Kamera iPhone 14 Pro Bergetar? Tenang, Ada Software Update Pekan Depan

Jakarta, Gizmologi – Apple memang baru saja meluncurkan seri flagship terbarunya yakni iPhone 14 Series. Di antara empat varian yang hadir, kamera iPhone 14 Pro & Pro Max memiliki sensor yang sepenuhnya baru terutama sensor utamanya. Namun ternyata, sensor tersebut masih kurang optimal untuk sejumlah aplikasi.

Ya, setelah bertahun-tahun terus gunakan resolusi 12MP, akhirnya Apple memutuskan untuk tingkatkan resolusi kamera iPhone 14 Pro Series menjadi 48MP. Sejumlah analis memperkirakan kalau Apple bakal hadirkan kemampuan rekam video 8K, namun nyatanya duo smartphone terbaru Apple tersebut hanya sebatas rekam video maksimum 4K 60fps saja. Meski ada sejumlah kemampuan baru.

Tak seperti kamera iPhone 14 Pro, setup kamera iPhone 14 & 14 Plus masih gunakan sensor 12MP. Namun sensor yang dibawa adalah sensor milik iPhone 13 Pro series, dengan diameter lebih besar termasuk stabilisasi berjenis Sensor-Shift. Plus, punya kamera depan baru yang akhirnya mendukung autofokus, seperti flagship Android kebanyakan.

Baca juga: Segini Kapasitas Baterai iPhone 14 Series, Makin Besar!

Isu Kamera iPhone 14 Pro Hanya Software

Salah satu pengguna kamera iPhone 14 Pro yang menunjukkan isu pertama kali adalah Luke Miani. Lewat sebuah cuitannya, ia menunjukkan tampilan aplikasi Snapchat di mana kameranya terlihat buram dan bergetar. Tidak hanya itu, ketika didekatkan, kamera iPhone 14 Pro tersebut mengeluarkan suara seolah ada yang tidak beres dengan sistem hardware-nya.

Selain Snapchat, aplikasi sejenis lainnya juga menimbulkan masalah yang sama, seperti TikTok dan Instagram. Dugaan awal, Apple masih belum bisa mengoptimalkan sensor kamera iPhone 14 Pro yang memang baru tersebut. Perwakilan resmi Apple sendiri telah memahami isu ini, dan mengatakan kalau bakal ada perbaikan yang dirilis pekan depan.

Baca Juga :  Hadirkan Aloproteksi, Alodokter Gandeng Sequis dan Cermati Protect

Setidaknya, lewat pernyataan tersebut, dapat dikonfirmasi kalau ini hanya merupakan isu software saja. Pengguna tidak perlu membawa smartphone-nya ke pusat perbaikan resmi untuk penggantian hardware. Jadi bagi Gizmo friends yang memang sudah memiliki iPhone 14 Pro dengan membelinya di luar negeri, harus bersabar lebih dulu bila memang mengalami isu ini ya.

Salah satu alternatif terbaik, tentu dengan menggunakan aplikasi kamera bawaan. Alias merekam video dengan aplikasi bawaan lebih dulu, baru mengunggah atau mengeditnya lewat aplikasi seperti Snapchat dan Instagram Stories. Selain aman, kualitasnya juga pasti lebih baik dengan stabilisasi yang optimal.

Peningkatan Kamera iPhone 14 Pro Series

kamera iPhone 14 Pro

Dibandingkan dengan iPhone 13 Pro, kamera iPhone 14 Pro memiliki dimensi fisik yang lebih besar. Alasannya? Sensor utama memiliki diameter 65% lebih besar, plus membawa sistem Sensor-Shift OIS generasi kedua. Diklaim bisa berikan detail foto lebih tinggi, plus kemampuan low-light dua kali lebih baik dari sebelumnya.

Berkat jumlah piksel yang lebih tinggi, Apple sediakan opsi focal length baru setara 2x zoom, dengan kualitas yang jauh lebih baik dari sekadar zoom digital, memanfaatkan proses cropping dari sensor utamanya. Sensor telefoto tetap berikan 3x optical zoom, juga 2x lebih baik saat low-light. Sementara untuk sensor ultra-wide, bisa sampai 3x lebih terang.

Apple juga pamerkan Photonic Engine untuk sistem kamera iPhone 14 Pro, yang bisa lakukan pemrosesan gambar lebih cepat ketika foto diambil. Mode RAW bisa tangkap foto dalam resolusi penuh 48MP, sementara untuk video, ada dua opsi baru yang bisa dicoba. Selain Action Cam untuk stabilisasi maksimal, kali ini Cinematic Mode tersedia dalam opsi 4K 24fps & 30fps, tak lagi sebatas 1080p saja.

Baca Juga :  Xiaomi Book S 12.4, 2-in-1 Pertama dengan Windows 11