Kamera Galaxy S22 Series Bakal Makin Bagus Lewat Software Update

Jakarta, Gizmologi – Setelah merilis duo smartphone lipat terbarunya yakni Galaxy Z Flip4 & Z Fold4, tak lantas membuat vendor asal Korea Selatan satu ini menghentikan dukungan terhadap perangkat lebih lama. Kabar baiknya, kamera Galaxy S22 Series bakal punya kualitas yang lebih baik dalam waktu dekat.

Di Indonesia, Samsung Galaxy S22 Series sendiri hadir dalam tiga varian berbeda. Jagoannya adalah Galaxy S22 Ultra, dengan jumlah kamera belakang lebih besar termasuk sensor periskop yang bisa berikan pembesaran hingga 100 kali. Dalam perilisannya awal tahun ini, Samsung mengedepankan peningkatan kualitas foto dan video lewat AI.

Baca juga: Samsung Odyssey Ark, Monitor Gaming Layar Melengkung 55 Inci

Lewat informasi terbaru dari Samsung Korea, pengguna trio smartphone flagship Samsung tersebut bakal bisa menangkap momen dari kamera Galaxy S22 Series dengan lebih baik. Tak hanya itu, juga memudahkan pengguna untuk lakukan pelacakan kode QR—yang banyak dilakukan masyarakat terutama di masa pandemi saat ini. Untuk mengakses informasi digital atau metode pembayaran tanpa kontak.

Scan QR Lewat Kamera Galaxy S22 Series Lebih Cepat

Update Kamera Galaxy S22 Series

Informasi terkait peningkatan kualitas kamera Galaxy S22 Series disampaikan langsung lewat forum komunitas Samsung Korea. Dalam postingan tersebut, sang moderator sebutkan beberapa peningkatan yang akan dibawa lewat pembaruan software di bulan Agustus—setidaknya untuk wilayah Korea. Besar kemungkinan sejumlah negara lain bakal mendapatkannya lebih lama, alias menunggu giliran.

Peningkatan fitur kamera Galaxy S22 pertama yang disebutkan adalah mode hyperlapse, akhirnya bisa menggunakan kamera telefoto. Kemudian untuk deteksi QR, ukurannya kini dibuat lebih besar dan kecepatan pendeteksian juga ikut ditingkatkan. Sehingga lebih mudah untuk mengarahkan kamera ke berbagai jarak dan ukuran QR yang biasa ditemukan di sejumlah tempat umum.

Baca Juga :  Cara Kominfo Atasi Kasus Kebocoran Data: Sebatas Memblokir Situs Hacker?

Masih terkait QR, kamera Galaxy S22 Series juga bakal tetap bisa deteksi jenis kode tersebut, meski berada di dalam sebuah dokumen. Sebelumnya, yang muncul hanyalah pendeteksian dokumen saja. Nantinya pengguna tinggal tap pada tampilan kamera untuk masuk ke link yang ada pada QR dokumen tersebut. Tak hanya itu, kualitas kamera baik foto dan video juga ditingkatkan.

Tingkatkan Kualitas Nightography

Galaxy S22 Series - Night Portrait

Lebih lanjut, disebutkan kalau kamera Galaxy S22 Series akan lebih dioptimalkan kualitas fotonya, termasuk dalam mode foto, HDR, sampai performa stabilisasi video. AI engine juga ditingkatkan pada beragam skenario pengambilan gambar dan video, serta menggunakan memori yang lebih efisien saat sedang menangkap momen.

Untuk momen-momen gelap, kamera Galaxy S22 Series juga bisa hasilkan warna lebih baik, serta kecerahan yang dioptimalkan pada bagian yang gelap. Disebutkan juga kalau bakal ada peningkatan berbasis AI pada software update berikutnya. Sementara untuk ketajaman dan kontras yang lebih natural, sudah diterapkan sejak pembaruan Juni kemarin, untuk semua sensor kamera yang ada.

Dibandingkan generasi sebelumnya, kamera Galaxy S22 varian standar dan Plus memiliki peningkatan pada jenis sensor yang digunakan, yakni sensor utama 50MP dengan dimensi fisik sensor lebih besar, plus telefoto 3x optical zoom yang tak lagi hybrid. Sementara untuk varian Ultra masih sama, namun ditingkatkan berkat ISP baru dan kemampuan AI.