Ini Sejumlah Peningkatan Fitur Kamera di OPPO Find X5 Pro

Jakarta, Gizmologi – Pada Februari 2022 yang lalu, OPPO meluncurkan smartphone flagshipnya yang merupakan penerus OPPO Find X3 Pro. Produk tersebut adalah OPPO Find X5 Pro. Meski sudah diluncurkan sejak 3 bulan yang lalu, konsumen di Indonesia belum bisa membelinya hingga saat ini.

Perangkat tersebut baru mulai dipasarkan di Indonesia pada awal Juni 2022. Tergolong lambat jika dibanding smartphone flagship merek lain seperti Samsun Galaxy S22 series, Xiaomi 12, realme GT2 Pro dan lainnya. Sehingga berpotensi kehilangan momentum jika tidak diantisipasi dengan baik. Sedikit kabar baik, sekarang konsumen sudah bisa memesan perangkat ini, tanpa mengetahui harganya (blind preorder). Karena OPPO Indonesia memang belum merilis harga resmi OPPO Find X5 Pro.

Baca juga: Review OPPO Find X5 Pro: Penyempurnaan Sebuah Flagship Premium

Jelang penjualan resminya, OPPO pada 17 Mei yang lalu menggelar wawancara virtual dengan sejumlah jurnalis dari berbagai media Asia Tenggara, termasuk dari Gizmologi. Ada dua narasumber yang dihadirkan yaitu Travis Zhao, Product Manager of Find Series OPPO dan Rocky Hou Product Manager of Find Series OPPO. Keduanya menjawab berbagai pertanyaan dari sejumlah wartawan. Ada beberapa jawaban yang menarik, terutama di sektor kamera. Karena memang di bagian ini yang paling diandalkan di OPPO Find X5 Pro. Berikut petikannya.

Kembangkan MariSilicon X

OPPO MariSilicon XOPPO optimis, smartphone ini bisa bersaing dengan kompetitor di kelas flagship. Karena seri Find X5 sejauh ini merupakan seri andalan dengan pengalaman fotografi terbaik.  “Dalam hal kamera dan fotografi, kami telah membuat beberapa terobosan yang diberdayakan oleh MariSilicon X. Kami telah mewujudkan pengalaman fotografi kompetitif tingkat atas yang mencakup mode video malam 4K, dan juga fitur HDR kami,” ujar Rocky.

Baca Juga :  Vending Machine Blibli, Menteri Teten: Bisa Dongkark Omzet UMKM

Terkait MariSilicon X, menurut Travis Zhao, sebenarnya yang menjadi sorotan adalah tentang pembuatan video. Perangkat ini dapat melakukan 4K AINR, yaitu pengurangan noise AI, dan fitur HDR. Artinya, bahkan di bawah cahaya redup atau di suatu tempat dengan kondisi pencahayaan rendah, dapat menghasilkan video pada tingkat yang sangat memuaskan.

Selain itu, dengan MariSilicon X, kita dapat memiliki kemampuan pemrosesan data yang lebih baik di domain RAW. Di mana OPPO bisa menangani skenario video dengan cahaya rendah dan malam dengan lebih baik dan meningkatkan fitur HDR. Sehingga MariSilicon X benar-benar memberi dorongan di bagian perekaman video malam hari.

Selanjutnya, fitur stabilisasi Find X5 juga dapat menghasilkan pengalaman stabilisasi yang cukup luar biasa bagi pengguna. Dan juga tak kalah penting, kemitraan antara OPPO dan Hasselblad telah menghasilkan pengalaman pelanggan yang cukup termasuk solusi warna alami Hasselblad dan juga filter utama.

Kolaborasi OPPO dan Hasselblad  

OPPO Find X5 Pro - HasselbladTravis Zhao mengungkapkan alasan kerja sama dua perusahaan ini. Ia mengatakan, OPPO adalah perusahaan berusia 17 tahun yang tergolong masih muda di industri fotografi. Sehingga merasa perlu untuk saling belajar dengan yang sudah berpengalaman.

