Jony Ive Resmi Putus Hubungan dengan Apple

Amerika Serikat, Gizmologi – Bila Gizmo friends selalu mengikuti perkembangan produk maupun ekosistem Apple sejak puluhan tahun terakhir, maka pasti sudah sangat familiar dengan sosok yang satu ini. Sering muncul di sejumlah video pengenalan produk Apple, Jony Ive akhirnya secara resmi mengakhiri hubungan kerja bersama Apple.

Informasi tersebut disampaikan oleh The New York Times, di mana disebutkan bila Apple memutuskan untuk tidak melanjutkan perjanjian konsultasi bersama Jony Ive yang dulu memiliki andil sangat besar, tak hanya desain produk, namun juga perangkat lunak seperti iOS dan macOS. Sehingga bisa jadi produk dan layanan Apple ke depannya bakal berubah atau meninggalkan ciri khas lama.

Ke depannya, desain dari produk dan layanan Apple bakal terus dipimpin oleh Jeff Williams, yang kini menjabat sebagai COO dan memegang tim desain Apple. “Indikasi” terbaru bisa terlihat dari desain MacBook Air M2, yang pada akhirnya meninggalkan wedge design alias profil yang dibuat semakin ramping dari ujung ke ujung sejak MacBook Air pertama.

Baca juga: MacBook Air 2022 Bawa Desain Baru, Pertama dengan Cip Apple M2

Apple Tak Lagi Menjadi Klien Eksklusif Jony Ive

Jony Ive - Marc Newson - LoveFrom
Jony Ive bersama Marc Newson, keduanya mendirikan LoveFrom

Lebih lanjut, dilansir dari The New York Times, diinformasikan juga bagaimana keputusan terbaru yang telah diambil oleh kedua pihak. Sejak beberapa pekan terakhir, baik pihak Apple dan Jony Ive telah sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak yang telah dijalin secara eksklusif.

Disebutkan juga bila beberapa eksekutif Apple telah mempertanyakan jumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar Jony Ive, sementara pria kelahiran 1967 asal London tersebut juga ingin mendapatkan kebebasan dalam menerima klien baru—tanpa harus mendapatkan izin atau persetujuan dari pihak Apple.

Baca Juga :  Pelanggan IndiHome Berkesempatan Nonton NCT Dream & Red Velvet di Allo Bank Festival

Ya, secara resmi Jony Ive memang telah mundur secara jabatan dari Apple pada tahun 2019 lalu. Ia kemudian membentuk sebuah perusahaan desain independen yang dinamakan LoveFrom, beranggotakan desainer ternama lainnya dan menjadikan Apple sebagai salah satu klien utama secara eksklusif. Sehingga Jony Ive masih campur tangan dalam beberapa proyek Apple setelahnya.

Saat itu, sang CEO Apple, Tim Cook juga mengonfirmasi bila kedua pihak bakal tetap berhubungan baik secara profesional, hingga waktu yang lebih lama. Nyatanya, tak sampai tiga tahun kedua memutuskan kontrak kerja sama. Secara total, Jony Ive telah mengabdi kepada Apple selama kurang lebih 30 tahun lamanya.

Telah Bergabung ke Apple Sejak Tahun 1992

Selama masa jabatannya di Apple, Jony Ive telah dikenal sebagai salah satu desainer industri paling ternama. Bagaimana tidak, ada cukup banyak produk Apple yang dirancangnya, mulai dari iPod, iPhone sampai komputer Mac. Salah satu proyek pertamanya adalah iMac rilisan 1998, di mana ia bekerja secara langsung dengan Steve Jobs.

Saat pertama kali iPhone diperkenalkan di tahun 2007, Steve pun melakukan panggilan suara di panggung pertama kali untuk menghubungi Jony Ive. Setelah itu, Ive cukup sering muncul dalam video pengenalan produk terbaru, termasuk iOS 7 yang cukup kontroversial karena benar-benar berbeda dari seri software sebelumnya.

Lambat laun, eksistensi Jony Ive mulai menurun, di mana dalam beberapa peluncuran terbau ia tidak menampakkan diri, hanya menggunakan suara sebagai voice over. Saat ini, perusahaannya, LoveFrom telah memiliki sejumlah klien ternama. Dua di antaranya adalah Airbnb dan Ferrari.