Kecepatan Internet di IKN Lebih Ngebut Dibanding Daerah Lain di Pulau Jawa

Jakarta, Gizmologi – Pemerintah sedang memulai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berada di Kalimantan Timur. Terkait hal ini, OpenSignal merilis laporan terkait kecepatan internet pada jaringan seluler di wilayah tersebut dan membandingkannya dengan daerah lainnya di Indonesia.

Hasilnya terbilang cukup mengejutkan, sebab wilayah IKN Nusantara rupanya berhasil mengungguli kecepatan rata-rata internet seluler dibandingkan sebagian besar wilayah yang ada di Pulau Jawa.

“Pada kecepatan download di Jakarta Raya, kami mengamati rata-rata 17,5 Mbps, yang berarti 1,2 Mbps (7,6 persen) lebih cepat dari Kalimantan Timur,” ungkap Analis OpenSignal, Hardik Khatri dalam keterangannya, Senin (18/4).

Wilayah Kalimantan Timur berhasil mengungguli Banten, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah jika berbicara rata-rata download. Sedangkan untuk kecepatan upload di Kalimantan Timur terbilang lebih jelek.

“Sementara pengguna kami mengamati kecepatan upload tercepat 8,6 Mbps di Jakarta Raya, diikuti oleh 7,6 Mbps di Banten. Kalimantan Timur ditempatkan di tengah tabel dengan rata-rata 6,5 Mbps – 2% lebih cepat dari Jawa Timur dan hampir 20% lebih cepat dari Jawa Tengah,” jelasnya.

Kecepatan Internet di IKN Nusantara

Kecepatan Internet di IKN

Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk mempercepat pembangunan infrastruktur digital, termasuk peluncuran jaringan 5G baru di wilayah tersebut. Opensignal juga meneliti pengalaman pengguna smartphone saat melakukan streaming video pakai jaringan seluler di Kalimantan Timur dan daerah lainnya di Indonesia.

Adapun, aplikasi suara over the top (OTT) yang dijajal dalam pengetesan ini menggunakan WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger. Di mana wilayah Kalimantan Timur lebih baik daripada sebagian besar wilayah Jawa dalam beberapa aspek pengalaman jaringan seluler, seperti kecepatan unduh rata-rata.

Baca Juga :  Dari E-Bike Sampai Air Hujan, Ini Komitmen Blibli Capai Sustainable Business

“Opensignal juga menemukan bahwa pengalaman pengguna smartphone saat melakukan streaming video melalui koneksi seluler di Kalimantan Timur memperoleh peringkat Pengalaman Video yang sama dengan Jakarta Raya dan sebagian besar wilayah Jawa,” tandas Hardik.