Meluncur 4 Juli, Kamera Xiaomi 12S Series Bakal Pakai Sensor Baru

China, Gizmologi – Kalau hari ini (30/6) bakal ada smartphone baru dari POCO, lain halnya dengan Xiaomi di negara asalnya. Setelah resmi umumkan kerja samanya bersama Leica, kali ini Xiaomi secara resmi membocorkan spesifikasi kamera Xiaomi 12S Series, hasil kolaborasi perdananya dengan Leica.

Setelah rumor yang mulai berdatangan, akhirnya Xiaomi meresmikan tanggal peluncuran seri flagship terbarunya, Xiaomi 12S Series, yakni pada 4 Juli 2022 mendatang. Informasi tersebut diumumkan langsung lewat akun resmi co-founder Xiaomi, Lei Jun pada akun Weibonya. Sementara itu, hingga saat ini akun Xiaomi global belum meneruskan informasi tersebut.

Hal ini bisa menjadi dua hal; memang belum saja, atau kemungkinan Xiaomi 12S Series bakal dirilis eksklusif di China. Namun dipastikan bila setidaknya ada tiga varian yang bakal hadir. Dan spesifikasi kamera Xiaomi 12S Series bakal lebih dari Xiaomi 12 & 12 Pro yang sudah resmi di Indonesia. Seperti apa perbedaannya?

Baca juga: Xiaomi Book S 12.4, 2-in-1 Pertama dengan Windows 11

Kamera Xiaomi 12S Series Diperkuat Logo Leica

Xiaomi 12S 001

Sejatinya, pihak Xiaomi belum menjabarkan secara mendetail terkait spesifikasi kamera Xiaomi 12S Series. Namun setidaknya, jenis sensor utamanya sudah diinformasikan lebih awal. Untuk Xiaomi 12S & 12S Pro, bakal sama-sama menggunakan sensor Sony IMX707, alias sama seperti seri 12 Pro. Artinya, Xiaomi 12S punya sensor utama yang superior dibandingkan seri sebelumnya dengan IMX766.

Lantas apakah hasil tangkapan foto dan video dari kamera Xiaomi 12S Pro nantinya bakal sama saja? Belum tentu. Mengingat smartphone Xiaomi terbaru ini bakal implementasikan hasil kerja samanya dengan Leica. Bila tak sekadar gimmick, tentunya bakal dibuat lebih baik lagi. Selain spesifikasi sensor utama, Xiaomi juga mengunggah sejumlah gambar resmi.

Baca Juga :  Vending Machine Blibli, Menteri Teten: Bisa Dongkark Omzet UMKM

Dari gambar yang telah diunggah, terlihat bila desain kamera Xiaomi 12S Series bakal mirip seperti sebelumnya. Tak terlihat logo Leica berwarna merah seperti yang sudah dirumorkan, namun bisa jadi logo tersebut hadir di opsi yang paling tinggi alias Xiaomi 12S Ultra. Ya, seri yang satu ini masih belum ditampakkan desainnya.

Xiaomi 12S Ultra Pakai Sensor Sony 1 Inci

kamera Xiaomi 12S Ultra

Menjadi jagoan terbaru dari Xiaomi, varian 12S Ultra bakal hadir membawa sensor Sony IMX989. Ini adalah sensor hasil kerja sama kedua perusahaan, serupa dengan Sony dan OPPO yang merancang sensor kamera depan khusus. Bedanya, yang satu ini untuk kamera belakang, dan memiliki dimensi sensor sangat besar mencapai 1 inci.

Dimensi tersebut sama seperti dimensi sensor kamera kompak premium terkini. Semakin besar sensor, semakin besar pula ukuran piksel individu, sehingga bisa menangkap cahaya lebih banyak dan meningkatkan kecepatan fokus. Lei Jun pun mengatakan bila biaya pengembangan sensor kamera eksklusif ini mencapai USD15 juta.

Bocoran lain terkait spesifikasi kamera Xiaomi 12S Ultra meliputi penggunaan sensor periskop 5x optical zoom dan ultra-wide angle, masing-masing beresolusi 48MP. Sementara untuk chipset, trio flagship terbaru bakal membawa seri Snapdragon 8+ Gen 1 dari Qualcomm. Kita nantikan informasi terbaru jelang peluncurannya ya.