Sementara itu Hasselblad dalam industri fotografi seperti raksasa berusia 81 tahun, dan juga telah menjadi tolok ukur industri. “Jadi, kami percaya ini akan menjadi luar biasa dan merupakan kesempatan besar bagi OPPO untuk benar-benar bergabung dengan Hasselblad, kami dapat belajar banyak dari mereka,” ujarnya.

Berbicara tentang fotografi, warna adalah bagian yang sangat penting. OPPO dan Hasselblad dianggap memiliki filosofi warna yang serupa. Misalnya, Hasselblad memiliki HNCS yang merupakan solusi warna alami Hasselblad. “Kami berdua percaya perlu menghasilkan pengalaman warna yang cukup alami dan otentik bagi pengguna. Itu juga merupakan fondasi yang cukup penting bagi kemitraan kami,” imbuhnya.

Baca Juga :  Apple Rilis Laporan Teknologi Kesehatan Digital yang Disematkan pada Apple Watch

Setidaknya ada dua fitur utama yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dari hasil kerja sama ini. Pertama adalah mode XPAN yang menjadi ciri khas produk Hasselblad kini bisa tersedia pada seri Find X5. Dalam mode X Pan, OPPO mencoba mereproduksi pengalaman fotografi gaya Hasselblad. Misalnya, memiliki antarmuka pengguna yang disesuaikan, dan mencoba untuk meniru seluruh pengalaman di kamera Hasselblad. Kedua, filter master Hasselblad yang merupakan hasil kerja sama dengan beberapa fotografer ahli Hasselblad.

Peningkatan lensa telefoto

OPPO Find X5 ProMeski menghilangkan lensa periskop, namun OPPO Find X3 Pro tetap memiliki kemampuan telefoto. Travis Zhao
mengungkapkan, dari segi perangkat keras saat ini, tidak ada perbedaan besar dibanding sebelumnya. Tetapi ia menyoroti beberapa kemajuan yang telah kami buat dalam perangkat lunak. “Kami sebenarnya telah meningkatkan algoritma dan meningkatkan pengalaman dari perspektif perangkat lunak,” ujarnya

Misalnya, saat mencoba menggunakan lensa telefoto untuk mengambil foto beberapa huruf, dan saat menggunakan fitur zoom 10 kali, OPPO meningkatkan algoritma untuk detail yang lebih tinggi. “Kami berharap pengguna dan konsumen kami dapat merasakan manfaatnya,” ujarTravis.

Alasan dihilangkannya kamera periskop

kamera oppo find x5 pro

Sejak seri Find X3 Pro, OPPO menghilangkan lensa periskop, padahal sebelumnya menjadi salah satu fitur andalan. Karena bisa memotret obyek di kejauhan. Seperti OPPO Find X2 Pro punya lensa periscop 13MP 5x optical zoom dan 10x hybrid zoom, yang bahkan bisa diperbesar hingga 60x digital zoom.

Menurut Travis Zhao, pihaknya ingin menyeimbangkan bentuk dan fungsi di seri Find X5. “Untuk mendapatkan kembali desain volcano, kami memiliki ruang terbatas, dan setelah kami memasukkan semua yang kami butuhkan ke dalam, tidak ada cukup ruang untuk kamera periskop. Jadi, itulah mengapa kali ini kami tidak memiliki kamera periskop,” ungkap Travis.

Baca Juga :  Topup Genshin Impact Lewat Razer Gold Bisa Dapat Cashback OVO

Rocky menambahkan bahwa ini kaitannya dengan membentuk fungsi dan fitur, di mana kondisinya memiliki ruang yang sangat terbatas, namun benar-benar perlu memanfaatkan ruang sepenuhnya. Misalnya, pada Find X5 Pro telah dimasang fitur stabilisasi 5 axis dual-OIS.

“Agar sesuai dengan fitur ini, dan untuk benar-benar menempatkan struktur ini di telepon kami, kami tidak memiliki lebih banyak ruang untuk kamera periskop. Jika tidak, itu akan menjadi sangat besar. Dan setelah penelitian, kami menemukan bahwa fitur stabilisasi dual-OIS ini sebenarnya lebih sering digunakan oleh pengguna kami setiap hari. Jadi, itulah mengapa kami telah membuat keputusan,” pungkasnya.