produk tersebut diklaim sudah memenuhi sertifikasi FIPS 197 serta enkripsi XTS-AES 256-bit. Keduanya diklaim memberikan perlindungan data dari serangan seperti brute force dan BadUSB.

Kingston ironkey
Kingston IronKey

Kingston IronKey Vault Privacy 80 External SSD (VP80ES) juga dilengkapi fitur multi-kata sandi baik dengan mode pin dan kata sandi yang bisa dikonfigurasi kapan saja. Kata sandi Admin bisa dipasang untuk kemudahan saat pengguna lupa dengan kata sandi yang sudah dibuat.

Di sini juga dipasang batas waktu otomatis untuk mengunci akses drive. Tidak hanya itu sistem enkripsi akan secara otomatis menghapus seluruh data apabila salah memasukan kata sandi Admin atau pengguna secara 15 kali berturut-turut.

Kingston IronKey Vault Privacy 50 (VP50) yang hadir dalam bentuk USB Flash Drive menggunakan sertifikasi FIPS 197 dan enkripsi hardware 256-bit AES mode XTS. Di sini juga ditawarkan fitur keamanan data yang sama dengan versi eksternal SSD.

Saat digunakan Kingston IronKey Vault Privacy 50 (VP50) bisa diaktifkan dalam mode Read-Only untuk mencegah masuknya malware. Di dalamnya pengguna akan disajikan virtual keyboard untuk input kata sandi sehingga terhindar dari serangan keylogger dan screen logger yang bisa membaca kata sandi.